Cara Membuat Rekening dan Menabung di Bank BRI, BCA, BNI, dan MANDIRI

Pada zaman yang serba modern ini, bank merupakan salah satu bukti yang menunjukkan kemajuan sumber daya manusia (SDM). Ya, bank sangat membantu perekonomian di seluruh penjuru dunia karena bank menempati peran dan berbagai manfaat penting dalam kehidupan masyarakat di dunia, khususnya di Indonesia.

Untuk itulah, bank selalu menjadi pusat yang dituju semua orang dalam hal keuangan. Meskipun demikian, ada juga orang-orang yang belum berpengalaman membuat rekening bank dan menabung uang di bank.

Nah, untuk kali ini, saya akan menyajikan beberapa langkah membuat rekening dan cara menabung di bank BRI, BCA, BNI, Mandiri, dan bank-bank lainnya, karena kita adalah warga negara Indonesia:


Cara Membuat Rekening Bank

Adapun cara membuat rekening bank, maka biasanya setiap bank memiliki prosedur yang hampir sama dan mirip, baik bank BRI, BCA, Mandiri, BNI, dan lainnya, sebagaimana seperti berikut ini :

1. Siapkan Kartu Identitas

Untuk membuat rekening bank, kamu perlu membawa kartu identitas yang akan dijadikan sebagai identitas dalam rekening bank yang akan kamu buat. Kamu bisa membawa KTP, SIM, Kartu Pelajar, Passport, atau kartu identitas lainnya.

2. Siapkan Uang Setoran Awal Untuk Pembuatan Rekening Bank

Bank BRI = Siapkan uang Rp. 262.000, dengan rincian Rp. 250.000 untuk saldo tabungan dan Rp. 12.000 untuk biaya pembuatan rekening.

Bank BCA = Siapkan uang Rp. 262.000, dengan rincian Rp. 500.000 untuk saldo tabungan dan Rp. 6.000 untuk materai yang sudah disediakan pihak CS.

Bank BNI = Siapkan uang Rp. 516.000, dengan rincian Rp. 500.000 untuk saldo tabungan dan Rp. 10.000 untuk biaya pembuatan rekening dan Rp. 6.000 untuk materai untuk materai yang sudah disediakan pihak CS.

Bank MANDIRI = Siapkan uang Rp. 506.000, dengan rincian Rp. 500.000 untuk saldo tabungan dan Rp. 6.000 untuk materai untuk materai yang sudah disediakan pihak CS.

Catatan :
Ini adalah biaya yang perlu disiapkan secara umum, tetapi setiap bank memiliki beberapa tingkat dan tahapan yang berbeda-beda setoran awal pada masing-masing tingkat atau tahapan tergantung apa yang diinginkan oleh pembuat rekening bank.

3. Silahkan Pergi ke Cabang Bank Terdekat

Setiap daerah pasti mendirikan cabang bank, jadi kamu bisa pergi dan mendatangi lokasi cabang bank yang terdekat di daerah kamu

4. Datangi Customer Service (CS) Bank dan Minta Nomor Antrian

CS adalah orang yang mengurusi hal yang yang dibutuhkan oleh pelanggan bank. Silahkan kamu mendatanginya, mintalah nomor antrian dan tunggulah sejenak sampai giliran kamu.

5. Isi Formulir Yang Disediakan Costumer Servise (CS)

Sebelum mengisi formulir, sebaiknya kamu menanyakan beberapa pertanyaan terkait pembuatan rekening dan bank, ini perlu untuk diketahui, misalkan bertanya tentang tingkat dan tahapan rekening dan berapa jumlah uang setoran awalnya.

Jika sudah deal, silahkan mengisi formulir yang sudah diberikan oleh CS kepadamu. Isilah berdasarkan kartu identitas yang sudah kamu bawa.

6. Bayar Uang Setoran Awal

Setelah formulir sudah diisi, silahkan bayar uang setoran awal yang sudah ditentukan dan tunggu sampai CS menyelesaikan pembuatan rekening bank kamu. Kamu tidak akan menunggu lama karena pembuatan rekening oleh CS akan berlangsung cepat.



Cara Menabung Uang Di Bank

Begitu juga halnya jika kamu ingin menabung uang di bank, baik BCA, BNI, Mandiri, BRI, dan lainnya, maka prosedur dan prosesnya pun tidak jauh berbeda :

1. Siapkan Uang Yang akan Ditabung dan Rekening Bank

Sejumlah uang dan rekening adalah 2 hal yang harus kamu bawa untuk menabung di bank.

2. Pergilah ke Kantor Cabang Bank Terdekat

Silahkan pergi ke kantor cabang bank terdekat di daerah kamu sesuai dengan nama bank di rekening kamu.

3. Datanglah Pada Costumer Service (CS)

Jika sudah sampai, datangi CS dan bertanyalah padanya bahwa kamu akan menabung uang, maka CS akan menunjukkan atau memberikan formulir menabung. Tetapi, biasanya petugas keamananlah yang akan bertanya padamu dan akan memberikan formulirnya padamu.

4. Isi Formulir Dengan Lengkap

Isilah kolom-kolom pada formulir dan masukkan nominal uang yang akan kamu tabung.

5. Serahkan Formulir, Rekening, dan Uang Kepada Teller

Teller akan memproses pengiriman uang tersebut ke rekening kamu, tunggulah sebentar.

6. Cek ATM Untuk Memastikan Uang Sudah Masuk

Setelah teler selesai mengirim uang ke rekening bank kamu, maka kamu bisa mengecek di ATM bahwa uang tabungan sudah masuk ke rekening kamu.

Next Post Previous Post