7 Hikmah Dibalik Sebuah Penderitaan

7 Hikmah Dibalik Sebuah Penderitaan

Sepanjang perjalanan kehidupan manusia, selalu ada hal-hal sulit yang harus dilalui, kehidupan tidak akan berjalan mulus seperti yang kita inginkan. Terkadang hidup ini terasa begitu indah ketika hal yang kita inginkan tercapai, dan terkadang hidup ini terasa sia-sia dan hampa ketika kita kenyataan tidak sesuai dengan apa yang kita ingin.

Setiap orang pasti menginginkan kehidupan yang layak, bahagia, dan nyaman tanpa adanya masalah dan penderitaan. Namun, suatu hal yang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa penderitaan memang menjadi bagian dari kehidupan kita. Kemiskinan, kegagalan, kehilangan, sakit, musibah, dan lainnya adalah contoh kecil yang sering kita temui dalam kehidupan ini.

Tetapi, percayalah bahwa tidak ada penderitaan tanpa sebuah hikmah dan pelajaran di dalamnya. Nah, berikut ini ada beberapa hikmah yang bisa Kita ambil dari sebuah penderitaan yang kita alami :

1. Ujian Tuhan Agar Kita Bersabar

Apapun yang terjadi dalam kehidupan kita adalah ujian dari Tuhan, baik kebahagiaan maupun penderitaan. Tuhan menguji apakah kita mau bersyukur ketika dalam keadaan bahagia ataukah kita mau bersabar ketika dalam sebuah penderitaan. Percayalah, Tuhan tidak pernah membebani dan menguji di luar batas kemampuan hamba-Nya.

Jika kita bisa menjalani ujian tersebut dengan baik maka Tuhan pasti akan memberikan balasan kebaikan yang tidak disangka-sangka atas ujian yang telah kita lalui. Tuhan selalu memilki cara misterius yang tidak kita sadari, dan percayalah bahwa pasti ada hikmah atas apa yang telah kita alami. Baca juga Tuhan Mengajarkan Kita Dengan Cara Yang Misterius.

2. Penderitaan Adalah Cara Tuhan Agar Kita Ingat dan Bersandar Kepada-Nya

Penderitaan tentu mengukir luka dalam di hati, tidak jarang banyak orang berputus asa, menyerah, berprasangka buruk kepada Tuhan, melalui jalan pintas untuk mengakhiri penderitaan seperti bunuh diri, dan lainnya. Semua itu adalah langkah bodoh yang tentu merugikan diri kita sendiri.

Ya, kita menderita bukannya Tuhan tidak menyayangi kita, tetapi justru itu adalah cara Tuhan untuk menyayangi agar kita lebih mengingat dan bersandar kepada-Nya. Anda bisa membayangkan bahwa ketika kita menderita, maka kita akan lebih banyak mengeluh kepada Tuhan. Ini adalah cara Tuhan agar kita bisa mengingat-Nya kembali dan bersandar, baca juga 5 Cara Tuhan Menyayangi Anda.

3. Penderitaan Mengajarkan Kita Untuk Berpikir Lebih Bijaksana

Penderitaan bukanlah hal yang harus diatasi melalui jalan pintas seperti bunuh diri atau melakukan hal buruk lainnya. Kita hanya perlu lebih berusaha dan berdoa karena pasti ada jalan atas semua masalah dan penderitaan yang kita alami. Penderitaan menuntut kita untuk berpikir bijaksana dalam menyelesaikan masalah dengan baik, bukan sebaliknya.

4. Penderitaan Adalah Pelajaran dan Pengalaman Yang Berharga

Anda tentu pernah mengalami masa-masa menderita dalam hidup ini, ya kita semua, tetapi penderitaan itu bukanlah untuk disesali. Penderitaan yang telah kita alami adalah pelajaran dan juga pengalaman yang sangat berharga untuk menuai kebahagiaan di hari esok. Faktanya, banyak orang yang bahagia dan sukses karena bercermin dari penderitaan dan menjadikannya sebagai pelajaran yang tidak pernah dilupakan.

5. Penderitaan Mengajarkan Kita Untuk Mengenal Perasaan Orang Lain

Penderitaan timbul karena banyaknya masalah yang datang, tetapi pada saat itu kita akan bisa lebih mengenal diri kita, bagaimana rasanya menderita dan bagaimana rasanya bahagia. Jika kita mampu berpikir bijaksana dan menjadikan penderitaan sebagai pelajaran, maka dari situlah kita juga bisa mengenal perasaan orang lain saat mereka bahagia dan menderita. Dan tentu kita bisa merasakan penderitaan orang lain karena kita juga pernah menderita.

6. Penderitaan Mengajarkan Kita Untuk Peduli Pada Orang Lain

Atas dasar kita bisa mengenal orang lain melalui penderitaan, maka rasa kasihan pun akan timbul saat kita melihat orang lain menderita, sama seperti yang pernah kita rasakan, sehingga hati terdorong untuk peduli dan membantu mereka. 

Hidup dalam penderitan seperti hidup dalam siksaan, tentu kita tidak ingin melihat orang mengalami hal yang juga pernah kita alami. Jadi, sangat beruntung bagi orang yang bisa bercermin dari penderitaan yang ia alami dan mau peduli kepada orang lain.

7. Bersyukur Atas Kebahagiaan Setelah Penderitaan

Jika kita menuai kebahagiaan setelah menjalani penderitaan, tentu rasanya sangat nikmat, bagaikan terbebas dari belenggu yang menjerat. Seperti yang sudah saya ulas di atas bahwa hidup adalah ujian, maka wajib bagi kita untuk bersyukur kepada Tuhan atas segala pembebasan yang Ia berikan.

Kesedihan berlipat saat kehilangan kebahagiaan adalah untuk mengingat kembali kebahagiaan di dalam kesakitan” dikutip dari sebuah anime berjudul Guilty Crown (2011). Kalimat bertanda kutip tersebut sangat cocok untuk point ke tujuh ini. Ya, mengenang kembali penderitaan yang telah dilalui merupakan kebahagiaan yang wajib disyukuri.

Baca juga : 7 Hikmah Besar Dibalik Sebuah Kegagalan.