9 Trik Cerdas Membuat Rumah Terasa Lebih Nyaman

Mempunyai rumah sendiri merupakan salah satu bagian dari perencanaan masa depan keluarga. Tak peduli seberapa indah rumah yang Anda tinggali, jika rumah tersebut bukan sepenuhnya milik Anda, misalkan milik orang tua, mertua, saudara, atau rumah sewaan, rasanya masih mengganjal di hati bukan ?, sedangkan Anda masih merencanakan serta mempersiapkan cukup uang untuk membangun atau membeli rumah sendiri.

Namun terkadang, banyak orang masih kurang bersyukur atas rumah sendiri, misalnya karena rumah itu tidak cukup luas atau kurang mewah. Jika memang demikian, Anda perlu memberikan perlakukan khusus pada rumah Anda dan membuatnya menjadi lebih nyaman untuk ditinggali bersama keluarga. Dan berikut ini cara dan trik sederhana membuat rumah Anda terasa lebih nyaman :

1. Jaga Selalu Kebersihan Rumah Anda

Kebersihan itu sangat penting, apalagi untuk rumah yang Anda tinggali saat ini, rumah yang bersih tentu membuat penghuni rumah menjadi lebih nyaman. Selain itu, kebersihan rumah juga menunjukkan pola kehidupan sehat keluarga. Jadi, pastikan rumah Anda terjaga kebersihannya, misalnya dengan sering menyapu, mengepel lantai, menghilangkan bau-bau tidak sedap, membersihkan kaca, dan lain sebagainya.

2. Atur Sedemikian Rupa Sehingga Rumah Terlihat Rapi

Bersih saja rasanya kurang cukup untuk membuat rumah jadi terasa nyaman dan sejahtera. Anda perlu bertindak untuk menata setiap ruangan dan perabotan agar terlihat rapi dan indah. Tentu saja jika rumah terlihat bersih dan rapi, maka tidak ada alasan untuk tidak betah tinggal di rumah.

3. Atur Ruangan Secara Strategis

Normalnya, dalam sebuah rumah pasti ada ruangan-ruangan dan kamar, mulai dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, garasi, dan lain sebagainya. Tentu saja Anda pun menginginkan letak setiap ruang dan kamar strategis, misalnya ruang tamu dan garasi berada di bagian depan secara terpisah, dapur berada di bagian belakang rumah, kamar tidur sudah dilengkapi dengan kamar mandi, ruang berkumpul keluarga lebih luas dari ruangan-ruangan lain, dan lain sebagainya.

4. Hiasi Ruangan Dengan Beberapa Hiasan dan Dekorasi Interior

Rumah juga akan terlihat lebih indah jika Anda mengisi dengan beberapa hiasan dan desain interior. Ya, selain terlihat indah dna menarik, Anda pun menjadi lebih suka. Anda bisa menghiasi ruangan dengan lukisan, foto-foto keluarga, lafadz-lafadz Al-Qur’an, serta mendesain dekorasi ruangan dengan desain interior yang Anda inginkan.

5. Ventilasi Cukup Merupakan Gaya Rumah Sehat

Rumah yang memiliki ventilasi minim akan membuat udara kurang sehat, oksigen lebih berkurang, bau pengap, dan terlihat lebih suram. Sedangkan cukup ventilasi akan membuat rumah Anda lebih sehat, di mana udara dan oksigen bisa keluar masuk melalui ventilasi tersebut, bau pengap berkurang, dan terasa lebih sejuk. Tentu ini akan membuat penghuni rumah lebih nyaman dan sehat.

6. Kurangi Perabotan Rumah Yang Kurang Perlu Agar Terlihat Lebih Luas

Terkadang, seseorang merasa rumahnya agak sempit, memang bukan karena rumah itu sempit, tetapi banyak perabotan rumah tangga yang kurang perlu masih disimpan. Pastikan Anda mengurangi perabotan rumah yang dianggap kurang perlu untuk menambah luas ruangan rumah, Anda bisa menjual atau memberikannya kepada tetangga atau sanak famili. Atau, Anda bisa menyiapkan ruangan khusus untuk menyimpan beberapa perabotan yang dianggap kurang perlu, misalnya ruangan gudang.

7. Pilihan Warna Dinding Menjadikan Rumah Sedap Dipandang

Setiap orang memiliki warna favorit masing-masing bukan ?. Nah, Anda bisa mewarnai setiap dinding dengan warna favorit Anda karena ini akan menambah rasa ketertarikan dan kebanggaan atas rumah Anda sendiri. Selain itu, pilihan warna juga memberikan rangsangan positif pada syaraf otak manusia.

8. Hiasi Halaman Rumah Dengan Taman Bunga

Anda juga perlu untuk menghiasi halaman rumah jika diperlukan, misalnya dengan membuat taman bunga dari beberapa pot. Halaman rumah yang berhias taman bunga akan menjadikan rumah tampak indah dari luar, sejuk dirasa, dan menambah suasana sehat karena tumbuhan memproduksi oksigen yang dibutuhkan oleh manusia.

9. Hiasi Rumah Dengan Sholat dan Bacaan Al-Qur’an

Tips terakhir adalah tips untuk menambah aura positif spiritual pada setiap rumah muslim dengan senantiasa mengerjakan sholat dan membaca Al-Qur’an. Rumah yang dihuni tanpa berhias sholat dan bacaan Al-Qur’an seperti kuburan, hampa dan kosong. Selain itu, syetan juga sangat suka untuk tinggal bersama penghuni rumah tersebut, seperti halnya bunyi pada hadist berikut ini :

اِجْعَلُوْا فِيْ بُيُوْتِكُمْ مِنْ صَلَاتِكُمْ وَلَا تَتَّخِذُوْهَا قُبُوْرًا

Jadikanlah rumah kalian sebagai tempat shalat kalian, dan jangan menjadikannya sebagai kuburan” (HR. Bukhari-Muslim).

Selain menghiasi rumah dengan sholat dan bacaan Al-Qur’an, juga perlu untuk menghiasinya dengan melakukan amal-amal sholeh, sholawat, dan dzikir-dzikir. Ini akan menjadikan rumah menjadi tentram dan nyaman serta diberkahi oleh Allah SWT.