Cara Mudah Menambah Keyword di Channel Youtube

Youtube merupakan salah satu di antara sekian banyak situs penyedia upload video yang digadang-gadang menjadi lahan bisnis untuk meraup banyak uang secara online. Tentu, hal ini dibuktikan dari banyaknya artis yang meninggalkan dunia hiburan dan mulai beralih profesi menjadi youtuber.

Bagi youtuber pemula seperti kita-kita, mungkin pernah terlintas pertanyaan bahwa sangat mudah seorang artis menjadi youtuber sukses karena dia sudah memiliki nama di masyarakat. Namun, bagaimana dengan kita-kita yang tidak dikenal oleh orang lain untuk memperoleh banyak subscriber dan viewer ?.

Ya, pertanyaan-pertanyaan semacam itu kadang memang muncul di dalam benak para youtuber pemula. Di antara mereka masih bersemangat untuk tetap berjuang dengan membuat kreasi video-video menarik, namun sebagian lagi ada yang kendor dalam perjuangannya bahkan sampai menyerah.

Sebenarnya, Youtube bisa dikatakan situs yang sangat SEO dan tentu saja sudah membekali optimasi SEO secara manual untuk para pengguna. Salah satunya dalam hal ini adalah menambahkan keyword (kata kunci) pada channel Youtube secara keseluruhan dan tag pada setiap video yang hendak diupload.

Nah, demikian di ataslah, maka pada posting kali ini Pelangi Blog akan mencoba membahas mengenai cara menambahkan keyword di channel youtube, di mana keyword atau kata kunci ini akan sangat berperan penting dalam pencarian yang dilakukan oleh viewer, sehingga konten video kita lebih mudah ditemukan.

Cara Mudah Menambah Keyword (Kata Kunci) di Channel Youtube
Sebelum Pelangi Blog menjelaskan lebih jauh, sebenarnya keyword atau kata kunci di sini dimaksudkan adalah pengaturan pada keseluruhan channel youtube, namun kamu bisa menambah tag keywords pada setiap video yang akan diupload. Tentu saja ini sangatlah penting dalam upaya pengembangan channel youtube, terutama bagi para pemula :

1. Buka channel youtube
2. Klik foto profil di pojok kanan atas
3. Klik "Youtube Studio"
4. Klik "Setting"
5. Klik "Channel"
6. Pada menu "Basic Info" ada kolom "Keywords"
7. Silahkan isi keyword atau kata kunci sesuai dengan tema channel youtubemu, 
  • Direkomendasikan untuk tidak mengunakan satu kata dalam menambahkan keyword (kata kunci), kecuali jika tag keyword di setiap video yang akan diupload
  • Gunakan 2 - 3 kata kunci. Misalnya channel youtubemu bertema game, maka bisa menggunakan keyword (kata kuci) seperti "Game terbaik", "Mobile Legends", "Dota 2 Game", "Best Hero Pick", "Moment Comeback paling berkesan", dan lain-lain.
  • Pisah setiap keywords atau kata kunci dengan tanda koma
  • Direkomendasikan menambahkan keyword (kata kunci) sebanyak 7 - 10 keyword saja

Tutorial Video Menambah Keyword di Channel Youtube
Nah, untuk memperjelas mengenai tutorial berupa tulisan di atas, maka kamu bisa menonton tutorialnya pada video yang sudah ditampilkan di bawah ini :

Tanggapan :