Cara Menyembunyikan Jumlah Subscriber Channel Youtube

Mengembangkan channel youtube agar menjadi seorang youtuber sukses memang bukanlah hal yang mudah semudah membalikkan tangan. Apalagi channel youtube yang dimulai dari nol, pastilah kerja keras dengan diimbangiide kreatif serta ketekunan, jauh lebih ditekankan.

Saya sendiri memiliki lebih dari satu channel youtube dengan email yang berbeda-beda. Sesuai dengan pengalaman saya, langkah awal dalam mengembangkan channel itulah yang paling berat. Bahkan pada awalnya, setelah mengupload beberapa video, satu bulan saja masih belum ada yang subscribe. Percayalah bahwa setiap usaha pasti menunjukkan ke jalan yang lebih mudah, 

Namun, jika channel sudah memperoleh banyak subscriber dan views (misalnya sampai puluhan ribu subscriber dan ratusan hingga jutaan viewer), maka usaha pengembangan channel jadi terasa lebih mudah. Tentu saja rasanya seolah usaha berat di awal-awal seperti terbayar.

Nah, beberapa di antara youtuber pemula yang masih memiliki subscriber dan viewer sangat sedikit pasti kadang merasa malu, sehingga memuncukan ide untuk menyembunyikan jumlah subscriber dari para viewer. Ya, muncullah pertanyaan tentang "cara agar jumlah subscriber tidak tampak oleh viewer", ini adalah hal yang wajar bagi para pemula tentunya.

Cara Menyembunyikan Jumlah Subscriber Channel Youtube

Terkait dengan ulasan singkat di ataslah, maka di sini Pelangi Blog akan menjelaskan cara untuk menyembunyikan jumlah subscriber dari para viewer. Dan setiap kali viewer datang berkunjung, maka tentu jumlah subscribernya tidak akan tampat dan tidak terlihat. Simak berikut tutorial dan caranya :

1. Masuk ke channel youtube
2. Klik "Foto Profil" di pojok kanan atas
3. Klik "Youtube Studio"
4. Klik "Setting"
5. Klik "Channel" - pilih menu "Advanced Settings"
6. Scroll ke bawah sampai pada sub "Subscriber Count"
7. Hilangkan centang pada "Display the number of people subscribed to my channel"
8. Klik "Save" untuk menyimpan.

Tutorial Video Menyembunyikan Jumlah Subscriber Channel Youtube

Jika penjelasan tutorial dengan tulisan di atas dirasa cukup membingungkan, maka kamu bisa menonton tutorial videonya di bawah agar lebih jelas dan paham :


Catatan Penting :
Memang, sebagian dari banyaknya youtuber yang sudah sukses, mereka menyembunyikan jumlah subscriber dari para viewer. Tentu saja ini bukan masalah bagi mereka, karena jumlah subscriber sudah sangat melimpah dan setiap update video selalu banyak yang menonton.

Tetapi, saya sendiri tidak menyarankan meniru mereka bagi para youtuber pemula, karena setiap viewer pasti lebih bersimpati jika mereka melihat jumlah subscribermu meskipun itu hanya sedikit. Justru simpati inilah yang menjadi jalan mudah bagimu untuk terus mengembangkan channel youtube.