10 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Pakaian Baru

Pakaian merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan Anda sehari-hari, karena mau tidak mau, Anda pasti ingin tampil lebih baik di depan orang lain. Ya, bagusnya pakaian yang Anda kenakan mencerminkan bagusnya performa tubuh Anda di hadapan orang lain.

Anda pun tahu bahwa kini kualitas dan produksi pakaian pun semakin lebih baik, bahkan selalu ada model pakaian yang trending setiap tahunnya, sehingga Anda mungkin ingin memiliki dan membeli pakaian-pakaian trending zaman ini. Untuk itulah di sini ada beberapa tips sebagai bahan pertimbangan sebelum Anda membeli pakaian baru :

1. Bulatkan Keinginan Anda Untuk Membeli Pakaian Terlebih Dahulu

Pertama, Anda perlu membulatkan keinginan untuk membeli pakaian terlebih dahulu, karena siapa tahu mungkin keinginan Anda hilang begitu saja setelah sampai di tempat pembelanjaan pakaian. Kalau sudah demikian, pastinya Anda sama saja membuang-buang waktu karena mengurungkan niat membeli.

Dan sebaiknya, Anda juga perlu mempertimbangkan keinginan dan niat kembali bahwa Anda tidak membeli pakaian hanya sekedar untuk pamer dan menyombongkan diri, karena kenikmatan dalam mengenakan pakaian hanya akan bersifat semu.

2. Belanjalah di Tempat Yang Terpercaya

Kemudian, pergilah ke tempat pembelanjaan atau toko pakaian yang terpercaya, misalnya di mall atau toko besar pakaian. Jika Anda ingin membeli pakaian tren via online, sangat direkomendasikan membeli pada situs-situs terpercaya. Hindari membeli pakaian dari personal yang tidak dikenal, bisa saja Anda mungkin menjadi korban penipuan atau kekecewaan setelah membeli.

3. Pakaian Trending Masa Kini Membuat Anda Lebih Percaya Diri

Memang sudah menjadi watak manusia sesuatu yang baru lebih disukai daripada yang lama. Jadi, agar lebih menentramkan hati saat mengenakan pakaian baru, membeli pakaian trending masa kini jelas memberikan kesan lebih menarik bagi diri sendiri di hadapan orang lain, tapi ingat jangan pernah sombong.

4. Pastikan Anda Belum Memiliki Pakaian Yang Akan Dibeli

Pakaian baru yang akan Anda beli hendaknya tidak sama atau berjenis sama dengan pakaian-pakaian Anda di rumah. Mengapa ? karena tingkat kebosanan terhadap pakaian baru itu juga lebih cepat disebabkan Anda sudah mempunyai pakaian yang sama atau berjenis sama.

5. Pastikan Keselarasan Pakaian Dengan Tubuh Anda

Anda juga perlu mengecek keselarasan ukuran pakaian baru tersebut dengan tubuh Anda dengan meminta izin kepada penjual untuk mencobanya. Jika Anda membeli pakaian baru via online, pastikan Anda sudah mengerti berapa ukuran pakaian yang pas dengan tubuh Anda. Jangan sampai pakaian baru yang sudah Anda beli memiliki ukuran lebih kecil atau lebih besar.

Tetapi, saya sangat merekomendasikan untuk tidak membeli pakaian baru via online pada tips point ini. Anda tahu bahwa ukuran pakaian adalah S, M, L, XL, XXL, dan ukuran nomor, tetapi terkadang ukuran yang sama memiliki besar yang tidak sama, jadi mencoba keselarasan pakaian secara langsung dapat mencegah kekecewaan akibat salah ukuran.

6. Pilih Kombinasi Warna Yang Cocok

Kadang, Anda juga ingin membeli sepasang pakaian, misalnya celana dan baju, yang perlu Anda pertimbangkan adalah kecocokan warna antara sepasang pakaian tersebut. Kecocokan antara kombinasi warna akan menambah daya tarik tersendiri bagi yang memandang. Jika Anda memang kurang pandai dalam memilih kombinasi warna, Anda bisa bertanya pada teman atau penjual. Dan jika tidak, pilih saja warna berdasarkan warna favorite.

7. Periksa Bahwa Tidak Ada Kerusakan Pada Pakaian

Anda pasti tidak ingin merasa kecewa setelah membeli pakaian baru, misalnya ada noda atau sedikit robek pada pakaian itu. Jadi, Anda harus memeriksa dengan cermat bahwa pakaian baru yang akan Anda beli tidak memiliki semacam kerusakan atau noda kotor

8. Periksa Pula Kualitas Bahan Pakaian

Selanjutnya, Anda juga harus memerika kualitas bahan pakaian baru itu. Kualitas bahan pakaian di sini tidak hanya berarti bahan pakaian itu akan awet dan tahan lama, tetapi juga nyaman ketika dikenakan, jadi jangan hanya asal milih berdasarkan selera.

9. Harga Cukup Terjangkau

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli pakaian baru itu, Anda perlu mempertimbangkan berapa harga dan berapa uang yang Anda miliki. Bila perlu, Anda pun bisa membanding-bandingkan harga sama pada berberapa toko pakaian. Tidak masalah jika kualitas pakaian bagus dengan harga cukup mahal, sedangkan Anda juga memiliki anggaran cukup untuk membelinya.

10. Sebaiknya Membeli Pakaian Yang Tidak Fulgar

Perlu Anda ketahui bahwa pakaian-pakaian yang sedang tren di masa ini adalah pakaian-pakaian yang fulgar, terbuka, dan mengumbar aurat tubuh. Terus terang secara pribadi saya tidak menyarankan untuk membelinya meskipun pakaian itu bagus. Saya hanya menyarankan untuk membeli pakaian yang sopan dan ramah dalam berhubungan sosial, saya kira itulah yang terbaik bagi bahkan bagi agama.