15 Penyebab Koneksi Internet Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

Kendala yang paling sering ditemui oleh banyaknya pengguna smartphone adalah masalah lemotnya koneksi internet. Ini penyebabnya dan cara mengatasinya !!!

15 Penyebab Koneksi Internet Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya

Kemajuan sumber daya manusia (SDM) dalam teknologi mobile saat ini sangat bisa kita rasakan pada smartphone yang berbasis system android. Dengan sebuah smartphone genggam kita bisa mengakses informasi dan berinteraksi dengan orang-orang di seluruh dunia.

Namun, kendala yang sering ditemui oleh banyaknya pengguna smartphone adalah masalah lemotnya koneksi internet. Tentu saja ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa koneksi internet smartphone lemot, seperti berikut ini :

1. Lemahnya Jaringan 3G – 4G di Daerah-Daerah Tertentu
Lemotnya koneksi internet pada paket data bisa dikarenakan lemahnya jaringan 3G atau 4G, ini biasanya terjadi pada daerah pedesaan.

Cara Mengatasi :
Jika jaringan internet 3G atau 4G di daerahmu memang lemah, maka kamu hanya perlu bersabar dan berharap agar perusahan provider jaringan segera meluaskan jaringannya hingga di daerahmu.

Nah, kamu bisa mengecek lemah atau tidaknya jaringan 3G – 4G di daerahmu, silahkan kunjungi di sini : Cara Mengukur dan Mengetahui Sinyal 3G/4G Seluler Terkuat Di Daerah Anda.

2. Smartphone Tidak Support Jaringan 4G
Secara umum, jaringan 4G memiliki kecepatan internet yang jauh melebihi jaringan 3G. Namun, banyak kasus yang menunjukkan smartphone tidak support jaringan 4G. Hal ini biasa terjadi karena membeli smartphone dengan room abal-abal.

Cara Mengatasi :
Update room pada smartphonemu secara online, karena biasanya device room smartphone update terbaru sudah support jaringan 4G. Kamu  bisa melakukannya pada setelah “About Phone – System Update”.

Jika tidak ada notifikasi update room terbaru, maka kamu bisa melakukan flash ulang pada teman yang ahli atau melakukan servis di counter-counter terdekat.


3. Kartu Perdana Tidak Support Jaringan 4G
Tidak supportnya jaringan 4G tidak hanya terjadi pada smartphone dengan room abal-abal, tetapi juga pada kartu perdana yang kamu gunakan. Ini biasa terjadi pada kartu-kartu perdana yang sudah lama.

Cara Mengatasi :
Silahkan cek terlebih dahulu dengan call *#*#4636#*#* pada menu smartphonemu, lalu pilih menu “Lte Only”. Jika jaringan 4G masih belum muncul padahal di daerahmu sudah ada jaringan 4G maka segera pergi ke gerai jenis kartu perdana yang kamu gunakan untuk upgrade kartu perdana ke jaringan 4G.

4. Lemahnya Jaringan Karena Perubahan Cuaca
Perubahan cuaca bisanya juga berdampak pada lemotnya koneksi internet, baik pada paket data maupun wifi. Saya yakin hal ini sudah biasa terjadi ketika mendung dan hujan deras.

Cara Mengatasi :
Silahkan bersabar, perbanyak baca istighfar, dan tunggu sampai cuaca kembali normal.

5. Banyaknya Pengguna di Waktu Tertentu
Bagi pengguna paket data internet di smartphone, kamu pun pasti terbiasa mendapati koneksi internet semakin lemot pada jam-jam tertentu. Tak perlu terkejut karena pada jam-jam itu merupakan padatnya aktivitas pengguna internet di daerahmu. Hal seperti ini juga berlaku ketika pada momen-momen tertentu, misanya pada hari-hari menjelang Idul Fitri dan sebagainya.

Cara Mengatasi :
Silahkan bersabar dan tunggulah beberapa waktu kemudian sambil membaca dzikir.

6. Gangguan Jaringan  Server
Lemotnya koneksi internet pada smartphone juga bisa terjadi karena adanya gangguan pada jaringan server.

Cara Mengatasi :
Silahkan bersabar dan perbanyak waktu untuk baca Al-Qur’an.

7. Salah Pembelian Paket Data
Kamu pun perlu lebih teliti ketika membeli paket data internet yang akan kamu gunakan. Misalnya di daerahmu tidak mendukung jaringan 4G, tetapi kamu malah membeli paket data internet untuk jaringan 4G saja. Atau, kuota sedikit untuk full internet 24 jam sedangkan kuota besar lainnya hanya untuk chatting, wajar jika beberapa kamu hanya bisa melakukan akses internet ke semuanya untuk sementara waktu, ini kesalahan fatal.

Terkadang, kamu pun lebih suka membeli perdana-perdana murah yang menyediakan kuota internet besar. Namun, dalam salah satu kasus pembelian paket internet pada kartu perdana baru, justru kecepatan internet terbatasi,

Baca lebih lanjut :
Cara Mengukur dan Mengetahui Sinyal 3G/4G Seluler Terkuat Di Daerah Anda.
Perdana Indosat Ooredoo Murah - Kuota Besar, Tapi Internet Lemot ?.

Cara Mengatasi :
Ketahui terlebih dahulu paket data internet yang akan kamu beli dengan detail.

