Download Kitab Hidayatul Mustafid (PDF)

Download Kitab Hidayatul Mustafid (PDF)

Download Kitab Hidayatul Mustafid (PDF) - Ilmu tajwid merupakan salah satu ilmu yang penting untuk dipelajari sebagai bentuk adab dan tata krama dalam membaca kalam Allah SWT yang agung dan mulia yaitu Al-Qur'an. Nah, adapun dasar-dasar ilmu tajwid yang sudah biasa diajarkan di dalam pondok-pondok pesantren dan madrasah diniyah adalah Kitab Hidayatul Mustafid.


Review Singkat Kitab Hidayatul Mustafid

Kitab Hidayatul Mustafid memiliki arti petunjuk bagi orang yang mau mengambil faidah. Kitab ini merupakan kitab kecil yang berisi dasar dalam mempelajari ilmu tajwid karya Syekh Muhammad Al-Mahmud yang bermadzhab Hanafi. Beliau menyelesaikan kitab ini pada Hari Kamis, tanggal 24 Rabiul Awal, sekitar tahun 1316 H atau tahun 1898 M. 

Meskipun Kitab Hidayatul Mustafid adalah kitab yang kecil, namun kitab ini masih eksis diajarkan hingga sampai saat ini di banyak pondok pesantren dan madrasah diniyah. Tentu saja kitab ini sangatlah cocok untuk diajarkan pada santri-santri pemula untuk memberikan pondasi kuat dalam ilmu tajwid, baik tinkat SD-MI maupun SMP-MTS. Syekh Muhammad Al-Mahmud sendiri sengaja menyusun kitab ini dengan metode tanya jawab, tujuannya adalah untuk memudahkan santri dalam memahami isi dan ilmu di dalamnya.

Adapun isi mengenai materi-materi ilmu tajwid di dalam Kitab Hidayatul Mustafid meliputi pengertian dan hukum mempelajari serta mengamalkan ilmu tajwid, hukum bacaan nun mati dan tawin, hukum bacaan mim mati, hukum idgham, hukum ghunnah, hukum qolqolah, pengertian mad dan macam-macam mad, makharijul huruf, dan lain sebagainya.


Download Kitab Hidayatul Mustafid (PDF) dan Terjemah Indonesia

Adapun mengenai file Kitab Hidayatul Mustafid (PDF), maka bisa didownload secara gratis dalam tabel di bawah ini. Namun, kitab yang disuguhkan di sini hanyalah berupa tulisan Arabnya saja alias tanpa makna Indonesia ataupun tanpa makana pesantren. Adapun makna terjemah Indonesianya, maka sudah dicantumkan link secara online :

File Keterangan
Nama kitab Hidayatul Mustafid
Tema kitab Ilmu tajwid
Penyusun Syekh Muhammad Al-Mahmud
Format file PDF
Ukuran file 464 Kb
Keterangan file tanpa makna
Download file Kitab Hidayatul Mustafid
Terjemah Indonesia online Kitab Hidayatul Mustafid


Rangkuman Bab di dalam Kitab Hidayatul Mustafid

Terkait dengan Kitab Hidayatul Mustafid, saya sudah menyertakan rangkuman di setiap babnya. Rangkuman ini saya bagi sesuai dengan bab di dalam kitab tersebut dan sedikit ditambahi dengan keterangan yang diperlukan. Adapun rangkumannya, silahkan kunjungi: Kumpulan Materi Ilmu Tajwid.