Pengertian, Fadhilah, dan Lafadz Sholawat Munjiyat Serta Terjemah

Pengertian, Fadhilah, dan Lafadz Sholawat Munjiyat Serta Terjemah

Sholawat memilik banyak macam dan jenis, mulai dari sholawat yang kalimatnya pendek sampai sholawat yang kalimatnya panjang sekali. Bacaan sholawat-sholawat tersebut merupakan ekspresi yang diungkapkan dari para perindu Rosulullah SAW.

Dari banyaknya macam sholawat, pasti fadhilah dan keutamaannya berbeda-beda jika didasarkan pada niat pembaca. Tetapi, tujuannya adalah sama yaitu mendoakan Rosulullah SAW sebagai bentuk cinta kepada Beliau dengan harapan mendapatkan syafa’at di hari kiamat.

Pengertian Sholawat Munjiyat
Salah satu jenis sholawat yang akan kita bahas singkat kali ini adalah sholawat munjiyat. Secara bahasa lafadz “munjiyat” berasal dari wazan “af’ala” yaitu “anja” yang artinya menyelamatkan, sedangkan sholawat mujiyat berarti sholawat penyelamat.

Fadhilah dan Keutamaan Sholawat Munjiyat
Tentunya, banyak sekali fadhilah dan keutamaan dalam membaca sholawat munjiyat, dan seperti yang telah diulas di atas bahwa tujuan utama membaca sholawat adalah mengharap syafa’at Rosulullah SAW pada yaumul akhir. Namun, jika diniatkan dengan niatan tertentu, mengsitiqomahkan membaca sholawat munjiyat memiliki beberapa fadhilah dan keutamaan sebagaimana berikut ini :

1. Memberikan keselamatan dari kesulitan dan marabahaya
2. Mendatangkan hajat
3. Mensucikan dari semua keburukan
4. Mendapatkan keluhuran derajat
5. Mendapatkan banyak kebaikan baik sebelum dan sesudah mati

Lafadz Bacaan Sholawat Munjiyat
Adapun lafadz dan bacaan sholawat munjiyat bisa dilihat pada kalimat di bawah ini :

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، صَلَاةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْاَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ، وَتَقْضِى لَنَا بِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ، وَتَطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ، وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ، وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِي الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ، وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، اِنَّكَ عَلٰى كَلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ
Artinya :
"Ya Allah, limpahkanlah rahmat ta'dhim kepada baginda kami, Nabi Muhammad, dengan rahmat ta'dhim yang karena rahmat itu Engkau menyelamatkan kami dari semua keadaan menakutkan dan mala petaka. Karena rahmat itu, Engkau mendatangkan semua hajat kami. Karena rahmat itu, Engkau mensucikan kami dari semua keburukan. Karena rahmat itu, Engkau mengangkat kami pada derajat yang paling luhur. Dan karena rahmat itu, Engkau menyampaikan kami pada puncak tujuan yang merupakan semua kebaikan di dalam kehidupan dan sesudah kematian, serta para keluarga dan sahabat beliau. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu".

Baca juga :
Kumpulan Lirik dan Terjemah Lagu Sholawat
Kumpulan Bacaan dan Doa Sehari-hari Serta Terjemah Lengkap.