9 Dampak Buruk Karena Sering Begadang

Dampak Buruk Karena Sering Begadang

Dampak Buruk Sering Begadang - Salah satu kebiasaan buruk yang banyak dilakukan di masyarakat pada umumnya adalah begadang. Kebiasaan begadang ini memamng sudah umum dilakukan tidak hanya para remaja, tetapi juga orang dewasa sekalipun, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan.


Dampak Buruk Karena Sering Begadang

Jika dipikir-pikir lagi, kebiasaan begadang memang cukup asyik, menghabiskan waktu malam dengan melakukan berbagai aktivitas seperti main game, atau melakukan candaan bersama teman-teman sampai larut malam, bahkan sampai pagi menjelang. Namun, ternyata banyak sekali dampak negatif yang didapat bagi pelaku begadang, apalagi jika kebiasaan ini sudah keseringan:

1. Begadang Dapat Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Dampak buruk begadang apalagi sampai keseringan, ternyata dapat menurunkan daya tahan tubuh. Kamu mungkin sering mendengar bahwa angin malam sangat tidak baik untuk kesehatan, memang benar seperti itu. Angin malam dan kurang tidur akan menyebabkan daya tahan tubuh semakin melemah, sehingga akan menggangu kondisi kesehatan tubuh antara lain:

  • Beberapa Penyakit Ringan: Kebiasaan begadang ternyata akan menyebabkan beberapa penyakit ringan seperti masuk angin, flu, perut kembung, demam, kepala pusing, batuk, dan badan meriang. Meskipun ini hanya penyakit ringan, tetapi cukup menyebalkan jika kamu menderitanya karena pastinya akan cukup banyak mengganggu aktivitasmu sehari-hari.
  • Badan Mudah Lelah dan Lemas: Penurunan daya tahan tubuh karena kurang tidur bisa diketahui ketika badanmu lebih mudah lelah dan sering merasa lemas. Biasanya, kurang tidur akan membuat pelakunya melakukan pembalasan, yaitu tidur pagi sampai siang, bahkan sampai sore. Hal ini tentu saja tidak hanya dapat menggangu aktivitas sehari-hari, tetapi akan menyebabkan penurunan daya tahan tubuh karena kurang olahraga dan kurang bergerak.
  • Malas Menjalankan Aktivitas: Salah satu dampak buruk yang didapatkan seseorang karena sering begadang adalah kecenderungan pada rasa malas menjalankan aktivitas. Ini dipicu karena tubuh yang terasa lelah dan lemas. Apabila hal ini terus dibiarkan, maka merugikan pelakunya sendiri.

2. Begadang Menimbulkan Beberapa Penyakit Serius

Alasan yang paling perlu kamu pertimbangkan kembali jika kamu sering begadang adalah karena begadang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Ini seharusnya menjadi dampak buruk begadang yang tidak boleh disepelekan. Adapun beberapa penyakit yang bisa timbul karena keseringan begadang antara lain adalah sebagai berikut:

  • Penyakit Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi: Kebiasaan begadang akan menyebabkan tekanan darah meningkat. Penelitian dari Columbia University tahun 2006, menunjukkan hasil bahwa seseoang yang tidur malam antara 5 jam bahkan kurang beresiko terkena hypertensi dua kali lipat daripada mereka yang tidur antara 7 – 8 jam.
  • Penyakit Stroke: penyakit ini mungkin menjadi penyakit yang cukup mengerikan yang disebabkan karena tekanan darah tinggi. Kurang tidur dapat menyebabkan tekanan darah meningkat yang juga menyebabkan terserang stroke. 
  • Diabetes atau Kencing Manis: University Chicago, America Serikat, melakukan sebuah penelitian dalam 6 hari pada sejumlah orang, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat proses metabolisme kadar gula yang kurang wajar dalam tubuh bagi beberapa sample orang yang tidur kurang dari 6 jam, di mana hal ini akan dapat menyebabkan penyakit diabetes.
  • Serangan Jantung: Penyakit ini disebabkan karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah utama yang mengalirkan darak ke jantung. Namun, bagi mereka penderita penyakit jantung sangat disarankan agar tidur secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang tidak berlemak. Dan tentu saja masih banyak penyakit lain yang diderita karena kurang tidur atau sering begadang.

