Kaidah I'lal 3, Lafadz صَائِنٌ, Lafadz سَائِرٌ, dan Lafadz كِسَاءٌ

Kaidah i'lal yang ketiga ini salah satu dasar dalam mendalami kosa kata dan perubahan bentuk lafadz dalam Bahasa Arab, tentu saja setelah kaidah i'lal pertama dan kaidah i'lal kedua yang sebelumnya telah dibahas secara singkat. Dan saya ulangi lagi, bahwa rumus kaidah yang diposting di sini diambil dari kitab kecil yang dikenal dengan nama Qawaidul I'lal.


Selengkapnya : Download Kitab Qawaidul I'lal dan Terjemah Lengkap.


Kaidah I'lal Yang Ketiga

Adapun bentuk rumus kaidah i'lal yang ketiga dari sumber kitab yang telah disebutkan di atas, maka bisa dicermati sebagaimana berikut ini :

اِذَا وَقَعَتِ الْوَاوُ وَالْيَاءُ بَعْدَ اَلِفٍ زَائِدَةٍ، اُبْدِلَتَا هَمْزَةً بِشَرْطِ اَنْ تَكُوْنَا عَيْنًا فِيْ اِسْمِ فَاعِلٍ وَطَرَفًا فِيْ مَصْدَرٍ، مِثْلُ صَائِنٌ وَسَائِرٌ وَكِسَاءٌ وَبِنَاءٌ، اَصْلُهَا صَاوِنٌ وَسَايِرٌ وَكِسَاوٌ وَبِنَايٌ

Artinya :

Tatkala huruf wawu dan huruf ya' jatuh setelah alif zaidah (tambahan), maka keduanya diganti dengan huruf hamzah, dengan syarat jika keduanya berupa ain fi'il di dalam isim fail dan berada di akhir kalimat di dalam isim masdar. Seperti كِسَاءٌ ,سَائِرٌ ,صَائِنٌ, dan بِنَاءٌ, asalnya adalah صَاوِنٌ, كِسَاوٌ, سَايِرٌ, dan بِنَايٌ 


Penjelasan :

Apabila ada huruf wawu atau huruf ya' yang jatuh sesudah alif zaidah atau alif tambahan, maka harus diganti menjadi huruf hamzah, dengan syarat :

  1. Jika berupa isim fail, maka huruf wawu atau huruf ya' tersebut harus bertempat di ain fi'il
  2. Jika berupa isim masdar, maka huruf wawu atau huruf ya' tersebut harus bertempat di akhir kalimat


Contoh Pada Isim Fail :

Lafadz Asli
Lafadz I'lal
صَاوِنٌ
صَائِنٌ
سَايِرٌ
سَائِرٌ
Keterangan :

Lihat pada tabel lafadz aslinya صَاوِنٌ dan سَايِرٌ yang merupakan isim fail. Huruf wawu dan huruf ya' tersebut terletak pada ain fi'il dan jatuh setelah alif zaidah, maka huruf wawu dan huruf ya tersebut diganti menjadi huruf hamzah, (harakatnya tetap sama), sehingga menjadi صَائِنٌ dan سَائِرٌ.

Contoh Pada Isim Masdar :
Lafadz Asli
Lafadz I'lal
كِسَاوٌ
كِسَاءٌ
بِنَايٌ
بِنَاءٌ

Keterangan :

Lihat pada tabel lafadz aslinya كِسَاوٌ dan بِنَايٌ yang merupakan isim masdar. Huruf wawu dan huruf ya' tersebut terletak di akhir kalimat dan jatuh setelah alif zaidah, maka huruf wawu dan huruf ya tersebut diganti menjadi huruf hamzah, (harakatnya tetap sama), sehingga menjadi كِسَاءٌ dan بِنَاءٌ.