20 Hal Yang Menyebabkan Anda Putus Cinta

Dalam hubungan asmara, putus cinta itu hal yang sudah sangat biasa Anda dapati di masyarakat karena dunia cinta memang diwarnai dengan berbagai macam suka, duka, tawa, dan kecewa. Tentu juga sudah tidak asing lagi Anda menemukan orang yang sudah sering berganti-ganti pasangan, beginilah realita remaja saat ini. Namun, tidak semua orang seperti itu, meskipun sangat jarang, ada juga orang yang kian mempertahankan hubungan asmara hingga sampai ke atas pelaminan.

Ya, setiap perjalanan cinta memang tidak semulus yang Anda bayangkan, masalah selalu datang silih berganti. Bagi mereka yang tidak mampu bertahan, hasil akhirnya sudah jelas yaitu putus lalu mencari pasangan lagi. Oke, berbicara tentang putus cinta, ada beberapa penyebab yang menjadikan seseorang gagal mempertahankan hubungannya :

1. Adanya Pihak Ketiga

Pihak ketiga selalu saja menjadi duri dalam sebuah hubungan cinta, tak jarang banyak orang putus cinta karena hadirnya orang ketiga (baik mantan pasangan, TTM, atau pun orang lain) di tengah-tengah mereka.

2. Berbohong

Ketidakjujuran juga akan mengakibatkan salah satu pasangan merasa dikecewakan mendalam, apalagi sudah terlalu sering berbohong. Anda sendiri juga pasti sangat sadar bahwa setiap manusia tidak ingin dibohongi.

3. Komunikasi Mulai Pasif

Cinta bisa tumbuh dan mekar karena adanya komunikasi lancar antara kedua pasangan. Sebaliknya, tidak komunikasi mulai pasif, keharmonisan cinta yang sudah dibangun akan mulai rapuh secara perlahan.

4. Kurang Perhatian

Selain itu, membangun sebuah hubungan cinta yang langgeng juga membutuhkan perhatian antar satu sama lain. Begitu juga sebaliknya, kurangnya perhatian dari salah stau pihak menyebabkan hubungan jurang harmonis, semakin bosan, timbul kekecewaan, dan berakhir pada perpisahan.

5. Kurang Bisa Terbuka

Salah satu hal yang membuat pasangan Anda merasa kecewa adalah ketidakterbukaan Anda padanya, Anda menyembunyikan sesuatu darinya. Padahal, cinta bisa bertahan karena kesetiaan dan saling percaya satu sama lain.

6. Muncul Kecurigaan dan Kurang Percaya

Melanjutkan dari point di atas, ketidakterbukaan seseorang menunjukkan bahwa dia tidak percaya, khususnya kepada pasanganya. Nah, ketidakpercayaan ini juga bisa menyebabkan berbagai macam unek-unek dan rasa curiga. Tentu saja jika hal ini sudah terjadi, cinta yang bersemi akan semakin layu dan akhirnya mati.

7. Kurang Pengertian dan Kurang Memahami

Misalnya, Anda tidak membalas sms atau telfon dari pasangan Anda karena tidur atau ada keperluan yang sangat penting., kemudian pasangan Anda marah-marah, bagaimana perasaan Anda ?, pastinya akan sedikit kecewa dan kurang nyaman. Ini adalah contoh kecil yang menunjukkan pentingnya saling mengerti dan memahami dalam hubungan asmara.

8. Egois

Salah satu yang membuat hubungan cinta tidak lagi terasa indah adalah karena keegoisan Anda. Artinya, Anda melakukan sesuatu berdasarkan kepentingan ego Anda sendiri, tanpa menyadari bagaimana perasaan pasangan Anda. Keegoisan justru akan membuat orang disekitar Anda merasa dirugikan dan sangat kesal, apalagi pasangan Anda.

9. Berwatak Keras dan Mudah Emosi

Sekarang, coba bayangkan dan rasakan, bagaimana jika Anda memiliki pasangan yang emosian, sering marah dan ngambek karena hal-hal yang sepele, tentu akan membuat Anda semakin stress dan terbebani bukan ?. Selain itu, hubungan asmara Anda akan semakin jauh dari harmonis, dan kemungkinan terbesarnya adalah hubungan tersebut tidak akan berjalan lama.

