Pengertian dan Pembagian Waqaf Dalam Ilmu Tajwid

Dalam ilmu tajwid, waqaf berarti berhenti pada kalimat tertentu, sedangkan washal berarti meneruskan bacaan kalimat.

Pengertian dan Pembagian Waqaf Dalam Ilmu Tajwid

Dalam ilmu tajwid, kita mengenal istilah “waqaf dan washal” yang lebih banyak ditemui pada huruf-huruf kecil yang berada di atas, baik di tengah kalimat maupun di akhir kalimat dalam Al-Qur’an. Dari keduanya, ada perbedaan yang cukup mencolok yang harus kita diperhatikan dalam membaca Al-Qur’an agar dapat meminimalisir kesalahan bacaan. Berikut adalah pengertiannya :

Pengertian Washal (وَصَلْ)
Washal berarti sambung atau terus

Pengertian Waqaf (وَقَفْ)
Waqaf berarti berhenti. Namun, untuk mengetahui tentang bacaan waqaf lebih lanjut maka perlu diperhatikan tentang pembagian waqaf sebagai berikut ini :

Baca juga : 
Macam-Macam Tanda Waqaf Dalam Bacaan Al-Qur'an.
9 Cara Membaca Kalimat Yang Diwaqafkan Dalam Ayat Al-Qur'an.

Pembagian Waqaf
Jika dilihat dari sudut pandang baik dan tidaknya cara berhenti ketika membaca Al-Qur’an, maka waqaf dibagi menjadi 4 bagian, yaitu :

1. Waqaf Tam (وَقَفْ تَامّ)
Menurut bahasa “tam” berarti sempurna. Sedangkan menurut istilah adalah waqaf (berhenti) pada kalimat yang tidak berkaitan dengan kalimat sesudahnya dan kalimat sebelumnya, baik berkaitan dengan lafadz maupun maknanya.

Contoh waqaf pada akhir Surat Al-Baqarah ayat 5 :
أُولَٰئِكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ
Waqaf pada kalimat “الْمُفْلِحُوْنَ” dinamakan waqaf tam karena kalimat itu merupakan :
  • Kalimat penutup dari segi lafadz karena berada di akhir ayat.
  • Kalimat penutup dari segi maknanya karena ayat 1 – 5 Allah SWT menjelaskan orang-orang mukmin, kemudian pada ayat 6 dan seterusnya Allah SWT mengalihkan penjelasan tentang orang-orang kafir.

2. Waqaf Kaf (وَقَفْ كَافْ)
Menurut bahasa “kaf” artinya cukup. Sedangkan menurut istilah adalah waqaf (berhenti) pada kalimat yang tidak berkaitan dengan kalimat sesudahnya dan kalimat sebelumnya, dari segi lafadz, tidak dari segi maknanya.

Contoh pada akhir Surat Al-Baqarah ayat 4 :
وَالَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْكَ وَمَا أُنْزِلَ مِنْ قَبْلِكَ وَبِالْآخِرَةِ هُمْ يُوْقِنُوْنَ
Waqaf pada kalimat “يُوْقِنُوْنَ” dinamakan waqaf kaf karena kalimat itu merupakan :
  • Kalimat penutup dari segi lafadz karena berada di akhir ayat
  • Bukan kalimat penutup dari segi makna karena pada lafadz “أُولَٰئِكَ” (lihat ayat 5 di atas) masih merujuk pada kalimat “لِلْمُتَّقِيْنَ” (lihat ayat 2 Surat Al-Baqarah).

3. Waqaf Hasan (وَقَفْ حَسَنْ)
Menurut bahasa “hasan” berarti baik dan bagus. Sedangkan menurut istilah adalah waqaf (berhenti) pada kalimat yang masih berkaitan dengan kalimat sesudahnya dan kalimat sebelumnya, dari segi lafadz, dengan syarat kalimat tersebut adalah kalimat sempurna.

Contoh waqaf pada Surat Al-Baqarah ayat 5 :
أُولَٰئِكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ
Waqaf pada kalimat “مِنْ رَّبِّهِمْ” dinamakan waqaf hasan karena kalimat itu menunjukkan kalimat yang sempurna tetapi masih berkaitan dengan kalimat sesudahnya (lihat ayat 5 di atas).

4. Waqaf Qabih (وَقَفْ قَبِيحْ)
Menurut bahasa “qabih” berarti buruk. Sedangkan menurut istilah adalah waqaf (berhenti) pada kalimat yang belum sempurna, di mana kalimat itu masih berkaitan dengan kalimat sesudahnya dan kalimat sebelumnya, baik dari segi lafadz maupun makna.

Contoh waqaf pada Surat Al-Baqarah ayat 5 :
أُولَٰئِكَ عَلٰى هُدًى مِّنْ رَّبِّهِمْ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ
Yaitu waqaf pada kalimat “أُولَٰئِكَ” atau “عَلٰى هُدًى”, kalimat tersebut masih belum sempurna makna dan lafadznya.

COMMENTS

Nama

Android,46,Aswaja,19,Bisnis Online,20,Blogging,163,Doa-doa,40,Fiqih,20,Gaming,15,Inspirasi,54,Internet,87,Keluarga,29,Kisah teladan,51,Komputer,13,Life,95,Pekerjaan,10,Pendidikan,24,Relationship,25,Religi,52,Tajwid,30,Tips,42,
ltr
item
Pelangi Blog: Pengertian dan Pembagian Waqaf Dalam Ilmu Tajwid
Pengertian dan Pembagian Waqaf Dalam Ilmu Tajwid
Dalam ilmu tajwid, waqaf berarti berhenti pada kalimat tertentu, sedangkan washal berarti meneruskan bacaan kalimat.
https://2.bp.blogspot.com/-vHapyPYhwBM/WnePbTZdnjI/AAAAAAAAEio/eqNWGcrbjfY-Oq6Gr0DHJqTA-XZtNyV7wCPcBGAYYCw/s640/Hukum%2BBacaan%2BMad%2BTamkin%2Bdan%2BContoh%2BLengkap.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-vHapyPYhwBM/WnePbTZdnjI/AAAAAAAAEio/eqNWGcrbjfY-Oq6Gr0DHJqTA-XZtNyV7wCPcBGAYYCw/s72-c/Hukum%2BBacaan%2BMad%2BTamkin%2Bdan%2BContoh%2BLengkap.jpg
Pelangi Blog
https://www.pelangiblog.com/2018/02/pengertian-dan-pembagian-waqaf-dalam.html
https://www.pelangiblog.com/
https://www.pelangiblog.com/
https://www.pelangiblog.com/2018/02/pengertian-dan-pembagian-waqaf-dalam.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy