Blog Gratisan Berkesan Lebih Buruk Dibandingkan Blog Berbayar, Benarkah ?


Ini mungkin sudah menjadi fakta umum bahwa kebanyakan orang menilai blog berbayar lebih berkualitas dan memiliki kesan yang lebih baik dibandingkan blog gratisan. Salah satu alasan umumnya adalah blog berbayar dibangun dengan modal sedangkan blog gratisan dibangun tanpa mengeluarkan modal, tentu ini menjadikan perbedaan antara keduanya di mata para pengunjung.


Benarkah Ini Adalah Fakta ?

Benar, bagi kebanyakan orang, membaca konten di blog berbayar lebih melegakan dan lebih dipercaya dari pada blog gratisan seperti .blogspot.com, .wordpress.com, atau blog gratisan lainnya, lebih khususnya jika blog tersebut adalah blog bisnis. 

Selain itu, Anda bisa memikirkan mengapa para blogger bersusah-susah hijrah ke URL baru atau mengganti domain blog mereka, padahal domain baru di blog tidak berpengaruh pada pergerakan trafik di Search Engine, justru trafik akan kembali ke nol lagi. 

Tentu alasan utamanya adalah mereka ingin memberikan nilai lebih kepada para pengunjung dengan label domain atau hosting sendiri. Pernyataan tersebut tentu sudah membuktikan bahwa kebanyakan orang beranggapan bahwa blog berbayar memiliki kesan lebih baik di mata pengunjung dari pada blog gratisan.


Tetapi, Anggapan Semacam Itu Salah !!!

Tidak selamanya blog gratisan memiliki kesan lebih buruk dibandingkan blog berbayar. Kualitas blog bukan pada alamat atau label domain, kualitas blog ada pada konten di dalamnya dan seberapa banyak pengunjung yang menyukai konten-konten tersebut.

Kenyataannya, banyak juga blog berbayar yang melakukan pencurian konten dari blog lain. Meskipun blog tersebut memiliki trafiknya tinggi, tetapi blog tersebut kurang bisa disebut sebagai blog yang memiliki kualitas dan kesan baik. 

Begitu juga sebaliknya, banyak juga blog gratisan yang memang benar-benar murni memiliki konten asli yang berasal dari ide dan pemikiran pemiliki blog. Meskipun blog tersebut memiliki trafik yang rendah, tetapi pantas saja blog itu disebut sebagai blog yang berkualitas dan memiliki kesan baik. Di samping itu, Anda tentu akan lebih bangga jika Anda mendapatkan banyak pengunjung dari jerih payah pemikiran Anda sendiri, meskipun blog Anda hanya sekedar blog gratisan.

Sebenarnya, blog gratisan dan blog berbayar itu sama saja, tidak ada peredaan dari keduanya. Adapun perbedaan tentang kualitas dan kesan baik atau buruk tentu saja tergantung pada konten blog tersebut. Semakin menarik konten di dalam sebuah blog, maka baik pula kualitas dan kesan blog tersebut.
Tanggapan :