10. Terlalu Protektif

Jangan terlalu protektif kepada pasangan Anda, mengapa demikian ?, karena sikap protektif akan memberikan beban dan tekanan baginya sehingga dia tidak merasa bebas serta kurang nyaman, protektif itu boleh saja asalkan tidak keterlaluan.

11. Terlalu Pencemburu

Mempunyai pasangan yang mudah cemburu ternyata juga menyusahkan, sifat cemburunya akan membuat dia bersikap protektif kepada Anda dan membatasi pergaulan Anda, meskipun dengan teman sendiri. Tentu saja Anda akan merasa tidak nyaman dengan hubungan asmara Anda jika memiliki tipe pasangan seperti ini.

12. Salah Faham Tanpa Ada atau Mau Penjelasan

Salah satu dampak buruk dari sifat mudah cemburu adalah seringnya salah faham kepada pasangan. Eantah di sebabkan karena cemburu atau hal lainnya, kesalahfahaman bisa saja menyebabkan sebuah pertengkaran, terutama jika pasangan Anda memiliki watak yang keras kepala.

13. Sudah Merasa Bosan

Ada masa di mana Anda juga akan merasa bosan pada pasangan Anda, sehingga rasa bosan ini menyebabkan Anda mulai tidak bersemangat melakukan komunikasi, dating, atau bahkan mengingatnya sekali pun. Jika rasa bosan dan jenuh berlangsung terus menerus, artinya Anda mungkin sudah tidak cocok dengannya.

14. Kurang Romantis

Bagi orang yang punya karakter suka dengan hal romantis, rasa nyaman pun bisa datang dengan hal-hal yang romantis pula. Sebaliknya, kurangnya romantis dalam hubungan asmara tentu akan membuatnya bosan. Jika Anda punya pasangan yang demikian, sebaiknya Anda lebih sering melakukan hal-hal romatis padanya.

15. Pacaran Jarak Jauh

Ternyata, pacaran jarak jauh pun demikian, meskipun komunikasi tetap aktif, tetapi terkadang rasa bosan juga mulai datang. Untuk point ini, Anda bis amembaca lebih lanjut pada link berikut ini :

7 Keuntungan dan Manfaat Pacaran Jarak jauh (LDR)

7 Kekurangan Pacaran Jarak Jauh (LDR).

16. Matre

Matre juga menjadi salah satu sifat yang merusak hubungan cinta. Bagaimana bisa ? karena sifat matre sangat merugikan salah satu pasangan, misalnya selalu minta ditraktir, selalu minta dibelikan ini dan itu, dan lainnya.

17. Mencoloknya Perbedaan Antara Kedua Pasangan

Memang, banyak orang mengatakan adanya perbedaan menuntut kita untuk bersama dan bersatu,itu benar, tetapi tidak dalam semua kasus, tergantung bagaimana kondisi dan cara menyikapinya. Faktanya, perbedaan mencolok dalam sebuah hubungan cinta justru membuat celah besar untuk berpisah, misalkan :

  • Perbedaan keyakinan dan agama
  • Perbedaan watak dan karakter
  • Perbedaan sudut pandang masa depan

18. Terkena Hasutan

Anda pasti sering menonton sinetron maupun drama percintaan, di mana dalam alur ceritanya selalu ada tokoh antagonis yang selalu membuat hasut. Ini tidak jauh berbeda dengan hubungan asmara dalam kehidupan nyata, terjadi salah faham karena kena hasutan bisa saja terjadi, bahkan bisa sampai pada pemutusan cinta, meskipun alasan ini jarang ditemui dalam kehidupan nyata.

19. Fokus Karir atau Pendidikan

Terkadang, memutuskan hubungan cinta bisa didasari oleh karir dan jenjang pendidikan. Biasanya, ini adalah alasan bagi orang-orang yang memiliki idealisme tinggi, di mana mereka merasa bahwa cinta akan menghambat tujuan untuk mencapai cita-cita.

20. Orang Tua Tidak Setuju

Alasan mengapa Anda putus cinta selanjutnya bisa disebabkan karena keputusan orang tua, di mana orang tua Anda tidak menyetujui hubungan yang sudah Anda jalani bersama pasangan Anda. Jika memang demikian, percayalah bahwa orang tua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Jika dia adalah jodoh Anda, ini hanya masalah waktu sampai dia kembali kepada Anda.