Bahaya dan Dampak Buruk Kecanduan Game Online

Hobi bermain game online memang sudah tidak asing lagi kita temui dalam kehidupan sehari-hari, baik wanita maupun pria, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Ini karena fasilitas mobile yang semakin modern, di mana game online tidak hanya bisa dimainkan melalui sebuah PC, tetapi lebih simple hanya dengan mobile genggam yang bisa di bawa kemana-mana dan kapan pun pengguna ingin meminkannnya.

Baca juga : 10 Kebiasaan Buruk Gamers Yang Harus Dihindari.

Memang tidak masalah jika memainkan sebuah game online sebagai hiburan, tetapi kamu perlu lebih mengoreksi diri karena ada beberapa efek buruk karena kecanduan game online. Berikut ini ada beberapa bahaya dan dampak buruk akibat kecanduan game online :


Dampak Buruk Kecanduan Game Online dari Segi Kesehatan Fisik

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa keseringan memainkan game online bisa berpengaruh terhadap kondisi fisik pemain tersebut, di mana kebiasaan memainkan game online juga dapat memunculkan kebiasaan-kebiasaan buruk lainnya yang berakibat pada kondisi fisik.

1. Begadang dan Bangun Kesiangan

Sudah menjadi kebiasaan buruk bagi para gamer, mereka melakukan begadang dan bangun kesiangan. Tentu hal semacam ini sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, misalkan lebih mudah kelelahan saat beraktivitas, rawan terkena penyakit, dan lainnya.

2. Lupa Makan Dapat Mengganggu Kesehatan Pencernaan

Ya, lupa makan atau bahkan malas makan tentu sering dialami bagi mereka para pecandu game online, ini karena konsentrasi dalam menikmati game online. Jika ini terus berlanjut, maka kondisi pencernaan tubuh akan terganggu sehingga menimbulkan beberapa penyakit seperti maag, dan lainnya.

3. Kurang Bergerak Menyebabkan Tubuh Kurang Sehat

Para pecandu game online lebih sering menghabiskan waktu di depan komputer, duduk dan menikmati game online. Kondisi seperti ini menyebabkan mereka kurang bergerak, padahal untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh, seseorang butuh melakukan aktivitas kecil selain olahraga.

4. Gangguan Kesehatan Mata

Tentu ini juga tidak asing lagi, karena gamer selalu menghadapkan mata pada komputer atau laptop. Radiasi yang dipancarkan komputer atau laptop sangatlah tidak baik bagi kesehatan mata. Kesehatan mata akan terganggu secara tidak disadari, apalagi bagi anak kecil.

5. Merokok Saat Bermain Game Online Dapat Mengganggu Kesehatan

Selain beberapa kasus di atas, kebanyakan gamer juga biasa ditemani oleh beberapa batang rokok. Alasannya adalah agar tetap fokus pada konsentrasi dalam game online, tidak mengantuk, dan tidak jenuh. Pasalnya, tanpa disadari terkadang cara menghisap rokok adalah putus nyambung, sehingga tidak terasa sudah menghabiskan satu, dua,bahkan tiga bungkus rokok. Tentu saja hal ini akan bisa menyebabkan gangguan bagi kesehatan terutama paru-paru.

6. Meminum Kopi Berlebih Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Selain merokok, para gamer juga biasa menyiapkan kopi. Ya, karena antara rokok dan kopi memang satu paket yang cukup sulit untuk dipisahkan. Nah, saking asyiknya bermain game online, terkadang sampai tidak terasa menghabiskan beberapa gelas kopi. Demikian ini juga dapat mengganggu kesehatan terutama kesehatan pencernaan.


Dampak Buruk Kecanduan Game Online dari Segi Psikis

Keseringan bermain game online ternyata tidak hanya dapat menjadikan gangguan pada kesehatan saja, tetapi juga kondisi psikologi dan mental seseorang.

1. Mengganggu Proses Pendidikan

Kecanduan game online juga sangat mempengaruhi proses belajar mengajar, sehingga nilai sekolah kurang memuaskan dan tidak tercapai semaksimal mungkin. Malas belajar atau bahkan sampai bolos sekolah tentu sering ditemui dari kalangan anak-anak sekolah karena lebih mementingkan bermain game online.

2. Kedewasaan Lebih Cenderung Tidak Berkembang

Kebiasaan bermain game online juga menyebabkan memory otak hanya terisi oleh beberapa tokoh fiktif dalam sebuah game online. Tentu saja ini menjadi masalah pada kedewasaan seseorang tidak kunjung berkembang.

