Kumpulan Lirik dan Terjemah Lagu Sholawat


Sholawat merupakan doa yang dipanjatkan oleh seorang hamba muslim agar Allah SWT senantiasa memberikan rohmat ta'dhim dan kesejahteraan kepada Nabi Muhammad SAW, sebagaimana Dia telah memerintahkan kepada umat muslim untuk bersholawat dalam salah satu Firman-Nya :

إِنَّ اللّٰهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا
"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya" (Al-Ahzab : 56).

Adapun perintah bersholawat ini bisa direalisasikan dalam berbagai macam cara, baik bersholawat dengan cara dzikir maupun bersholawat dengan cara melantunkan lagu. Ya, menurut beberapa ulama', doa sholawat yang dipanjatkan, entah itu dalam keadaan hati yang khusyu' atau tidak, pasti akan sampai kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca lebih lenjut : Hikmah dan Keutamaan Membaca Sholawat Nabi SAW.

Untuk itulah, wajar sekali di Indonesia banyak lantunan sholawat yang diwujudkan ke dalam berbagai macam versi forum dzikir, seperti istighosah, manaqib, diba', dan lainnya, maupun versi musik, baik banjari, gambus, qasidah, dan lain sebagainya.

Dan meskipun cara-caranya berbeda, tentu saja tidak terlintas di dalam hati pembaca sholawat kecuali harapan agar kelak di hari kiamat akan mendapatkan syafa'at dari Nabi Muhammad SAW, meskipun harapan itu tidaklah murni.

Menitik dari pembahasan ini, maka pada posting ini akan menuliskan jenis sholawat, lagu sholawat, syair-syair qasidah, yang mana sebagian kecilnya sudah dirangkum ke dalam link-link berikut ini :

Sholawat :
Sholawat Nariyyah
Sholawat Thibbil Qulub (Pengobat Hati)
Sholawat Munjiyat (Penyelamat)
Sholawat Fatikh (Pembuka)
Sholawat Nuril Anwar
Sholawat Asyghil
Sholawat Nahdlatul Ulama' (NU)
Doa Sayyidul Istighfar (Gustinya Istighfar)
Li Khomsatun Uthfi Biha Harral Wabah (Wirid Penolak Wabah Menular)

Lagu Sholawat :
Ya Robbi Sholli Ala Muhammad (Maulid Diba')
Ya Rosulallah Salamun Alain (Maulid Diba')
Sholatullahi Ma Lahat Kawakib (Maulid Diba')
Ya Badrotim (Maulid Diba') 
Ya Khoiro Maulud
Sholatullah Salamullah (Sholawat Badar)
Sakinarruh
Annabi Shollu Alaih
Tanggapan :