10 Tips Cerdas Hindari Pertengkaran Rumah Tangga

10 Tips Cerdas Hindari Pertengkaran Rumah Tangga

Pertengkaran dalam rumah tangga merupakan masalah serius yang harus Anda hindari agar Anda bisa mewujudkan rumah tangga yang damai dan bahagia. Tentu saja ada banyak hal yang menyebabkan mengapa pertengkaran rumah tangga terjadi, Anda bisa membacanya lebih lanjut pada link yang sudah tersedia di bawah ini :

Baca lebih lanjut : 10 Hal Yang Bisa Memicu Pertengkaran Rumah Tangga

Anda sangat layak untuk mewujudkan rumah tangga bahagia, namun semua itu tentu butuh perjuangan. Nah, sebagai wujud perjuangan, Anda perlu melakukan beberapa hal untuk bisa menghindari pertengkaran yang akan terjadi dalam rumah tangga Anda :

1. Cobalah Untuk Mengerti dan Mamahami Perasaan Pasangan Anda

Saling mengerti dan memahami perasaan satu dengan lainnya adalah hal yang penting dalam membangun rumah tangga bahagia. Cobalah untuk melihat sudut pandang dia dan mengenal bagaimana perasaannya, sehingga Anda akan tahu apa yang bisa membuatnya melebarkan senyum, Anda bisa lebih mudah memaafkan kesalahan kecil, bahkan Anda menjadi lebih perhatian lagi.

2. Pahami Situasi dan Kondisi Atas Masalah Yang Terjadi

Ingatlah bahwa manusia bukanlah makhluk sempurna yang tidak luput dari kesalahan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Jangan kedepankan emosi Anda jika pasangan Anda melakukan kesalahan, perhatikan dan bertanyalah dengan baik apa alasan dia melakukan kesalahan itu dan lihat kondisi terlebih dahulu. Terkadang, seseorang berbuat kesalahan bukan saja karena ada niatan atau kecerobohan, tetapi juga karena kondisi yang memaksanya berbuat salah.

3. Kesampingkan Sifat Egois Diri

Sejenak, mari koreksi diri Anda, pahami bagaimana karakter dan perasaan pasangan Anda, pahami bagaimana situasi dan kondisi untuk menemukan solusi dari masalah, kemudian berpikirlah dengan hati murni tanpa rasa egois. Tentu saja Anda akan mampu membuat langkah yang tepat, meredam amarah agar tidak terjadi pertengkaran, memperkecil masalah yang ada, serta menjalin hubungan yang lebih harmonis dengan saling percaya. Dari sini, Anda akan benar-benar bersikap bisajksana dalam memutuskan hal yang terbaik dalam rumah tangga.

4. Sikapi Masalah Apapun Dengan Kepala Dingin

Ketika Anda mendapati masalah apapun dalam rumah tangga, pastikan Anda menyikapinya dengan bijak. Jangan pernah mendahulukan emosi Anda, karena emosi tidak akan menyelesaikan masalah, justru akan memperkeruh masalah Anda. Kesampingkan emosi dan ego Anda, Berpkirlah lebih jernih dengan hati yang tenang. Ini akan menjadi sikap yang terbaik agar meminimalisir pertengkaran, serta menemukan jalan keluar.

5. Budayakan Kejujuran Dalam Rumah Tangga

Jangan pernah nodai keharmonisan rumah tangga Anda dengan sebuah kebohongan. Kebohongan yang Anda ciptakan akan menjadikan kekecewaan bagi pasangan Anda, dan tentu saja kekecewaan itulah yang menjadikan keadaan semakin memburuk, bahkan sering kali menjadi alasan pertengkaran.

6. Jangan Pernah Sekalipun Mendua

Manusia memang tidak bisa lari dari cinta, karena cinta itu begitu misterius, cinta datang dan pergi tanpa memandang siapapun dia. Jika Anda mulai mencintai orang lain selain pasangan Anda, berpikirlah dan renungkanlah bahwa ada orang yang dengan lelahnya menunggu Anda pulang ke rumah, ada orang yang dengan tanpa henti memikirkan dan mencintai Anda setulus hati, kemudian cobalah perangi hati Anda dan ingatlah bahwa Anda sudah memiliki seseorang yang lebih berharga.

7. Cobalah Untuk Lebih Perhatian Kepada Pasangan Anda

Anda boleh sibuk bekerja dan fokus karir, tetapi jangan melupakan hal penting dalam rumah tangga Anda. Tunjukkan perhatian Anda kepadanya dengan menghabiskan waktu lebih banyak bersamanya saat libur, ekspresikan kasih Anda dengan merayakan moment-moment tertentu, jangan pernah berhenti untuk mengucapkan “aku sayang padamu”.

8. Bersikaplah Lebih Terbuka Lagi

Saat ini adalah waktu untuk mulai merubah sikap Anda, cobalah untuk bersifat lebih terbuka padanya. Diskusikan dengannya setiap masalah apapun yang terjadi dalam rumah tangga agar dia tahu dan merasakan apa yang Anda rasakan.

9. Rahasiakan Masalah Rumah Tangga Dari Orang Lain

Anda sepatutnya pandai-pandai untuk merahasiakan masalah rumah tangga dari telinga orang lain. Jika memang tidak memungkinkan, maka pastikan Anda mencari solusi dari orang lain, tetapi pastikan Anda menceritakan tentang masalah rumah tangga terlebih dahulu kepada pasangan Anda. Terlebih lagi, sebisa mungkin Anda menutup-nutupi kekurangan pasangan Anda.

10. Jangan Terlalu Protektif

Pasangan Anda tentu saja ingin melakukan banyak hal tanpa batasan tertentu, Anda perlu memahami hal ini. Biarkan dia melakukan apa yang dia suka, asalkan tidak hal itu tidak keluar dari ranah keharmonisan rumah tangga. Jika pasangan Anda bertipe orang suka kebebasan, jangan pernah memaksa, ajaklah dengan baik dan perlahan menuju kebaikan bersama.