7 Pengaruh dan Dampak Buruk Merokok

Bagi para perokok aktif, menghilangkan kebiasaan merokok sangatlah sulit meskipun sudah jelas bahwa merokok kurang baik untuk kesehatan. Peringatan akan bahaya merekok yang sudah tertulis dan tergambar jelas seolah menjadi sebuah hiasan belaka. Bagi mereka, rokok bukanlah seblintir kertas yang dibungkus tembakau lalu dibakar, tetapi bahkan menjadi teman setia yang selalu dibawa kemana-mana. 

Jika Anda adalah perokok aktif, sebaiknya Anda mempertimbangkan kembali akibat dari kebiasaan buruk yang Anda lakukan. Nah, berikut ada beberapa akibat buruk dari kebiasaan merokok, Anda bisa mencermati dan semoga bisa membantu Anda untuk meninggalkan kebiasaan buruk tersebut secara perlahan :

1. Merokok Kurang Baik Untuk Kesehatan

Tentu pernyataan pada point pertama ini sudah tidak asing lagi bahwa merokok dapat menyebabkan beberapa macam penyakit yang mengerikan. Peringatan jelas akan bahaya rokok bagi kesehatan yang sudah tertulis dan tergambar di beberapa media bahkan di setiap bungkus rokok, merupakan dampak paling buruk yang akan diderita. 

Tentu saja peringatan tersebut tidak hanya dibuat-buat semata, melainkan banyak kejadian real yang sudah ditemui di kehidupan karena akibat rokok. Ini seharusnya menjadi motivasi kuat untuk segera meninggalkan kebiasaan buruk tersebut, namun hampir semua perokok aktif mengabaikan peringatan tersebut.

2. Merokok Dapat Menularkan Penyakit Kepada Orang Lain

Terserang penyakit kronis akibat merokok juga tidak hanya diderita oleh penggunanya saja, tetapi juga orang lain. Beberapa penyakit menular (khususnya melalui udara) bisa saja menyerang orang lain dari asap rokok penderita, misalkan TBC. 

3. Merokok Menyebabkan Ketergantungan Berlebih

Nikotin yang terkandung dalam setiap biji rokok, merupakan zat adaptif yang bisa menyebabkan ketagihan. Dan tentu ini lazim jika semakin sering seseorang merokok maka akan semakin ia bergantung pada rokok. Karena ketergantungan berlebih inilah, sebagian perokok sampai berhutang rokok di warung ketika mereka belum punya uang.

4. Merokok Dapat Menyebabkan Kanker (Kantong Kering)

Ternyata, kebiasaan merokok berlebihan bisa menyebabkan kanker atau kantong kering. Seperti yang sudah saya paparkan di atas, merokok akan menyebabkan ketergantungan berlebih bagi perokok aktif, tentu saja mau tidak mau mereka akan berusaha untuk membelanjakan uang untuk menghisap asap yang rasanya pahit itu.

Bahkan jika dihitung-hitung, pengeluaran uang untuk membeli rokok bisa saja lebih besar jika dibandingkan pengeluaran uang untuk makan sehari-hari per bulannya, belum lagi untuk secangkir kopi dan beberapa cemilan lainnya, ini adalah kasus yang umum. Anda tentu bisa lebih hemat jika meninggalkan kebiasaan merokok.

5. Merokok Mengganggu Aktifitas Orang di Sekitar

Sebagian besar non perokok (khususnya wanita) sangat membenci asap rokok yang melayang-layang di sekitar wajah mereka. Jika Anda menemui wanita menutup hidung saat berada disekitar perokok, berarti wanita tersebut merasa terusik akibat aktifitas perokok. 

Jika Anda adalah perokok aktif, sebaiknya Anda lebih mengedepankan mood orang lain dengan berhenti merokok di tempat umum, merokoklah di tempat yang sepi atau berada di sekitar sesama perokok. Ini tentunya demi menghargai dan menghormati non perokok di sekitar Anda.

6. Merokok Menyebabkan Bau Mulut dan Pakaian

Orang lain bisa menilai Anda adalah perokok dari bau mulut dan bau pakaian Anda. Sisa-sisa rokok yang menempel di mulut dan pakaian akan menyebabkan bau yang kurang sedap. Bau parfum yang wangi pun akan tergeser oleh bau rokok dari mulut dan pakaian Anda. 

7. Merokok Memberikan Kesan Buruk Bagi Anak Sekolah

Anak-anak sekolah sebagai generasi muda bangsa merupakan anak-anak yang sehat dan harus dipertahankan kesehatan mereka. Mereka harus dihindarkan dari berbagai macam hal yang bisa memberikan kesan buruk, baik bagi diri mereka sendiri, orang tua, guru, maupun bangsa ini.

Para guru selalu mengajarkan siswa untuk tidak merokok karena banyak hal buruk yang didapat dari merokok. Siswa yang merokok tentu akan mencoreng nama baik mereka, orang tua, dan sekolah. Dari sinilah merokok dapat memberikan pengaruh buruk bagi para pelajar dan anak-anak sekolah secara umum.