Cara Paling Mudah Menulis Arab di PC Dengan Arabic Pad

Pada posting sebelumnya, Pelangi Blog sudah menjelaskan cukup singkat mengenai cara menulis Bahasa Arab di Windows 10 secara manual. Namun, tutorial itu dinilai lebih sulit karena kebanyakan dari kita tidak mengetahui letak-letak huruf hijaiyyah pada keyboard PC, sehingga harus menghafal kembali letak-letak huruf hiyaiyyah tersebut.

Baca lebih lanjut : Cara Mengetik Bahasa Arab Manual di Windows 10.

Nah, tutorial kali ini, Pelangi Blog memberikan rekomendasi agar lebih mempermudah dalam menulis Bahasa Arab di PC, yaitu dengan menggunakan aplikasi simple Arabic Pad yang merupakan hasil karya anak bangsa yaitu Mas Ebta Setiawan (nama pembuat aplikasi Arabic Pad versi 1.4 ini saya lihat di akun Youtubenya).


Kelebihan Aplikasi Arabic Pad Untuk Menulis Arab di PC

Arabic Pad merupakan aplikasi portable PC sejenis notepad yang dikhususkan untuk menulis Bahasa Arab. Adapun kelebihan aplikasi ini di antaranya adalah :

  1. Ukuran file downloadnya sangat kecil dan sangat ringan untuk memori PC
  2. Support windows 7, 8, 9, dan 10
  3. Portable, jadi tanpa harus diinstall
  4. Huruf-hurufnya sesuai dengan huruf-huruf Indonesia di keyboard PC, misalnya ra' = r, lam = l, ba' = b, dan lain sebagainya.
  5. Support dengan harakat huruf hijaiyyah
  6. Bisa juga untuk menulis pegon (makna pesantren), meskipun ada di antaranya yang tidak support


Download Aplikasi Arabic Pad Untuk Menulis Arab di PC

Adapun informasi lain mengenai aplikasi Arabic Pad ini, baik berupa link download, ukuran file, dan sebagainya, bisa dilihat seperti pada tabel di bawah ini :

File Keterangan
Nama AplikasiArabic Pad versi 1.4
SupportWindows 7, 8, dan 10
Ukuran file43 Kb
Jenis fileRAR
Link downloadArabic Pad


Cara Menggunakan Aplikasi Arabic Pad Untuk Menulis Arab di PC

Seperti yang sudah diulas singkat di atas, penggunaan aplikasi Arabic Pad ini sangat mudah, karena huruf-huruf hijaiyyah berkesesuaian dengan huruf pada keyboard PC. Namun, ada beberapa huruf yang memang harus dihafal dan juga harakatnya. Jangan khawatir, ada petunjuk penggunaannya :

1. Buka aplikasi Arabic Pad versi 1.4

2. Klik menu "Help", lalu klik "Help Topics"

3. Lihat petunjuknya huruf-huruf hijaiyyahnya

Catatan penting :
Jika setelah file .RAR diextract, kadang aplikasi ini tidak bekerja. Jadi, Pelangi Blog merekomendasikan untuk tidak diextract. Buka file .RAR setiap kali menggunakan aplikasi ini tanpa harus diextract.

Lebih jelas tutorialnya, silahkan simak video di bawah ini :