10 Cara Tepat Melatih Anak Agar Giat Menabung

10 Cara Tepat Melatih Anak Agar Giat Menabung

10 Cara Tepat Melatih Anak Agar Giat Menabung - Anak kecil memiliki kecenderungan dan ketertarikan kuat pada makanan ringan, minum-minuman manis, permen, dan mainan. 

Sehingga, sudah sewajarnya jika anak Anda suka menghabiskan uang jajan untuk membeli apapun yang dia suka, bahkan terkadang masih minta uang jajan lagi setelah uang jajannya sudah habis. 

Memang tidak salah jika anak suka membeli jajan dan mainan, namun jika ini dibiarkan, maka bisa saja anak terbiasa dengan kehidupan yang boros jika sudah dewasa.

Nah, meskipun di sekolah dasar sendiri, para guru sudah sering mendidik dan mengajarkan siswa agar memulai belajar menabung, tetapi masih saja kurang. 

Jadi, Anda sebagai orang tua di sini juga harus mengambil peran yang sama, karena mau tidak mau Andalah contoh utama bagi anak-anak Anda. 

Tentunya, Anda harus bisa membatasi kebiasaan yang suka jajan anak Anda dan mulai menuntun dia untuk giat menabung. Untuk itu, di sini saya menghadirkan beberapa tips untuk melatih anak Anda agar terbiasa menabung :

1. Biasakan Diri Anda Suka Menabung Terlebih Dahulu

Pertama, mulailah dari diri Anda terlebih dahulu. Jika Anda suka melakukan hal-hal boros seperti suka belanja dan membeli makanan di luar kebutuhan, maka secara tidak langsung tentu saja sikap Anda akan dicontoh oleh anak. Jadi, Anda harus terbiasa hemat dan suka menabung terlebih dahulu, kemudian tunjukkan kepada anak agar dia bisa mencontohnya.

2. Mintalah Anak Menabung di Sekolah

Jika di sekolah anak Anda ada progam menabung, maka Anda harus meminta dia untuk ikut serta. Selain progam ini akan membantu Anda meringankan biaya sekolah ke depan, hal itu juga akan memberikan pelajaran menarik kepada anak tentang menabung. Jadi, pastikan Anda membawakan uang tabungan ketika anak berangkat sekolah, dan pastikan Anda juga mengecek pada buku tabungan sekolah apakah anak sudah memberikan uang tabungannya.

3. Batasi Uang Jajan Anak Anda

Anda juga perlu membatasi uang jajan anak agar dia tidak sering-sering membeli jajan dan mainan, setidaknya Anda memberikan uang jajan sejajar dengan jumlah nominal uang jajan teman-temannya, msekipun Anda sendiri sangat mampu memberikan uang jajan lebih. Ini demi melatih dia agar tidak sering-sering membeli jajan dan mainan.

4. Ajak Anak Anda Untuk Menyisihkan Uang

Sekarang, cobalah untuk mengajak anak Anda untuk menyisihkan uang jajan baik uang jajan sekolah maupun uang jajan sehari-hari. Kemudian, suruhlah dia agar menyimpan uang sisa jajan tersebut atau menaruhnya ke celengan.

5. Beritahu Anak Manfaat Menabung

Selanjutnya, sering-seringlah menasehati anak tentang manfaat dan keuntungan besar dari menabung. Misalnya, Anda mengatakan bahwa menabung akan sangat membantunya di masa depan, menabung adalah kunci dari kekuksesan, dan lain sebangainya.

6. Beri Motivasi

Anak juga membutuhkan energi spirit dari Anda dalam hal ini, energi spirit ini bisa saja berupa motivasi-motivasi yang Anda lontarkan kepadanya. Misalnya Anda menceritakan kisah orang-orang sukses dari hasil menabung, memperlihatkan video motivasi akan manfaat menabung, dan lain sebaginya. Ini bertujuan agar anak semakin bersemangat untuk menabung.

7. Bantu Anak Menetapkan Target, Lalu Buat Cara Mencapainya

Misalnya, anak Anda meminta untuk dibelikan ransel baru, Anda tidak seharusnya membeli ransel baru untuknya secara langsung. Tetapi, ajari dia bagaimana caranya agar bisa membeli ransel baru tanpa bantuan orang tua, yaitu dengan menyisihkan uang dan menabung.

8. Puji dan Peluk Jika Dia Sudah Mulai Menabung

Jika anak Anda sudah bisa menyisihkan uang jajan dan menabung, maka tunjukkan betapa bangganya Anda kepadanya, pujilah dia, cium dan peluklah dia. Sikap penuh kebanggaan dan kasih sayang yang Anda berikan ini akan membangkitkan motivasi anak untuk terus melangkah.

9. Beri Hadiah Kejutan

Selain pujian, ciuman, dan pelukkan, Anda juga perlu untuk memberikan hadiah kejutan kepada anak Anda jika dia sudah terbiasa menabung. Tujuannya pun sama, memberi kebahagiaan kepada anak serta membangkitkan motivasi untuk terus menabung.

10. Sesekali Ajaklah Anak Anda ke Bank Untuk Menabung

Yang terakhir, setiap kali Anda perli ke cabang bank terdekat entah untuk menabung ataupun menagmbil uang, ajaklah anak Anda. Beritahu dia tentang hal-hal yang terkait dengan bank dan upaya menabung agar anak bisa mencontohnya.