Kaidah I'lal 16, Lafadz اِصْطَلَحَ, Lafadz اِضْطَرَبَ, Lafadz اِطَّرَدَ, Lafadz اِظَّهَرَ


Pada proses kaidah i'lal 16 di bawah nanti akan sedikit terkait juga dengan huruf-huruf yang saling mendekati dalam hal makhrajnya (tempat keluarnya). Dan tentu saja masih sama, penjelasan tentang kaidah i'lal ke-16 ini bersumber dari Kitab Qawaidul I'lal.


Selengkapnya : Download Kitab Qawaidul I'lal dan Terjemah Lengkap.


Kaidah I'lal 16

اِذَا كَانَ فَاءُ افْتَعَلَ صَادًا اَوْ ضَادًا اَوْ طَاءً اَوْ ظَاءً، قُلِبَتْ تَاؤُهُ طَاءً لِتَعَسُّرِ النُّطْقِ بَعْدَ هٰذِهِ الْحُرُوْفِ، وَاِنَّمَا تُقْلَبُ التَّاءُ بِالطَّاءِ لِقُرْبِهَا مِنَ التَّاءِ مَخْرَجًا، نَحْوُ اِصْطَلَحَ وَاِضْطَرَبَ وَاِطَّرَدَ وَاِظَّهَرَ اَصْلُهَا اِصْتَلَحَ وَاِضْتَرَبَ وَاِطْتَرَدَ وَاِظْتَهَرَ

Tatkala ada fa' fi'il dari wazan "اِفْتَعَلَ" berupa huruf shod, dhod, tho', dan dho', maka huruf ta' wazan "اِفْتَعَلَ" itu dibalik menjadi huruf tho' karena sulitnya pengucapan setelah huruf ini. Sesungguhnya huruf ta' dibalik menjadi huruf tho' karena huruf tho' berdekatan makhraj dengan huruf ta'. Contoh "اِطَّرَدَ", "اِضْطَرَبَ", "اِصْطَلَحَ", dan "اِظَّهَرَ" asalnya adalah "اِطْتَرَدَ", "اِضْتَرَبَ", "اِصْتَلَحَ", dan "اِظْتَهَرَ".


Penjelasan Singkat :

Dengan membaca dan memahami rumus kaidah di atas, maka ada satu hal penting yang perlu dicatat mengenai kaidah i'lal ke-16 ini, yaitu :

Jika fa' (ف) fi'il dari wazan "اِفْتَعَلَ" (ifta'ala) berupa huruf ithbaq yaitu shad (ص), dlod (ض), tho' (ط), dan dho' (ظ). 

Maka, huruf ta' (ت) yang sesuai dengan wazan "اِفْتَعَلَ" diganti menjadi huruf tho' (ط). Alasannya adalah, bagi orang Arab, mengucapkan huruf ta' (ت) yang jatuh setelah huruf ithbaq dirasa cukup berat. Mengapa huruf ta' (ت) harus diganti menjadi huruf tho' (ط) tidak huruf selainnya ? karena keduanya sangat dekat dalam makhrajnya.

Contohnya : 

Lafadz Asli
Lafadz I'lal (Hasil)
اِصْتَلَحَ
اِصْطَلَحَ
اِضْتَرَبَ
اِضْطَرَبَ
اِطْتَرَدَ
اِطَّرَدَ
اِظْتَهَرَ
اِظَّهَرَ


I'lal Lafadz اِصْطَلَحَ (Isthalaha)

Lafadz "اِصْطَلَحَ" asalnya adalah lafadz "اِصْتَلَحَ" mengikuti wazan "اِفْتَعَلَ".

Berdasarkan Kaidah I'lal 16, pada lafadz "اِصْتَلَحَ", fa' (ف) fi'ilnya berupa salah satu huruf ithbaq yaitu huruf shad (ص), maka huruf ta' (ت) harus diganti menjad huruf tho' (ط) untuk memudahkan pengucapan lafadz, sehingga menjadi lafadz "اِصْطَلَحَ".

