Download Kitab Ala La Tananul Ilma (PDF)

Download Kitab Ala La Tananul Ilma (PDF)

Download Kitab Ala La Tananul Ilma (PDF) - Kitab Ala La Tanalul Ilma merupakan salah satu kitab klasik sederhana yang biasa dikaji di dalam beberapa pondok pesantren. Kitab ini biasanya dijadikan sebagai materi dasar, baik dalam TPQ maupun madrasah diniyah pondok pesantren, bahkan dulu pernah dijadikan sebagai buku pegangan wajib di beberapa madrasah ibtidaiyyah.


Review Singkat Kitab Ala La Tanalu Ilma

Tentu saja kitab Ala La Tanalul Ilma ini sudah dikenal luas dalam dunia pendidikan islam, khususnya di daerah Jawa dan Madura, karena kontribusinya yang sudah dirasa dalam mendidik anak bangsa, meskipun saat ini pengajaran menggunakan kitab satu ini sudah terbilang cukup jarang.

Kitab Ala La Tanalul Ilma ini mengajarkan tentang dasaran pendidikan akhlaq dan tata krama, terutama akhlaq sebagai seorang santri atau murid dalam menuntut ilmu, baik akhlaq kepada guru, teman sepergaulan, dan diri sendiri.

Sebenarnya, Kitab Ala La Tanalul Ilma ini berbeda dengan kitab-kitab kuning klasik sederhana pada umumnya, di mana disertai dengan penjelasan dan beberapa dasar Al-Qur’an dan Hadits. Lebih tepatnya, kitab ini merupakan kumpulan dari beberapa bait syair atau nadhoman tentang akhlaq dalam menuntut ilmu.

Dari beberapa cetakan, Kitab Ala La Tanalul Ilma ini terpampang jelas di depan halaman dengan kalimat “Liba’dzit talamidz bi ma’hadil adhim Lirboyo Kediri” yang artinya adalah Untuk sebagai murid-murid di pondok yang agung, Lirboyo Kediri. Tentu saja hal ini menunjukkan bahwa kitab ini disusun di Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, yang merupakan salah satu pondok pesantren besar terkemuka di Indonesia.

Namun, di beberapa cetakan lainnya, dituliskan juga nama penyusun bait syair atau nadhomannya, yaitu Muhammad Abu Basyir Al-Dimawi. Tetapi yang jelas, kitab ini sangatlah menarik dan patut untuk dipelajari atau diajarkan sebagai dasaran ilmu akhlaq kepada para santri.


Download Kitab Ala La Tanalul Ilma (PDF) Dan Terjemah Indonesia Gratis

Nah, setelah beberapa kalimat demi kalimat di atas, maka pada kesempatan yang mudah-mudahan menjadikan kita semua memperoleh limpahan rahmat dari Allah SWT atas dasar niat yang baik, di sini ada file Kitab Ala La Tanalul Ilma dan terjemah Bahasa Indonesianya secara lengkap, dan bisa di download secara gratis pada link di bawah yang sudah disiapkan.

Namun, sebelum mendownloadnya, maka ada beberapa hal yang perlu disampaikan terkait file tersebut. File Kitab Ala La Tanalul Ilma nantinya adalah file dengan format PDF yang sudah disertai terjemah Bahasa Indonesianya secara lengkap. Nah, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada tabel informasi di bawah ini, semoga dapat memberikan manfaat dalam skala umum :

File Keterangan
Nama kitab Ala La Tanalul Ilma
Tema kitab Akhlaq dalam menuntut ilmu
Format file PDF
Ukuran file 199 Kb
Keterangan file Dengan makna Indonesia
Download file Kitab Ala La Tanalul Ilma
Terjemah Indonesia online Kitab Ala La Tananul Ilma

Kiranya file tersebut dapat dimanfaatkan demi menambah kemaslahatan bagi umum, terima kasih