3. Begadang Menyebabkan Insomnia

Salah satu dampak buruk bagi pelaku yang sering begadang adalah dapat menyebabkan insomnia. Terlalu sering tidur larut malam bahkan sampai pagi baru tidur akan menyebabkan perubahan tidak normal pada jam-jam tidur. Jika hal ini terus dilakukan, maka akan menjadi kebiasaan yang cukup sulit untuk dicegah. Masalahnya adalah jika kamu tidur pada jam-jam awal, maka pasti kamu akan kesulitan untuk tidur, inilah yang disebut insomnia.

4. Begadang Dapat Mengganggu Aktivitas Siang Hari Karena Bangun Tidur Kesiangan

Sudah menjadi hal yang umum jika seseorang begadang, maka waktu pembalasan tidur akan memakan waktu yang seharusnya digunakan pada saat bangun. Dan tentu saja hal ini akan mengganggu beberapa aktivitas pada siang hari, misalnya mengantuk saat belajar dan bekarja, bolos kerja, bolos sekolah, kurang semangat karena tubuh terasa lemas, dan lainnya.

Baca juga : 7 Pengaruh dan Dampak Buruk Tidur Pagi Hari.

5. Dampak Buruk Begadang Mempengaruhi Kinerja Otak

Ternyata, kurang tidur akibat begadang tidak hanya dapat mempengaruhi kondisi tubuh, tetapi juga berdampak buruk pada kinerja otak. Kurang tidur akan menyebabkan proses regenerasi sel pada otak terganggu, sehingga hal ini akan menyebabkan beberapa masalah bagi si pelaku, misalnya:

  • Kurang konsentrasi dan fokus
  • Mudah stress dan depresi
  • Memicu rasa gelisah
  • Menjadi pelupa
  • Melakukan hal-hal ceroboh, dan lain-lain.

6. Begadang Menyebabkan Kegemukan

Kurang tidur tidak hanya menggangu keseimbangan kadar gula dalam tubuh, tetapi juga akan menyebabkan tubuh seseorang lebih banyak memproduksi hormon ghrelin (hormon yang menguatkan nafsu makan) dan lebih sedikit memperoduksi hormon leptin (hormon yang mengendalikan nafsu makan).

Tak heran jika seeorang kurang tidur, maka dia lebih mudah merasa lapar sehingga dia sangat bernafsu untuk menyantap makanan berlemak dan banyak karbohidrat. Jika dia tidak mampu mengendalikan nafsu makan berlebih, hal ini akan menyebabkan kegemukan.

7. Begadang Menjadikan Wajah Agak Pucat

Dampak buruk karena sering begadang menyebabkan wajah tampak tidak segar dan sedikit pucat. Ini dikarenakan karena pola tidur yang tidak teratur dan kurangnya porsi waktu untuk tidur. Dengan penampilan wajah yang sedikit pucat, ini dapat pelakunya kurang percaya diri dalam berinteraksi sosial.

8. Begadang Menyebabkan Mata Panda

Selain membuat wajah terlihat sedikit pucat, dampak buruk karena keseringan begadang dapat menyebabkan mata panda. Mata panda sendiri adalah adanya lingkaran berwarna agak hitam di area kantung mata. Memang ini bukanlah penyakit atau gejalanya, tetapi tetap saja mengurangi performa wajah yang indah.

9. Begadang Dapat Menyebabkan Hilangnya Rizki

Seperti yang telah kita ketahui bahwa seseorang yang sering begadang cenderung lebih tidur di waktu pagi. Padahal dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW bersabda:

الصُّبْحَةَ تَمْنَعُ الرِّزْقَ

"Tidur di pagi hari dapat mencegah rizki".

Nah, kamu dapat melogikakan riwayat hadits di atas, tidur di waktu pagi merupakan sebuah celaan dalam agama islam. Waktu pagi merupakan waktu turunnya rizki dan waktu untuk mengais rizki, tidak seharusnya waktu pagi digunakan untuk tidur.

Apabila pelakunya menghabiskan waktu pagi sampai siang karena begadang, wajar saja ia seolah mengabaikan waktu yang seharusnya ia manfaatkan untuk mendapatkan rizki, misalnya bekerja. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa begadang dapat berdampak buruk pada hilangnya rizki.


Kesimpulan

Begadang merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari oleh banyak orang, tak hanya remaja, tetapi juga orang dewasa. Hal ini dikarenakan banyaknya dampak buruk yang akan didapat pelakunya. Apabila kebiasaan buruk ini tetap dibiarkan, maka tentu dapat merugikan pelakunya sendiri.