Kaidah I'lal 7, I'lal Lafadz يَعِدُ dan Lafadz يَضَعُ

Pada posting kali ini, kita masih bertatap muka pada tema yang sama yaitu salah satu ilmu bahasa Arab, lebih tepatnya mengenai perubahan lafadz dari lafadz aslinya, yaitu i'lal ke 7 yang sudah terumus di dalam Kitab Qawa'idul I'lal.


Selengkapnya : Download Kitab Qawaidul I'lal dan Terjemah Lengkap.


Kaidah I'lal 7, Lafadz Ya'idu Asalnya Lafadz Yau'idu

اِذَا وَقَعَتِ الْوَاوُ بَيْنَ الْفَتْحَةِ وَالْكَسْرَةِ الْمُحَقَّقَةِ وَقَبْلَهَا حَرْفُ الْمُضَارَعَةِ، تُحْذَفُ، نَحْوُ يَعِدُ اَصْلُهُ يَوْعِدُ

Tatkala ada huruf wawu jatuh di antara harakat fathah dan harakat kasrah yang nyata dan huruf sebelumnya adalah huruf mudhara'ah, maka huruf wawu itu dibuang, contoh "يَعِدُ" asalnya "يَوْعِدُ".


Dari kaidah tersebut, maka kita bisa menyimpulkan bahwa :

  1. Ada huruf wawu yang jatuh di antara 2 huruf (satu huruf berharakat fathah dan satunya lagi berharakat kasrah), di mana kedua harakat itu nyata
  2. Huruf sebelum wawu adalah huruf mudhoro'ah

Maka huruf wawu tersebut harus dibuang


Huruf mudlara'ah adalah huruf-huruf yang menjadi huruf awal disetiap fi'il mudhorek. Ada empat huruf mudhoro'ah yang terkumpul dalam kalimat "نَأْتِيْ" yaitu ن (nun), أ (alif), ت (ta'), dan ي (ya').


I'lal Lafadz يَعِدُ (Ya'idu)

Lafadz يَعِدُ asalnya adalah يَوْعِدُ mengikuti wazan يَفْعِلُ

Berdasarkan kaidah 7 di atas, pada lafadz يَوْعِدُ, terdapat huruf yang terjatuh di antara 2 huruf yang berharakat fathah (ya') dan kasroh (ain), di mana huruf sebelum wawu adalah salah satu huruf mudhoro'ah yaitu ya', maka huruf wawu tersebut harus dibuang, sehingga berubah menjadi lafadz يَعِدُ.

Jadi :

Lafadz Asli
Lafadz I'lal (Hasil)
يَوْعِدُ
يَعِدُ


I'lal Lafadz يَضَعُ (Yadlo'u)

Lafadz يَضَعُ asalnya adalah يَوْضِعُ mengikuti wazan يَفْعِلُ

Berdasarkan kaidah 7 di atas, pada lafadz يَوْضِعُ, terdapat huruf yang terjatuh di antara 2 huruf yang berharakat fathah (ya') dan kasroh (dlod), di mana huruf sebelum wawu adalah salah satu huruf mudhoro'ah yaitu ya', maka huruf wawu tersebut harus dibuang, sehingga berubah menjadi lafadz يَضِعُ.

Pada lafadz يَضِعُ, huruf dlod harus difathah karena huruf tersebut merupakan salah satu huruf ithbaq dan huruf sesudahnya adalah huruf khalq yaitu ain, sehingga menjadi lafadz يَضَعُ.

Jadi :

Lafadz Asli
Perubahan
Lafadz I'lal (Hasil)
يَوْضِعُ
يَضِعُ
يَضَعُ

Huruf ithbaq ada 4 yaitu ص (shad), ض (dhad), ط (tha'), dan ظ (dha'). 
Huruf khalq ada 6 yaitu, أ (hamzah), ه (ha'), ح (kha'), ع (ain), غ (ghin), dan خ (kho').