Waspada, Media Sosial Merusak Hubungan Rumah Tangga

Waspada, Media Sosial Merusak Hubungan Rumah Tangga Anda

Waspada, Media Sosial Merusak Hubungan Rumah Tangga - Media sosial merupakan fasilitas interaksi online yang semakin sering diminati kian hari. Ya, dunia sudah semakin canggih dan maju, hanya bermodal handphone atau smartphone, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah dan bisa dilakukan kapanpun dan di manapun Anda berada.

Media sosial memberikan kemudahan bagi setiap pengguna untuk memperoleh banyak informasi, melakukan komunikasi dengan lebih cepat dan praktis, menjelajah dunia, dan masih banyak sekali manfaatnya bagi kehidupan Anda. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa media sosial juga membawa dampak-dampak buruk bagi kehidupan Anda.

Baca lebih lanjut :
16 Peran dan Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Sehari-hari
Pengaruh Buruk Media Sosial Bagi Kehidupan Masyarakat.

Salah satu dampak buruk media sosial yang akan kita bahas adalah merusak hubungan harmonis keluarga Anda. Memang, tidak secara langsung keharmonisan rumah tangga bisa hancur begitu saja, perlahan tapi nyata. Tentu saja ini tergantung dari bagaimana Anda dan pasangan Anda menyikapinya. Lalu, bagaimana bisa media sosial menghacurkan keharmonisan rumah tangga Anda ?

1. Media Sosial Bisa Jadi Mengurangi Perhatian

Aktivitas di dalam media sosial memang menjadi kebiasaan yang sering dilakukan setiap saat oleh semua orang. Memang cukup asyik, sayangnya kebiasaan ini bisa menjadikan masalah baru dalam rumah tangga Anda. Semakin sering Anda mengakses media sosial, Anda menjadi lupa orang-orang di sekitar. Anda mulai kurang perhatian terhadap pasangan Anda karena sibuknya bermain di dalam media sosial. Kurangnya perhatian inilah yang bisa memicu rasa ketidaknyamanan pasangan Anda, bahkan bisa sampai terjadi pertengkaran kecil.

2. Media Sosial Tempat Berbagi Privasi

Dalam hubungan rumah tangga, pasti Anda melewatinya dengan banyak sekali masalah-masalah yang bermunculan. Terkadang, Anda tidak tahu kepada siapa Anda harus mencurahkan perasaan Anda atas masalah-masalah tersebut, sehingga Anda menuangkannya dengan menulis di media sosial. Tetapi, Anda tidak sadar bahwa apa yang Anda tulis akan dibaca oleh banyak orang di sana, Anda sudah membocorkan masalah privasi rumah tangga yang seharusnya dijaga dari publik online.

3. Timbulnya Rasa Saling Curiga

Memang, media sosial memungkinkan Anda berinteraksi secara online dengan banyak orang tanpa harus bertatap muka, Anda membagikan status, berkomentar, dan melakukan chatting pribadi. Namun, pernahkan Anda berpikir bagaimana perasaan pasangan Anda ketika Anda lebih sering menghabiskan waktu untuk mengetik dan mengetik ?, pastinya dia ingin tahu apa yang Anda lakukan dan dengan siapa Anda melakukan komunikasi.

4. Media Sosial Bisa Jadi Menimbulkan Missunderstanding

Media sosial diperuntukkan bagi semua orang agar bisa saling berbagi perasaan satu sama lain. Tetapi, Anda harus lebih cermat lagi atas apa yang Anda bagikan di media sosial, karena jika tidak, tulisan Anda akan memicu kesalahfahaman oleh pasangan Anda. Faktanya, banyak kasus pertengkaran bahkan sampai pada perceraian rumah tangga yang bermula dari kesalahfahaman di media sosial.

5. Kemunculan Pihak Ketiga

Media sosial bisa dibilang unik karena semua pengguna bebas berteman dengan siapa saja, baik kenal maupun tidak kenal, saling berbagi, dan saling komunikasi. Akibat aktivitas seperti itulah, terkadang seseorang memiliki teman akrab atau teman curhat pribadi di media sosial, tidak hanya bagi mereka yang berstatus belum menikah, bahkan banyak di antaranya yang sudah berstatus menikah.

6. Melemahkan Rasa Tanggung Jawab

Alasan mengapa banyak orang suka beraktivitas di dalam media sosial adalah karena memang menyenankan dan sangat asyik, apalagi untuk mengisi kekosongan waktu. Rupanya, keasyikan tersebut menghanyutkan seseorang dan lalai atas kewajibannya. Misalnya saja istri lupa mencuci seragam kantor suami untuk besok, suami mungkin bisa marah ketika dia pulang kerja.

7. Keseringan Bermedia Sosial Mengurangi Rasa Syukur

Di media sosial, Anda akan banyak menemui share konten dan link yang berisi tips-tips pernikahan, Anda juga akan mengetahui perihal pernikahan dan rumah tangga teman Anda. Sayangnya, jika Anda tidak peka, hal tersebut akan membuat Anda menjadi iri dan membanding-bandingkan keadaan rumah tangga Anda dengan rumah tangga teman-teman Anda. Ini salah, apapun yang terjadi dalam rumah tangga Anda, patutlah untuk dijalani dengan sabar dan lebih bersyukur atas apa adanya.