3. Mudah Stress Jika Ada Masalah

Alasan utama para pencandu game online adalah karena kesenangan dan hiburan, bahkan mereka melakukannya untuk menghilangkan kejenuhan. Tetapi jika suatu ketika mereka ditimpa sebuah masalah, game online tidak lagi menjadi solusi, akibatnya adalah putus asa, stess, dan bahkan sampai depresi.

4. Kurang Peduli Masa Depan

Nah, ini dia penyakit yang biasa dialami oleh pecandu game online, kurang peduli dengan masa depan. Logikanya, kesenangan bermain game memaksa seseorang untuk terus melakukkannya, alhasil kepentingan terkait masa depan terabaikan, misalnya mengabaikan sekolah, masih santai tanpa pekerjaan tetap, dan lain sebagainya.

Baca juga :Dampak Buruk Terlalu Lama Di Depan Komputer Dari Segi Kesehatan dan Sosial.


Dampak Buruk Kecanduan Game Online dari Segi Sosial

Yang paling sering terjadi pada orang yang sudah kecanduan game online adalah kesenjangan interaksi dalam berhubungan sosial, baik keluarga, teman-teman, tetangga, dan orang-orang terdekatnya.

1. Main Game Online Memicu Malas Berinteraksi Sosial

Kecanduan game online sangat mempengaruhi seseorang dalam hal bersosialisasi dengan masyarakat sekitar, tak hanya masyarakat saja tetapi bahkan keluarga sendiri. Sensasi nyaman yang didapat dari bermain game online ternyata memang memuat seseorang fokus tetap berada di sana sehingga ia malas melakukan interaksi sosial.

2. Sering Mengabaikan Orang Lain

Pernahkah kamu melihat seseorang cuek dengan temannya karena serius bermain game online ?. Saya yakin kamu sering melihatnya, ya seperti itulah salah satu kebiasaan buruk para pecandu game online, mengabaikan teman bicaranya.

3. Kebiasaan Mengeluarkan Kata-kata Kotor

Para gamer juga suka mengeluarkan kata-kata kotor, apalagi jika mereka kalah atau melakukan kesalahan saat bermain game online. Kebiasaan buruk seperti ini akan terbawa pada kehidupan sehari-hari dalam bergaul, tentu sangat kurang baik dalam etika sosial.

4. Mulai Berani Berbohong

Memang game online tidak membuat seseorang untuk melakukan kebohongan, tetapi ini bisa saja terjadi. Misalkan saja siswa yang ditanya gurunya “mengapa tidak masuk sekolah ?” atau "mengapa telat masuk kelas ?". Pasti ia malu menjawab “karena bermain game online” sehingga ia terpaksa harus berbohong pada gurunya.


Dampak Buruk Kecanduan Game Online dari Segi Finansial

Bahaya dan dampak buruk game online tidak hanya berpengaruh bagi kesehatan fisik, kondisi psikologis, dan interaksi sosial saja, tetapi bisa jadi bisa berpengaruh buruk dalam segi keadaan finansial. Berbeda lagi kasusnya jika seseorang bermain game online dapat menghasilkan banyak uang secara online, maka di sini ada timbal balik bagi keadaan finansialnya.

1. Membuang-buang Waktu Tanpa Berpenghasilan

Dampak buruk kecanduan game online dari segi finansial yang pertama adalah membuang-buang waktu yang seharusnya lebih bermanfaat digunakan untuk belajar atau bekerja untuk menghasilkan uang. Faktanya banyak sekali orang yang membuang-buang waktu hanya demi menuruti keinginan bermain game online tanpa menghasilkan apapun kecuali hanya kesenangan.

2. Membeli Beberapa Item Pendukung Dalam Game Online

Di luar sana banyak sekali pecandu game online yang rela menghabiskan uang ratusan, jutaan, bahkan puluhan juta hanya untuk membeli beberapa item, level, dan semacamnya yang bisa mendukungnya untuk memainkan game online. Ya, alasannya sepele, hanya untuk kesenangan, koleksi, dan gengsi.

3. Membanting Smatphone Saat Kalah

Seharusnya, kalah dalam sebuah game itu sudah biasa, tetapi tidak bagi sebagian orang. Kekalahan yang dirasa dalam bermain game online merupakan kekecewaan yang begitu mendalam dan saking kecewanya sampai-sampai membanting smartphone atau laptop. Tentu saja ini berpengaruh bagi keadaan finansialnya karena ia harus membeli smartphone atau laptop baru.

Next Post Previous Post