7 Fungsi dan Manfaat Pakaian Bagi Manusia

7 Fungsi dan Manfaat Pakaian Bagi Manusia

Pakaian adalah sesuatu yang dikenakan untuk menutupi tubuh manusia dalam tujuan tertentu, misalnya menutupi aurat, menghiasi tubuh, melindungi tubuh, dan lain-lain.

Jika kita pernah mempelajari kehidupan manusia pada zaman pra sejarah, kita dikenalkan kehidupan manusia yang sangat minim pakaian. Bahkan sampai saat ini, kehidupan dengan minimnya pakaian pun masih ada, beberapa suku pedalam di sebagian negara masih mengenakan pakaian primitif yang terbuat dari bahan alami dedaunan.

Namun, perlu diketahui bahwa seiring dengan perkembangan peradaban manusia, pakaian telah dikembangakan dan diproduksi dari berbagai macam bahan berkualitas seperti kain, bulu, kulit, dan lain sebagainya, dengan dihiasi warna, corak, dan motif tertentu.

FUNGSI DAN MANFAAT PAKAIAN
Pakaian merupakan sumber primer (pokok) bagi manusia, di mana hal itu tercerminkan dalam fungsi dan manfaat penting yang perlu diketahui, di antaranya adalah :

1. Melindungi Tubuh
Fungsi dan manfaat pakaian yang paling utama adalah untuk melindungi tubuh dari berbagai macam cuaca dingin, cuaca panas dan terik matahari, bakteri penyebab penyakit, hujan, salju, dan lain sebagainya. Bahkan dalam keadaan tertentu, pakaian dapat melindungi manusia dalam kondisi berbahaya, misalnya pakaian perang melindungi dari senjata tajam, rompi anti peluru melindungi dari tembakan, dan penggunaan pakaian secara menyeluruh pada tubuh dapat melindungi dari wabah virus mematikan.

2. Menutup Aurat
Tentu saja sebagai seorang muslim, fungsi dan manfaat utama dalam mengenakan pakaian sebagai sumber pokok yang mencerminkan seorang muslim adalah untuk menutupi aurat. Pasalnya, menutup aurat bagi setiap muslim adalah sebuah kewajiban dalam menjalankan syariat agama. Adapun batas aurat menurut Imam Syafi'i adalah pusar sampai lutut bagi laki-laki dan seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan bagi wanita.

3. Menutupi Hal Memalukan Dari Tubuh
Tak hanya untuk menutup aurat, pakaian juga berfungsi untuk menutupi semua hal-hal yang memalukan dari tubuh seseorang, misalnya tubuh memiliki bekas luka, terdapat penyakit kulit dalam tubuh seperti panu, dan lain sebagainya.

4. Sebagai Penghias Tubuh Manusia
Tentu kita bisa membayangkan jika manusia hidup tanpa mengenakan pakaian, tentu saja hal itu akan terlihat kurang pantas, sehingga di sinilah pakaian memiliki fungsi dan manfaat sebagai penghias tubuh. Pasalnya, seseorang bisa telihat sangat menawan jika dilihat dari pakaian yang ia kenakan

5. Pakaian Sebagai Identitas dan Ciri Khas
Populasi manusia di seluruh dunia terbagi ke bermacam-macam perbedaan, perbedaan wilayah kenegaraan, agama, suku, bangsa, budaya dan adat istiadat, status sosial, dan lain sebagainya. Nah, dari berbagai macam perbedaan tersebut bisa diketahui hanya dari pakaian yang dikenakan.Dengan demikian, pakaian memiliki fungsi dan manfaat sebagai identitas dan ciri khas dari banyaknya perbedaan populasi manusia di atas.

6. Mempermudah Kelancaran Interaksi Sosial
Ternyata, pakaian juga mempengaruhi dalam berinteraksi sosial dalam masyarakat. Tentu saja hal ini tergantung pada waktu, tempat, dan keadaannya. Misalnya saja, pakaian seragam bagi seorang murid, pakaian yang rapi dan sopan bagi seorang karyawan perusahaan, pakaian compang camping bagi seorang petani, busana muslim bagi seorang ustadz, dan lain sebagainya.

7. Pakaian Sebagai Bentuk Usaha dan Ladang Bisnis
Nah, menilik dari pakaian yang merupakan kebutuhan utama bagi manusia, maka tentu saja produksi dan pemasaran pakaian tidaklah asing menjadi sebuah usaha dan ladang bisnis dalam kehidupan sehari-hari, baik secara offline maupun online. 
Tanggapan :