Download Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah (PDF)

Download Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah dan Terjemah Lengkap

Download Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah (PDF) - Mayoritas umat Islam di Indonesia adalah masyarakat Islam yang mengikuti ajaran Islam para wali songo dan kemudian diajarkan oleh para kyai terdahulu. Corak keislamannya memiliki ciri khas menyatu dengan adat dan budaya Nusantara, ada tahlilan, yasinan, istighotsah, maulidan, ziarah kubur, dan lain sebagainya. Dan yang demikian itu dikenal dengan sebutan Islam Nusantara.

Gaya Islam Nusantara inilah yang sesuai dengan gaya faham Ahlus Sunnah Wal Jama'ah. Pasalnya, semua amaliyah yang dikerjakan tentu mengikuti para ulama' salaf yang lebih alim dan lebih ma'rifat kepada Allah SWT dan dasar-dasarnya pun terpapar jelas tanpa adanya penyelewengan syariat, baik budaya tahlilan, yasinan, istighotsah, maulidan, ziarah kubur, dan lain sebagainya. Yang membedakan hanya masalah praktek budaya yang dinilai ada sedikit perbedaan dengan budaya pada zaman Nabi SAW, sahabat, dan para ulama terdahulu.

Sayangnya, adat dan budaya-budaya yang disebutkan di atas dinilai menyimpang dan sesat oleh sebagian kaum yang notabennya adalah Wahabi. Tetapi, banyak karya ulama' salaf dalam kitab-kitabnya membantah tuduhan penyesatan itu, baik sampainya pahala shodaqoh dan membaca Al-Qur'an untuk mayit, ziarah kubur, tawassul, dan lain sebagainya.

Nah, salah satu kitab yang direkomendasikan dalam hal ini, yang di dalamnya terdapat penjelasan-penjelasan rinci mengenai bantahan tuduhan penyesatan oleh kaum Wahabi adalah Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah.


Review Singkat Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah

Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah adalah salah satu kitab karya ulama' asli Nusantara, yaitu Al-Maghfurlah KH. Ali Maksum (seperti gambar di atas bersama Gus Hilmy), Krapyak, Yogyakarta. Kitab ini sering kali dikaji di beberapa pondok pesantren Nahdhatul Ulama' untuk mempertahankan faham Ahlus Sunnah Wal Jamaah, sekaligus sebagai penangkal bagi para santri dan generasi muda bangsa agar tidak tertanam benih-benih faham Wahabi.

Sebenarnya, Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah memang disusun oleh Al-Maghfurlah KH. Ali Maksum, tetapi ada beberapa penambahan keterangan di dalamnya dari Al-Magfurlah KH. Ahmad Subki Masyhudi. Tentu saja semua penambahan tersebut sudah mendapatkan izin dari Al-Maghfurlah KH. Ali Maksum sendiri sebagaimana telah dijelaskan di halaman awal kitab ini.

Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah menjelaskan tentang bantahan atas amaliyah yang telah membudaya di dalam masyarakat Nahdlatul Ulama', baik sampainya pahal membaca Al-Qur'an untuk mayit, metode penentuan awal bulan Ramadhan dan bulan Syawal, sholat sunnah sebelum sholat Jum'at, adanya nikmat dan siksa kubur, ziarah kubur, ziarah makam Rasulullah SAW dan orang-orang sholeh, dan tawassul.

Penting untuk diketahui bahwa pendapat-pendapat yang diulas di dalam Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jama'ah, bukan murni pendapat dari Al-Maghfurlah KH. Ali Maksum dan Al-Magfurlah KH. Ahmad Subki Masyhudi, tetapi dari dasar Al-Qur'an, Hadits, dan pendapat para ulama' yang lebih alim dan lebih arif.

Tentu saja Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah ini sangat berkontribusi, menjadi amal jariyah, dan sangat bermanfaat bagi santri-santri pondok pesantren secara khusus dan masyarakat Islam di Indonesia secara umum.


Download Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah (PDF)

Adapun Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah (PDF) ini bisa didownload secara gratis pada tabel di bawah. Namun, file kitab yang disedikan ini tidak disertai terjemah Bahasa Indonesia atau terjemah makna pesantren, tetapi tak perlu khawatir karena Pelangi Blog sudah menyantumkan link terjemah Bahasa Indonesianya secara online :


File Keterangan
Nama kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah
Tema kitab Aswaja
Penyusun Al-Maghfurlah KH. Ali Maksum, Krapyak, Yogyakarta
Format file PDF
Ukuran file 633 Kb
Keterangan file tanpa makna
Download file Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah
Terjemah Indonesia online Kitab Hujjah Ahlus Sunnah Wal Jamaah