Jadi :

Lafadz Asli
Lafadz I'lal (Hasil)
اِصْتَلَحَ
اِصْطَلَحَ


I'lal Lafadz اِضْطَرَبَ (Idhtharaba)

Lafadz "اِضْطَرَبَ" asalnya adalah lafadz "اِضْتَرَبَ" mengikuti wazan "اِفْتَعَلَ".

Berdasarkan Kaidah I'lal 16, pada lafadz "اِضْتَرَبَ", fa' (ف) fi'ilnya berupa salah satu huruf ithbaq yaitu huruf dhod (ض), maka huruf ta' (ت) harus diganti menjad huruf tho' (ط) untuk memudahkan pengucapan lafadz, sehingga menjadi lafadz "اِضْطَرَبَ".

Jadi :

Lafadz Asli
Lafadz I'lal (Hasil)
اِضْتَرَبَ
اِضْطَرَبَ


I'lal Lafadz اِطَّرَدَ (Ith'tharada)

Lafadz "اِطَّرَدَ" asalnya adalah lafadz "اِطْتَرَدَ" mengikuti wazan "اِفْتَعَلَ".

Berdasarkan Kaidah I'lal 16, pada lafadz "اِطْتَرَدَ", fa' (ف) fi'ilnya berupa salah satu huruf ithbaq yaitu huruf tho' (ط), maka huruf ta' (ت) harus diganti menjad huruf tho' (ط) untuk memudahkan pengucapan lafadz, sehingga menjadi lafadz "اِطْطَرَدَ".

Berdasarkan Kaidah I'lal 10, pada lafadz "اِطْطَرَدَ", terdapat dua huruf yang sesama jenis yaitu 2 huruf tho' (ط), maka huruf tho' (ط) pertama harus dimasukkan ke huruf tho' (ط) kedua, sehingga menjadi lafadz "اِطَّرَدَ".

Baca lebih lanjut : Kaidah I'lal 10, Lafadz مَدَّ dan Lafadz مُدَّ.

Jadi :

Lafadz Asli
Perubahan 1
Lafadz I'lal (Hasil)
اِطْتَرَدَ
اِطْطَرَدَ
اِطَّرَدَ


I'lal Lafadz اِظَّهَرَ (Idh'dhahara)

Lafadz "اِظَّهَرَ" asalnya adalah lafadz "اِظْتَهَرَ" mengikuti wazan "اِفْتَعَلَ".

Berdasarkan Kaidah I'lal 16, pada lafadz "اِظْتَهَرَ", fa' (ف) fi'ilnya berupa salah satu huruf ithbaq yaitu huruf dho' (ظ), maka huruf ta' (ت) harus diganti menjad huruf tho' (ط) untuk memudahkan pengucapan lafadz, sehingga menjadi lafadz "اِظْطَهَرَ".

Pada lafadz "اِظْطَهَرَ", huruf tho' (ط) harus dibalik menjadi huruf dho' (ظ), ini dikarenakan huruf tho' (ط) dan huruf dho' (ظ) merupakan huruf isti'lal, sehingga menjadi lafadz "اِظْظَهَرَ".

Huruf isti'lal adalah huruf-huruf yang tergabung dalam lafadz "خُصَّ ضَغْطٍ قِظْ".

Berdasarkan Kaidah I'lal 10, pada lafadz "اِظْظَهَرَ", terdapat dua huruf yang sesama jenis yaitu 2 huruf dho' (ظ), maka huruf dho' (ظ) pertama harus dimasukkan ke huruf dho' (ظ) kedua, sehingga menjadi lafadz "اِظَّهَرَ".

Baca lebih lanjut : Kaidah I'lal 10, Lafadz مَدَّ dan Lafadz مُدَّ.

Jadi :

Lafadz Asli
Perubahan 1
Perubahan 2
Lafadz I'lal (Hasil)
اِظْتَهَرَ
اِظْطَهَرَ
اِظْظَهَرَ
اِظَّهَرَ