16 Olahraga Paling Populer di Seluruh Dunia

Olahraga merupakan latihan fisik yang bertujuan untuk melatih kekuatan agar daya tahan tubuh semakin kuat dan sehat, baik jasmani maupun rohani. Beberapa orang di antaranya bahkan sangat gemar melakukan olehraga tertentu. Untuk itu, disini saya menyajikan beberapa olahraga yang sudah mendunia, dan menjadi olahraga yang begitu populer di dunia :

1. Sepak Bola (Football)

Siapapun pasti tahu olahraga satu ini, dan olahraga inilah yang menjadi olahraga paling favorit di seluruh dunia. Pasalnya, ini adalah olahraga yang menjadi kejuaraan terbesar setiap musim pada liga-liga dunia.

2. Sepak Bola Amerika (American Football)

Berbeda lagi dengan sepak bola ini, ini adalah olahraga sepak bola dari negara Amerika dan sedikit negara lain yang memainkannya. Olahraga ini tergolong sebagai olahraga yang keras, sehingga pemain harus mengenakan beberapa pelindung seperti pelindung kepala, pelindung punggung, dan lainnya.

3. Basket (Basketball)

Basket pun juga menjadi salah satu olahraga yang populer di dunia. Sedangkan di Indonesia, basket pun juga sama halnya, bahkan olahraga ini pun menjadi latihan ekstra di beberapa sekolah.

4. Bulu Tangkis (Badminton)

Bulu tangkis atau badminton juga menjadi olahraga yang mendapatkan perhatian di seluruh dunia, khususnya di Asia. Olehraga ini dimainkan dengan menggunakan raket, kok, dan jaring-jaring net sebagai penengah antara pemain.

5. Tinju (Boxing)

Di dunia, tinju juga menjadi salah satu olahraga terpopuler. Olahraga ini tergolong keras dan berbahaya, tidak semua orang bisa melakukannya, karena olahraga ini membutuhkan kekuatan fisik lebih.

6. Voli (Volleyball)

Voli juga termasuk salah satu jenis olahraga yang mendunia dan juga banyak ditemui di Indonesia. Olahraga ini memang cukup menyenangkan, bahkan juga banyak di ikut sertakan sebagai olahraga ekstra di sekolah dan perguruan tinggi.

7. Tennis Meja (Table Tennis)

Tennis meja merupakan olahraga yang dimainkan di atas meja dengan penggunakan bola pimpong dan bet, dengan net kecil yang menjadi penengah di atas meja tennis. Ini adalah olahraga yang cukup menyenangkan dan banyak juga ditemui di Indonesia.

8. Tennis Lapangan

Tennis meja dan tenias lapangan sebenarnya cukup sama, hanya saja jika tennis meja di lakukan di atas sebuah meja tennis, maka tennis lapangan dilakukan di dalam lapangan tennis.

9. Golf (Golf Ball)

Lebih tepatnya, Golf adalah olahraga untuk melatih ketepatan sasaran, di mana sebuah bola harus dimasukkan ke dalam sebuah lubang pada jarak tertentu. Olahraga ini tidak membutuhkan kekuatan fisik berlebih seperti olahraga lainnya, sehingga orang-orang usia tua pun bisa memainkan olahraga ini dengan mudah.

10. Hoki (Hockey)

Hoki atau Hockey merupakan olahraga yang mendunia dan tergolong unik, ini karena Hoki membutuhkan lapangan es sebagai tempat untuk memainkan olahraga ini. Namun, olahraga hoki tidak hanya bisa dimainkan lapangan es, lapangan biasa pun bisa, tetapi bolanya harus berbentuk bulat.

11. Baseball

Di negara-negara barat, Baseball menjadi salah satu olahraga yang sangat favorit, bukan hanya bagi para orang dewasa tetapi juga bagi anak-anak.

12. Rugbi (Rugbyball)

Jika dilihat lagi, Rugbi memang memiliki kemiripan dengan American Football, namun resiko dan bahaya fisik lebih rendah. Rugbi ini adalah olahraga yang berasal dari negara Inggis, dan sampai saat ini masih dikelolah oleh International Rugby Board di Inggris.

13. Kriket (Cricket)

Kriket atau Cricket adalah olahraga yang berasal dari Inggis pada sekita abad 16. Sedangkan pada sekitar abad 18 akhir, Cricket menjadi olahraga nasional di Inggris. Dan akibat penjajahan Inggris di seluruh dunia, Cricket pun dikenal dan dimainkan pula di banyak negara di seluruh dunia.

14. Renang

Di Indonesia, olahraga renang memang kurang menjadi perhatian. Namun, di banyak negara lainnya, renang menjadi olahraga favorit, bahkan menjadi salah satu pelajaran di sekolah-sekolah.

15. Lari

Olahraga ini terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya lari jarak dekat, lari jarak jauh, dan lari maraton. Olahraga ini bertujuan untuk melatih kecepatan dan kekuatan kaki, pernafasan, daya tahan, dan keseimbangan tubuh.

16. Sepeda Maraton

Olahraga sepeda maraton ini dilakukan dengan menaiki sepeda untuk menempuh jarak yang cukup jauh, bahkan terkadang sampai pendakian ke atas gunung, ini juga menjadi olahraga yang banyak diminati orang. Di Indonesia sendiri, olahraga ini bukan termasuk olahraga nasional, tetapi banyak orang yang melakukannya dengan teman-teman sendiri.