Download Kitab Qawaidul I'lal (PDF)

Download Kitab Qawaidul I'lal (PDF)

Download Kitab Qawaidul I'lal (PDF) - Salah satu syarat agar kita bisa membaca kitab kuning atau tulisan arab gundul tanpa ada harakat adalah dengan menguasai ilmu alat Bahasa Arab, yaitu Nahwu dan Sharaf. Kedua ilmu ini sangatlah penting sebagai dasar seseorang untuk mengetahui perubahan bentuk kalimat, harakat huruf akhir, dan kedudukan kalimat itu.

Di beberapa pondok pesantren pastinya banyak direkomendasikan kitab-kitab nahwu dan sharaf sebagai jalan awal bagi santri agar dapat menguasai kitab kuning. Alasan mengapa harus kitab kuning adalah karena para ulama’ yang sangat alim telah menuangkan pendapat-pendapatnya di dalam beberapa kitab kuning, di mana di dalamnya terdapat kajian ilmu pengetahuan tentang agama islam secara membentang.

Nah, bertolak belakang dari sinilah, ada sebuah kitab klasik yang sederhana, yang biasa diajarkan di dalam beberapa pendidikan pondok pesantren agar para santri mampu mengetahui dasar bentuk setiap kalimat dalam bahasa arab, yaitu Kitab Qawaidul I’lal.


Review Singkat Kitab Qawaidul I’lal

Seperti namanya, Kitab Qawaidul I’lal ini mengajarkan tentang dasar-dasar kaidah i’lal. Kaidah I’lal sendiri adalah konsep perumusan bentuk asli setiap kalimat dalam Bahasa Arab, misalnya adalah kalimat “صَانَ” dan “قَالَ”, bentuk asli kedua kalimat tersebut adalah “صَوَنَ” dan “قَوَلَ” mengikuti wazan “فَعَلَ”, dan lain sebagainya.

Sebagaimana contoh kaidah i’lal di atas, maka Kitab Qawaidul I’lal disusun menjadi 19 kaidah yang berbeda. Demikian juga, kadang satu perubahan bentuk kalimat dari bentuk aslinya bisa terdiri dari beberapa kaidah, tidak hanya satu kaidah saja.

Kitab Qawaidul I’lal merupakan salah satu kitab karya ulama’ Nusantara. Jika kita melihat pada cover kitab ini, maka akan ditemui bahwa kitab ini disusun oleh Kyai Mundzir Nadzir. Namun, nama tersebut bukanlah nama asli dari penyusun, tetapi hanya sekedar nama pena atau nama samaran. Nama asli Kyai Mundzir Nadzir dalam kitab ini adalah Kyai Munhamir bin Nadzir bin Shalih, yang berasal dari Dusun Sekaran, Desa Keludan, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk.

Hal ini diketahui juga dalam karya lain Kyai Munhamir yaitu Kitab Nadzam Tanwirul Qari yang menjelaskan ilmu tajwid dalam Bahasa Jawa pula. Dalam Kitab tersebut ada penjelasan cukup tentang siapa nama asli Kyai Mundzir Nadzir.


Download Kitab Qawaidul I’lal (PDF) dan Terjemah Indonesia

Dengan harapan bahwa Allah SWT akan melimpahkan rahmat dan maghfirah-Nya kepada kita semua, juga memberikan manfaat ilmu-Nya kepada kita semua melalui karya kitab yang sederhana dan penuh makna ini, maka pada kesempatan kali ini Pelangi Blog akan sharing mengenai file mentah Kitab Qawaidul I’lal secara gratis untuk didownload, yang sudah disertai dengan sedikit keterangan Bahasa Indonesianya.

Nah, untuk lebih jelas lagi menganai file Kitab Qawaidul I’lal (PDF), maka bisa dilihat pada informasi sesuai dengan tabel di bawah ini :

File Keterangan
Nama kitab Qawaidul I'lal
Tema kitab Kaidah i'lal dalam ilmu sharaf
Penyusun Kyai Mundzir Nadzir (Kyai Munhamir bin Nadzir)
Format file PDF
Ukuran file 462 Kb
Keterangan file Tanpa makna
Download file Kitab Qawaidul I'lal
Terjemah Indonesia online Kitab Qawa'idul I'lal


Ulasan Kaidah I'lal di dalam Kitab Qawaidul I'lal

Terkait dengan Kitab Qawaidul I'lal, saya juga sudah menuliskan ringkasan dan ulasannya di blog ini. Ulasan ini sengaja saya bagi berdasarkan bab dan rumusan tiap kaidah i'lal di dalam kitab tersebut. Selain itu, saya juga menyertakan tabel contoh dan rujukan kaidahnya. Dengan ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca secara umum:

Kaidah I'lal 1
Syarat-Syarat Kaidah I'lal 1
Kaidah I'lal 2
Kaidah I'lal 3
Kaidah I'lal 4
Kaidah I'lal 5
Kaidah I'lal 6
Kaidah I'lal 7
Kaidah I'lal 8
Kaidah I'lal 9
Kaidah I'lal 10
Kaidah I'lal 11
Kaidah I'lal 12
Kaidah I'lal 13
Kaidah I'lal 14
Kaidah I'lal 15
Kaidah I'lal 16
Kaidah I'lal 17
Kaidah I'lal 18
Kaidah I'lal 19

Semoga file PDF dan ulasan tersebut dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan umum bagi para pembaca yang menginginkan untuk mempelajari ilmu sharaf, khususnya mengenai kaidah i'lal, terima kasih.