7 Dampak Buruk Foto Selfie, Hati-hati

Berfoto selfie tentu sudah menjadi hal yang tidak asing lagi dalam dunia online maupun offline. Ya, berbagai macam pose unik dari pelaku selfie bisa dengan mudah ditemukan di mana-mana, baik dari kalangan wanita, pria, anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Apalagi teknologi mobile saat ini sangat mendukung untuk berfoto selfie, dan tidak bisa dipungkiri lagi bahwa selfie sudah menjadi gaya hidup dan watak yang mendunia.

Memang asyik, namun Anda perlu berhati-hati jika Anda juga salah satunya, selfie bisa saja memberikan dampak buruk bagi Anda. Nah to the point saja, berikut ada beberapa dampak buruk dari foto selfie :

1. Selfie Memicu Pencurian Foto

Foto selfie tidak lagi menjadi menarik kecuali mengunggahnya ke beberapa akun media sosial di internet. Nah, tentu ini akan membuka kesempatan bagi para pencuri foto untuk mengambil foto-foto tersebut secara bebas. Dan setiap orang bisa saja mencuri foto-foto tersebut untuk berbagai alasan, bahkan untuk alasan bisnis.

Fakta umum mengatakan bahwa akun media sosial cewek narsis bisa lebih mudah mendapatkan banyak followers dan teman. Tentu saja ini menjadi peluang emas bagi pemiliki akun media sosial bisnis untuk mendapatkan banyak followers dan mempromosikan bisnis mereka, dan masih banyak lagi motif pencurian foto di situs-situs media sosial.

2. Selfie Membuka Jalan Anonimous Untuk Pengeditan Foto

Ini mungkin menjadi dampak yang paling merugikan, pencuri foto tidak hanya mencuri tetapi juga mengedit foto tersebut, misalnya foto telanjang dan foto-foto yang tidak pantas dilihat lainnya. Fenomena seperti ini sering terjadi di dunia online, bahkan untuk kalangan artis. 

Anda mungkin masih mengingat bahwa presiden kita, Bapak Jokowi, pernah menjadi salah satu korban pengeditan foto tidak senonoh oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Tentu akan menjadi hal yang sangat memalukan karena ini menyangkut nama baik dan harga diri.

3. Selfie itu Menipu

Pelaku selfie tentu ingin ia dinilai indah di mata orang lain dengan melakukan pose indah dan manis, tetapi kenyataannya terkadang foto selfie tersebut bersebrangan dengan kondisi asli. Jadi, Anda tidak seharusnya mengira bahwa setiap foto selfie memang benar-benar indah dan cantik.

4. Selfie Adalah Ekspresi Atas Obsesi Yang Berlebih

Salah satu penyebab seseorang sangat menyukai selfie adalah karena ia sangat terobsesi untuk tampil indah dan sempurna. Jika obsesi seperti ini berlebihan tentu akan berbahaya, ia akan merasa iri jika melihat orang lain tampil lebih cantik. Obsesi berlebih ini juga menuntutnya untuk berusaha dengan banyak cara agar ia bisa lebih cantik dan sempurna, bahkan dengan jalan operasi plastik atau lainnya.

Bahkan dalam berita dunia beberapa waktu lalu, beberapa pelaku selfie mendapat banyak kecaman dan terpaksa dicopot dari jabatan karena tidak menempatkan selfie pada kondisi dan waktu yang tepat, seperti seorang perawat berfoto selfie bersama pasien yang sekarat di Ambulans (Rusia), beberapa dokter dan perawat berfoto selfie bersama padahal tugas operasi belum diselesaikan (Korea Selatan), dan sebagainya.

5. Selfie Bisa Menunjukkan Karakter Buruk Pelaku

Hanya dari sebuah foto selfie, seseorang bisa mengetahui karakter pelaku selfie tersebut. Karakter asli tentu saja bisa dinilai dari bagaimana pose selfie yang dilakukan seseorang, pose selfie tidak senonoh tentu menunjukkan karakter buruk si pelaku. Tetapi secara umum, orang yang suka selfie lebih cenderung centil, gengsi, suka gaya, manja, merasa lebih cantik, ingin dan cari perhatian, agak individual, GR, dan sebagainya.

6. Respon Negatif dari Sebagian Orang

Selfie memang hak setiap orang asalkan tidak bertentangan dengan etika dan moral sosial. Selfie tanpa didasari etika dan moral sosial akan mendapat banyak kritikan dan respon negatif dari banyak orang. Selain itu, sebagian orang tidak menyukai pelaku selfie karena dinilai memiliki karakter yang kurang baik.

7. Selfie Tidak Baik Menurut Pandangan Agama

Agama islam selalu mengajarkan untuk menata niat melakukan segala aktivitas hanya untuk Allah. Tentu selfie sangat bertolak belakang dalam hal ini, niat pelaku selfie hanya untuk kepentingan pribadi dan menarik perhatian orang lain meskipun pelaku selfie masih menutup aurot. Ini adalah satu dari sekian banyak alasan mengapa selfie tidak baik menurut pandangan islam.