Doa Seusai Membaca Al-Qur'an dan Terjemahnya

Doa Seusai Membaca Al-Qur'an dan Terjemahnya

Adalah sebuah adab baik jika seusai membaca Al-Qur’an kita turut mengikutinya dengan bacaan doa, karena doa tersebut merupakan permohonan kepada Allah SWT agar kita senantiasa mendapatkan rohmat-Nya lantaran membaca kalam-kalam suci-Nya.

Salah satu doa seusai membaca Al-Qur’an yang mungkin sudah kita kenal akan saya tulis pada posting ini beserta dengan terjemahnya. Kita pastinya sudah mempelajari doa ini sewaktu masih berada di sekolah dasar, sekolah madrasah, mengaji di TPQ, atau pendidikan diniyah islamiyah.

Di beberapa blog dan media sosial online lainnya, doa ini juga dikenal sebagai Doa Khotmil Qur’an memang begitu juga berdasarkan beberapa riwayat dalam kitab. Tetapi, saya rasa akan lebih pantas jika doa ini dibaca seusai membaca Al-Qur’an, seperti halnya guru-guru kita dulu. Sedangkan kita sendiri sudah tahu bahwa doa khotmil Qur’an merupakan doa yang panjang dan sudah ada di dalam Al-Qur’an pada lembaran terakhir.

Baca juga : Doa Khatam Al-Qur'an Dari Nabi SAW dan Terjemahnya.


Doa Seusai Membaca Al-Qur'an dan Terjemahnya

Langsung saja tanpa memanjangkan kata, berikut ini adalah doa yang dibaca seusai membaca Al-Qur’an :

Doa Seusai Membaca Al-Qur'an Untuk Diri Sendiri

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِالْقُرْآنِ، وَاجْعَلْهُ لِيْ اِمَامًا وَّنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً، اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَانَسِيْتُ وَعَلِّمْنِيْ مِنْهُ مَاجَهِلْتُ، وَارْزُقْنِيْ تِلاَوَتَهُ اٰنآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارِ، وَاجْعَلْهُ لِيْ حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Ya Allah, rohmatilah aku dengan Al-Qur'an, jadikan ia bagiku sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rohmat. Ya Allah, ingatkanlah aku darinya apa yang telah aku lupa dan ajarkan aku darinya apa yang aku tidak tahu, berikanlah rizki (anugerah kesempatan) kepadaku untuk membacanya di pertengahan malam dan di pucuk hari, dan jadikanlah ia bagiku sebagai hujjah, Wahai Tuhan semesta Alam".

Doa Seusai Membaca Al-Qur'an Untuk Orang Banyak

اَللّٰهُمَّ ارْحَمْنَا بِالْقُرْآنِ، وَاجْعَلْهُ لَنَا اِمَامًا وَّنُوْرًا وَّهُدًى وَّرَحْمَةً، اَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَانَسِيْنَا وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَاجَهِلْنَا، وَارْزُقْنَا تِلاَوَتَهُ اٰنآءَ اللَّيْلِ وَاَطْرَافَ النَّهَارِ، وَاجْعَلْهُ لَنَا حُجَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Ya Allah, rohmatilah kami dengan Al-Qur'an, jadikan ia bagi kami sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rohmat. Ya Allah, ingatkanlah kami darinya apa yang telah kami lupa dan ajarkan kami darinya apa yang kami tidak tahu, berikanlah rizki (anugerah kesempatan) kepada kami untuk membacanya di pertengahan malam dan di pucuk hari, dan jadikanlah ia bagi kami sebagai hujjah, Wahai Tuhan semesta Alam".