10 Hal Yang Bisa Memicu Pertengkaran Rumah Tangga

Semua orang pasti mengidam-idamkan sebuah rumah tangga yang damai, sejahtera, dan harmonis. Namun, seharmonis apapun rumah tangga yang sudah dibangun, tentu saja tidak akan luput dari masalah baru yang akan muncul. Ini tergantung bagaimana masing-masing pasangan untuk menyikapi masalah tersebut dan tetap mempertahankan keharmonisan agar tidak layu begitu saja.

Memang ini bukanlah hal yang mudah, kenyataannya pertengkaran kecil pun kian terjadi meskipun rumah tangga sudah berlangsung begitu lama. Untuk itulah, sangat penting sekali untuk mencegah beberapa sifat yang bisa memicu pertengkaran kecil dalam rumah tangga, karena semakin sering pertengkaran terjadi maka keharmonisan pun akan semakin layu :

1. Anda Kurang Bisa Mengerti dan Mamahami Perasaan Pasangan Anda

Pertengkaran bisa saja terjadi akibat Anda kurang bisa mengerti dan memahami pasangan Anda, apa yang diinginkan olehnya, apa kesalahan yang dilakukkannya, dan apa yang membuatnya bersikap tidak normal seperti biasa. Sehingga hal semacam ini sering kali membuat kesalahfahaman yang bisa memicu pertengkaran kecil.

2. Anda Kurang Bisa Memahami Kondisi Yang Ada

Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan bukan ?. Tetapi, ketidakpekaan Anda dalam memahami kondisi yang ada, akan membuat emosi semakin meningkat kemudian pertengkaran pun mulai terjadi. Anda menyalahkan pasangan Anda karena Anda tdak tahu apa sebenarnya yang terjadi.

3. Anda Lebih Mengedepankan Sifat Egois Diri

Keegoisan tidak menjadikan sebuah persatuan, malah menjadi jurang pemisah. Begitu pun dengan keadaan rumah tangga Anda, keegoisan membuat Anda tidak bisa memahami perasaan dan kondisi yang ada, Anda lebih sering menyalahkan pasangan tanpa bisa mengoreksi diri, Anda lebih ingin dihargai tanpa menghargai orang lain, Anda merasa ingin menang sendiri, Anda merasa keputusan Anda lebih baik tanpa bisa menyaring keputusan orang lain, dan lain sebagainya. Dari kenyataan yang ada, pertengkaran suami istri sering kali terjadi karena rasa egois masing-masing, apalagi terdapat perbedaan mencolok antar keduanya.

4. Anda Menyikapi Masalah Dengan Emosi

Dalam rumah tangga, masalah akan terus silih berganti, sehingga Anda harus pandai-pandai dalam menyikapi masalah tersebut. Jika Anda menyikapi masalah tersebut dengan emosi, justru akan menambah masalah menjadi lebih besar lagi. Emosi dan amarah atas sebuah masalah bagaikan api yang menyambar, jadi jangan berpikir untuk mematikan api dengan api lainnya.

5. Anda Sering Berbohong

Ketidakjujuran Anda merupakan sifat yang bisa merusak hubungan, tentu saja ada banyak alasan bagi pasangan Anda untuk memulai pertengkaran rumah tangga. Sebanyak apapun Anda menutupi diri Anda dengan kebohongan, suatu saat kebohongan itu akan menjadi duri bagi Anda sendiri.

6. Anda Mulai Dekat Dengan Orang Lain

Setiap orang pasti tidak mau dihianati atas apa yang sudah dijalin bersama, pastinya itu akan menjadi kekecewaan yang dalam. Jika Anda mulai mencintai orang lain dibanding pasangan Anda sendiri, rasanya tidak ada alasan untuk tidak terjadi pertengkaran suami istri. Ya, fakta berbicara bahwa perselingkuhan akan memicu pertengkaran hebat yang berujung pada perceraian.

7. Anda Kurang Perhatian Kepada Pasangan Anda

Pertengkaran kecil juga bisa disebabkan karena Anda kurang perhatian kepada pasangan Anda, misalnya Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan dan terlalu fokus dengan karir sehingga banyak melupakan waktu berharga bersama pasangan Anda di rumah, atau Anda kurang pandai dalam membuat pasangan Anda menjadi lebih nyaman, dan lain sebagainya. Hal semacam ini akan menyebabkan pasangan Anda semakin jenuh dengan hubungan yang sudah terjalin.

8. Kurangnya Keterbukaan Antara Anda dan Pasangan Anda

Selanjutnya, bayangkan bagaimana jika pasangan Anda bersikap seperti menutup-nutupi sesuatu dari Anda, bahkan untuk semua hal yang menyangkut masalah rumah tangga, pastinya akan timbul rasa curiga, Anda merasa bahwa dia menganggap Anda bukan siapa-siapa, Anda mulai tidak percaya dengannya, bahkan Anda pun lebih mudah emosi saat mendengar alasannya.

9. Anda TerLalu Terbuka Kepada Orang Lain

Memang ada baiknya jika Anda membuka rahasia tentang masalah rumah tangga Anda kepada orang lain untuk memperoleh solusi. Namun, ada yang perlu Anda perhatikan dalam hal ini, jika Anda membeberkan masalah rumah tangga kepada sembarang orang, apalagi sampai membeberkan kekurangan pasangan Anda, maka hal ini mungkin akan menjadi alasan utama pertengkaran rumah tangga Anda.

10. Sifat Pencemburu dan Protektif Berlebihan

Anda tentu tidak ingin pasangan Anda keluar dari jalur-jalur rumah tangga sehingga Anda memberikan batasan tertentu. Anda benar, sifat protektif terkadang memang dibutuhkan, tetapi jika keterlaluan maka akan menjadikan ketidakbaikan. Jika Anda terlalu berlebihan membatasi langkah pasangan Anda, misalnya Anda menegur sambil marah ketika dia berkomunikasi dengan teman lama, maka lama-kelamaan pasangan Anda pun mulai terkekan dan merasa kurang nyaman dengan hubungan Anda.