11 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Cara Merawatnya

Kesehatan adalah anugerah yang diberikan oleh Tuhan, dan ini sangat penting untuk Anda jaga. Anda bisa melakukan berbagai aktivitas sehari-hari, merasakan kebahagiaan, merasakan indah cinta dan kebersamaan,  dan menikmati waktu karena Anda sehat. Apapun nikmat, kemewahan, dan kebahagiaan dalam kehidupan, Anda tidak akan bisa merasakannya dengan sempurna jika Anda sedang sakit. Untuk itulah kesehatan sangat penting dan harus Anda pertahankan.

Kesehatan tidak bisa dibeli hanya dengan uang karena kesehatan adalah anugerah. Masih banyak orang kaya diluar sana yang tidak bisa merasakan kebahagian karena mereka kehilangan separuh kesehatan mereka. Dan Anda pastinya bersyukur bahwa saat ini Anda masih bisa bernafas dengan lega dan membaca tulisan saya dengan nyaman dalam keadaan sehat.

Nah, terkait dengan masalah kesehatan, ada beberapa tips yang seharusnya Anda lakukan untuk menjaga agar tubuh Anda tetap sehat :

1. Jangan Terlalu Terbawa Oleh Beban Pikiran

Anda sebaiknya tidak meremehkan beban pikiran yang menggandoli kehidupan Anda. Semakin Anda terbebani oleh masalah, maka ini akan mempengaruhi terhadap kesehatan Anda, tentunya Anda akan lebih mudah sakit. Sebenarnya, pikiran positif Andalah yang merangsang tubuh Anda untuk bisa bertahan. Inilah sebab mengapa setiap dokter menghimbau kepada Anda agari tidak mengganggu atau memberikan sedikit beban pikiran kepada orang-orang yang baru sembuh dari sakit, tentu agar pikiran mereka selalu refresh dan untuk memulihkan kesehatan. 

Memang, di dunia ini sangat banyak masalah yang menjadi beban pikiran, tetapi Anda sebaiknya tidak hanyut oleh masalah Anda. Jangan terlalu membebani pikiran Anda dengan hal-hal yang serius. Pikiran Anda harus fresh dan bebas, buang beban dan jadikan semua menjadi mudah. Pastikan Anda tidak stress dan frustasi, baca tips berikut : Tips Menghilangkan Stress.

2. Tetaplah Positif Thinking Atas Segala Yang Terjadi

Negaif thinking dapat menyebabkan pikiran Anda menjadi terbebani sehingga Anda hanyut ke dalam alur masalah yang menjadikan Anda stress dan frustasi. Berpikirlah secara positif, jadikan masalah Anda menjadi mudah dan pasti ada jalan keluar. Jika Anda bisa berpikir positif dan menganggap masalah Anda menjadi mudah, tentu itu akan menjadi mudah, begitu juga sebaliknya.

3. Budayakan Makan Makanan Yang Bergizi

Makanan sangat mempengaruhi kesehatan Anda tentunya, Anda tidak boleh makan secara sembarangan. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin untuk tubuh, konsumsi sayuran dan buah-buahan karena keduanya banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Hindari makanan yang mengandung kolestrol tinggi dan lemak-lemakan (jangan terlalu banyak).

4. Atur Pola Makan Secara Teratur

Makan tidak teratur akan merusak saluran pencernaan Anda, ini menyebabkan Anda mengalami gangguan pencernaan seperti sakit mag. Menjaga pola makan berarti Anda juga menjaga tubuh Anda, jangan sering telat untuk mengambil porsi makan Anda.

5. Jangan Berlebihan Makan

Kebanyakan penyakit yang diderita orang-orang zaman sekarang adalah karena kebanyakan gizi, seperti diabetes, asam urat, dan lain sebagainya. Anda memang harus makan makanan yang bergizi dan teratur, ini sangat penting, tetapi Anda tidak boleh makan secara berlebihan. Manusia memang diciptakan dengan dibekali nafsu, tetapi Anda tidak seharusnya membiarkan nafsu mengendalikan diri Anda khususnya dalam hal makanan. Jangan hanya karena menuruti makanan yang lezat sehingga Anda melupakan jatah dan porsi Anda setiap harinya, makanlah jika Anda sudah merasa lapar.

6. Budayakan Rutin Berolahraga

Olahraga juga termasuk hal penting yang harus Anda lakukan agar tubuh Anda tetap sehat. Lakukanlah lari-lari kecil setiap pagi, setidaknya sampai Anda berkeringat. Keringat yang keluar dari tubuh Anda adalah sisa dari proses kerja tubuh, ini bisa berarti bahwa racun dan sisa-sisa dari proses tubuh dikeluarkan melalui keringat.

7. Jangan Biarkan Tubuh Anda Pasif Bergerak

Maksud pasif bergerak adalah Anda membiarkan tubuh Anda jarang bergerak dan jarang melakukan kegiatan kecil. Seperti halnya olahraga, melakukan aktifitas kecil dan mengeluarkan keringat juga seperti mengeluarkan racun dari tubuh Anda. Tahukah Anda bahwa prosentase terkena penyakit serius bagi seorang pekerja keras (seperti pekerja bangunan) lebih sedikit dibanding dengan pekerja kantoran. Salah satu alasannya adalah karena pekerja bangunan lebih banyak bergerak dan berkeringat. Anda bisa mengasumsikan bahwa kendaraan yang jarang digunakan akan lebih cepat rusak dibandingkan dengan kendaraan yang sering digunakan.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih seperti memberi oli pada kendaraan. Jika kendaraan Anda kekurangan oli, maka kendaraan pun semakin lama semakin sulit bergerak normal dan akhirnya rusak, begitu juga jika Anda kurang minum air putih. Ingat bahwa Anda disarankan untuk meminum air putih, bukan air yang sudah bercampur dengan zat lain seperti jus dan minuman rasa dalam botol dan kaleng, jadi perbanyak minum air putih.

9. Atur Waktu Istirahat Secara Cukup

Istirahat adalah proses berhenti untuk mengembalikan tenaga dan pikiran Anda setelah bekerja dan berpikir keras seharian. Jika Anda memberikan istirahat cukup bagi tubuh Anda, berarti Anda mengizinkan tubuh dan pikiran Anda kembali bugar setelah bangun tidur. Dengan demikian, tubuh Anda sudah kembali bersiap untuk melakukan aktifitas baru. Jangan berlebihan tidur karena ini membuat tubuh Anda seperti kaku dan malas untuk melakukan aktifitas.

10. Jaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan memang sudah diajarkan sejak dini oleh para guru. Kebersihan bukan hanya untuk lingkungan dan orang sekitar, tetapi juga untuk tubuh Anda. Menjaga kebersihan juga menjaga kesehatan, makan bersih, tempat bersih, dan lingkungan bersih.

11. Rajin Berdoa

Seperti yang sudah saya terangkan di atas bahwa kesehatan adalah anugerah yang diberikan Tuhan, maka pastinya Anda juga harus sering berdoa untuk meminta agar Tuhan selalu memberikan kesehatan bagi tubuh Anda. Ini juga penting sebagai orang yang beragama dan setiap agama pasti mengajarkan demikian, khususnya agama islam.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url