Akun Google Adsense Diterima Setelah Ganti Domain


PelangiBlog.Com - Alhamdulillah, tidak ada kata yang pantas diucapkan untuk mengungkapkan betapa bahagianya hati ini. Segala puji syukur seluas alam semesta dan sebesar tegaknya jagat raya hanya bagi Allah SWT, yang mana Dia telah melimpahkan rohmat dan karunia-Nya yang tak terhitung dan tidak disadari kepada Pelangi Blog hingga sampai saat ini. Dan karena itulah, Google telah menerima kembali permintaan upgrade akun adsense non hosted, kemarin sore pada 27 Maret 2015 setelah berganti domain.

Memang sebuah hal yang sangat mengejutkan ketika iklan Google Adsense di blog saya menjadi blank setelah ganti domain. Saya pun menyadari sesaat setelah itu bahwa akun Google Adsense Hosted hanya bisa ditampilkan di Youtube dan Blogspot. Satu-satunya jalan adalah mengupgrade akun Google saya dari hosted ke non-hosted. Namun, Google menolak permintaan upgrade akun adsense hosted saya ke akun adsense non hosted.

Tentu saja saya langsung mencari tutorial dan tips untuk mengembalikan iklan Google Adsense di blog saya. Ya, banyak tutorial dan tips yang sudah saya peroleh di blog lain. Saya pun menjalankan sesuai tutorial dan tips tersebut lalu memperbarui permintaan upgrade. Setelah beberapa hari, Google pun memberikan balasan dengan alasan yang sama bahwa blog saya tidak sesuai dengan kebijakan Google Adsense dan Webmaster, semakin khawatir dan sedih tentunya.

Berbagai cara dan langkah telah saya lakukan sesuai dengan tutorial dan tips diterima Google Adsense, seperti membuat navigasi blog secara praktis dan bahkan mengganti template sebanyak 3 kali. Namun hasilnya nihil, lagi-lagi ditolak dan ditolak.

Perasaan khawatir dan sedih semakin menjadi-jadi, bahkan saya pun sampai putus asa dan fakum menulis di blog selama berminggu-minggu. Tidak ada posting, hanya berusaha, berharap dan berdoa agar permintaan upgrade akun Google Adsense saya diterima. Namun, setelah lebih dari 15 kali mengirim permintaan upgrade, hasilnya masih sama, dan lagi-lagi alasan Google pun tetap sama seperti sebelumnya.

Google selalu menolak permintaan upgrade akun Adsense saya meski sudah menggunakan 2 template yang berbeda. Putus asa dan menyerah, namun di lain waktu sepercik harapan pun mulai bersinar kembali. Saya mencari tips dan informasi terkait upgrade akun Adsense, bukan hanya di blog Indonesia tapi juga ke blog Inggris.

Pada waktu itu, saya menemukan blog Inggris dengan konten yang menjelaskan tentang 5 template agar diterima Google Adsense. Saya pun mengambil salah satu template tersebut dan memakainya, membuat navigasi blog dan menyesuaikan menu, kemudian mengirim permintaan upgrade kembali. Dan alhamdulillah beberapa hari kemudian Google memberikan kejutan dengan menerima permintaan upgrade akun adsense saya dengan template yang saat ini saya gunakan.

Dari sini, saya mendapatkan pelajaran yang sangat menarik bahwa Google Adsense tidak memprioritas berapa umur atau berapa banyak trafik blog. Google Adsense lebih cenderung melihat kualitas blog daripada kuantitas blog, termasuk konten dan navigasi.

Jadi, jika Anda ingin mengajukan permintaan akun adsense, sebaiknya Anda harus mengoreksi kualitas blog Anda terlebih dahulu. Buatlah konten asli yang menarik dan hindari copy paste konten dari blog lain, atur navigasi blog Anda agar lebih jelas bagi pengunjung. Semua hal tersebut bukan untuk kepentingan Google, melainkan untuk kepentingan pengujung blog Anda.

Jika Anda memang berencana untuk mengganti domain dari .blogspot ke .com, sebaiknya Anda menggantinya sebelum mengirim permintaan akun Google Adsense. Jika tidak, Anda mungkin akan bekerja dua kali sama seperti yang saya alami. Oh ya, jangan menyerah jika permintaan Anda ditolak, carilah tips dan informasi lebih menarik lagi lalu kirim permintaan tapi jangan lupa berdoa. Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, saya telah mendapatkan sekitar 15 kali penolakan permintaan upgrade akun Google Adsense.

Baca juga artikel terkait :