8. Banyaknya Aplikasi Yang Berjalan Secara Online
Banyaknya aplikasi terinstall dalam smartphonemu yang berjalan secara online pastinya menyebabkan koneksi internetmu terbagi-bagi dan melambat, misalnya auto sync (sinkron), auto update, dan lain sebaginya.

Cara Mengatasi :
Disable aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan, kamu bisa melakukannya pada pengaturan aplikasi yang terinstall.

9. Salah Melakukan Setelan Pada Smartphone
Salah pengaturan bisa juga menyebabkan koneksi internet berjalan tidak stabil alias lemot, misalnya salah menggunakan proxy, VPN, username, dan password pada pengaturan jaringan. Atau kamu secara tidak sengaja membatasi koneksi internet dalam kecepatan tertentu pada setelan smartphone.

Cara Mengatasi :
Jangan otak-atik setelah jaringan pada smartphone jika kamu tidak tahu fungsinya. Kembalikan setelan jaringan dan smartphone ke setelan default.

10. Pengaruh Walware atau Virus
Jika kamu sering download ngawur dan seringnya menghubungkan smartphone dengan PC, maka tidak menutup kemungkinan hal itu bisa menjadi peluang walware dan virus menggerogoti perangkat lunak smartphonemu, bahkan menyebabkan koneksi internet semakin lemot.

Cara Mengatasi :
Sering-seringlah scan smartphone dengan antivirus, bila perlu gunakan antivirus terpercaya. Sebagai bentuk pencegahan, jangan download link-link tidak jelas secara sembarangan di internet.

11. Menumpuknya Data-Data Penjelajah di Browser
Apapun aktivitas yang kamu kerjakan dalam smartphone pasti sisa-sisa dari aktvitas itu akan tersimpan ke dalam smartphone dalam bentuk data-data kecil, seperti history, cookie, cache, data plugin, dan lain-lain. Data-data kecil tersebut merupakan sampah dalam smartphone yang bisa saja membuat koneksi internet lemot.

Cara Mengatasi :
Sering-sering gunakan system cleaner pada smartphone untuk menganalisis data yang tidak diperlukan dan menghapusnya. Hapus juga history, cookie, cache, dan lain sebaginya pada riwayat penjelajah di browsermu.

12. Lemahnya Perangkat Jaringan Pada Smartphone
Setiap smartphone memiliki kualitas berbeda-beda dalam penangkapan jaringan atau sinyal. Jika pada dasarnya perangkat jaringan memang lemah, maka sudah wajar jika koneksi internet pun lemot.

Cara Mengatasi :
Ganti dan beli smartphone baru.

13. Posisi Router Salah
Bagi kamu yang menggunakan wifi, salah satu alasan mengapa sinyal wifi memiliki kecepatan internet lemot adalah karena posisi router salah.

Cara Mengatasi :
Bereksperimenlah dengan mengganti-ganti posisi router, jika pasa salah satu posisi menunjukkan koneksi sudah cepat maka hal itu pun menunjukkan bahwa posisi router sudah mengarah tepat pada server.

14. Sinyal Wifi Terhalang Sesuatu
Pastikan antara server wifi dengan posisimu tidak ada penghalang seperti tembok, pepohonan, dan lain sebagainya, ini jelas akan menyebabkan koneksi internetmu lemot.

Cara Mengatasi :
Berpincah posisi di mana antara server wifi dengan posisimu tidak ada penghalang.

15. Gangguan Karena Perangkat Lain
Koneksi internet lemot pada wifi juga disebabkan karena adanya gangguan karena perangkat lain, seperti televisi, kulkas, microwave, dan lain sebagainya. Nyatanya, hal itu juga mempengaruhi kecepatan internet pada jaringan wifi.

Cara Mengatasi :
Letakkan server wifi pada tempat-tempat yang tidak bersebelahan dengan perangkat-perangkat tersebut.

COMMENTS

Nama

Bisnis Online,19,Blogging,88,Doa-doa,35,Elektronik,45,Fiqih,19,Gaming,15,Inspirasi,52,Internet,81,Keluarga,27,Kisah teladan,45,Life,90,Pekerjaan,9,Pendidikan,24,Relationship,25,Religi,48,Tajwid,29,Tips,42,Tutorial Blog,82,
ltr
item
Pelangi Blog: 15 Penyebab Koneksi Internet Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya
15 Penyebab Koneksi Internet Smartphone Lemot dan Cara Mengatasinya
Kendala yang paling sering ditemui oleh banyaknya pengguna smartphone adalah masalah lemotnya koneksi internet. Ini penyebabnya dan cara mengatasinya !!!
https://2.bp.blogspot.com/-hpq_LFObYnE/WquiS0U19rI/AAAAAAAAEmw/zveLGSha8qYaCv9VvZPoI90bF65raDZAQCLcBGAs/s640/smarphone%2Blemot.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-hpq_LFObYnE/WquiS0U19rI/AAAAAAAAEmw/zveLGSha8qYaCv9VvZPoI90bF65raDZAQCLcBGAs/s72-c/smarphone%2Blemot.jpg
Pelangi Blog
https://www.pelangiblog.com/2018/03/15-penyebab-koneksi-internet-smartphone.html
https://www.pelangiblog.com/
https://www.pelangiblog.com/
https://www.pelangiblog.com/2018/03/15-penyebab-koneksi-internet-smartphone.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy