7 Bahaya Narkoba Mengancam Generasi Muda

Generasi muda adalah generasi penerus bangsa, masa depan bangsa ada di pundak mereka. Bangsa ini bisa maju atau malah sebaliknya, tergantung bagaimana masa depan para generasi muda. Oleh sebab itu, generasi muda hendaklah melakukan hal-hal terbaik yang bisa mendukung kesuksesan bagi diri mereka dan juga bagi bangsa.

Seperti yang Anda ketahui bahwa dewasa ini narkoba menjadi pusat perhatian yang harus dihindari, khususnya bagi generasi muda. Meskipun undang-undang tentang larangan untuk menyalagunakan narkoba telah ditetapkan, tetapi masih saja terjadi banyak kasus narkoba. 

Nah, dari sinilah ada 7 bahaya penyalagunaan narkoba yang bisa mengancam para generasi muda. Sebagai generasi muda, Anda wajib mengetahuinya :

1. Bahaya Narkoba bagi Kesehatan Fisik

Panyalagunaan narkoba tentu memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Dan tentu saja ini bisa mengancam hidup bagi penggunanya tanpa disadari, berikut ada beberapa bahaya bagi kesehatan fisik :

  • Gangguan pada sistem syaraf, pengguna narkoba akan mengalami gangguan syaraf seperti kejang-kejang, berhalusinasi tinggi, hilangnya kesadaran, dan lain-lain
  • Over dosis, pemakaian narkoba berlebihan akan mengakibatkan kematian sebab over dosis jika tidak segera ditangani
  • AIDS, ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV. Biasanya pengguna narkoba menggunakan jarum suntik sencara bergantian, hal ini sangat rawan untuk tertular virus HIV
  • Gangguan pada sistem reproduksi, pengunaan narkoba bisa menurunkan fungsi hormon reproduksi manusia
  • Gangguan kulit, penggunaan narkoba dengan suntik akan menyebabkan berbagai macam gangguan kulit seperti infeksi kulit dan lainnya
  • Badan kurus, penggunaan narkoba bisa menghilangkan nafsu makan, sehingga biasanya pengguna narkoba memiliki tubuh yang kering dan kurus
  • Dan beberapa gangguan fisik lainnya.

2. Bahaya Narkoba bagi Kesehatan Psikologi

Penyalagunaan narkoba pun bisa menyebabkan beberapa gangguan terhadap kesehatan pikiran dan akal, di antaranya adalah :

  • Bersikap lebih ceroboh dan sering gelisah
  • Kurangnya percaya diri dan kurang bisa bergaul
  • Perasaan seperti ditekan oleh sesuatu

3. Bahaya Narkoba bagi Kesehatan Hati Nurani

Penyalahgunaan narkoba, baik pengguna atau pengedar, mereka seolah menyia-nyiakan hubungan vertikal antara manusia dan tuhan secara perlahan. Artinya, mereka secara tidak sadar telah menjauh dari Allah SWT dan keyakinan agam. Allah SWT telah melarang memanfaatkan dan menggunakan obat-obatan terlarang yang telah dikonsep dalam hukum fiqih dan undang-undang.

4. Bahaya Narkoba dari Sudut Pandang Lingkungan Sosial

Pengguna narkoba jelas akan mendapatkan kesan buruk dari orang-orang di sekitarnya. Bukan hanya sekedar kesan buruk saja, tetapi bahkan sampai diacuhkan dan dijauhi. Ini akan menyebabkan hubungan sosial menjadi semakin buruk.

5. Bahaya Narkoba dari Sudut Pandang Hukum

Penyalagunaan narkoba akan mendapatkan hukuman sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan di undang-undang. Ancaman ini bukan hanya bagi pengguna, tetapi bisa lebih berat bagi pengedar.

6. Bahaya Narkoba Terhadap Pendidikan

Narkoba tentu saja sangat membahayakan jika disalahgunakan oleh pelajar atau guru. Jika dalam selang proses belajar mengajar telah tercampuri dengan narkoba, tentu ini akan menjadi kacau. Tujuan untuk mencapai keberhasilan di bidang pendidikan pun akan hanyut begitu saja. Padahal salah satu upaya untuk memajukan bangsa adalah melalui pendidikan. Dari sinilah narkoba menjadi ancaman besar di bidang pendidikan.

7. Bahaya Narkoba Terhadap Masa Depan

Perjalanan untuk menggapai kesuksesan di masa depan masih panjang, terutama bagi Anda yang masih remaja. Penyalagunaan narkoba tentu bisa menghalangi kesuksesan di masa depan. Penyalagunaan narkoba adalah hal buruk yang sia-sia dan bisa menghancurkan masa depan yang cerah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url