Cara Mengatasi Gambar Thumbnail Tidak Tampil di Blog

Blogger Interface merupakan platform baru yang diperkenalkan oleh pihak blogger pada tahun 2020 ini. Dari segi tampilan dan penggunaannya, tentu saja sangat elegan, praktis, nyaman, dan terlihat lebih menarik daripada Blogger Legacy sebelumnya. Ya, ini bisa dirasakan oleh para pengguna platform blogger di seluruh dunia tentunya.

Sayangnya, di awal-awal beralih dan menggunakan Blogger Interface tersebut, ada beberapa masalah yang pasti ditemui oleh para blogger. Hal itu wajar terjadi karena sebuah peralihan dari sesuatu yang lama menjadi sesuatu yang baru pasti membutuhkan proses agar dapat dirasakan kenyamanannya. 

Pihak blogger sendiri sudah memperbaiki beberapa isu dan masalah yang terjadi. Dan sekarang kamu pun bisa menikmati penggunaan platform Blogger Interface secara leluasa dan nyaman.

Kendatipun demikian, ini adalah masalah yang saya rasakan dan mungkin juga dirasakan oleh para blogger lainnya, yaitu masalah pada gambar thumbnail blog. Ya, sebelum menggunakan Blogger Interface, template yang saya gunakan tidak pernah memiliki masalah dengan gambar thumbnail. 

Namun setelah menggunakan Blogger Interface, tiba-tiba gambar thumbnail tidak muncul, tidak tampil, dan menjadi blank, baik gambar thumnail yang ada di halaman utama blog, recent post (posting terbaru), related post (posting terkait), dan lainnya.

Awalnya, setiap kali mempublikasikan posting terbaru, saya sendiri harus beralih ke platform blogger lama yaitu Blogger Legacy dan semua thumbnail tidak terjadi masalah, tetap muncul seperti biasa. 

Namun, setelah pihak blogger meniadakan Blogger Legacy, untuk mengatasi masalah thumbnail pun saya sampai menganti-ganti gambar di posting yang akan dipublikasikan. Namun, hasil gambar thumbnail setelah dipublikasikan tetap tidak muncul, tidak tampil, dan terlihat blank. 


Cara Mengatasi Gambar Thumbnail Tidak Muncul (Blank) di Related Posts, Recent Posts, dan Halaman Utama Blog

Melanjutkan di atas, saya pun akhirnya mencoba untuk menulusuri tutorial dalam mengatasi masalah gambar thumbnail. Alhasil, caranya ternyata harus mengganti kode dalam setiap posting yang akan diterbitkan secara manual.

Nah, untuk itulah di sini saya akan mencoba untuk berbagi tentang permasalahan yang sudah saya alami. Tutorial ini sudah saya uji coba di beberapa template yang berbeda, silahkan disimak dengan cermat :

  1. Masuk ke Dashboard Blogger
  2. Klik "Posts" lalu klik judul post untuk mengedit
  3. Klik icon pensil di pojok kiri atas, lalu pilih "HTML View"
  4. Lihat kode pada gambar, biasanya seperti kode di bawah ini : 
    src="https://1.bp.blogspot.com/Jc1RQwweLiA/WmW_nnIx_aI/AAAAEiA/5SwI9s9Th9yak_gmCw/w640-h316/Hukum%2BBacaan%2BMad%2BLain%2Bdan%2BContoh%2BLengkap.jpg"
  5. Ganti kode seperti warna merah di atas menjadi s600 (angka 600 bisa diganti sesuai kebutuhan)
  6. Klik "Publish" atau "Update" untuk menerbitkan post


Nah, silahkan menonton tutorial video yang sudah disertakan di bawah ini agar lebih memudahkan dalam memahami tutorial di atas :

Next Post Previous Post
Advertisement here