Download Kitab Nadhom Imrithi (PDF)

Download Kitab Nadhom Imrithi dan Terjemah Indonesia Lengkap

Kitab Nadhom Imrithi merupakan salah satu kitab syair nadhom yang memiliki tema ilmu nahwu dan kitab syair nadhom ini sudah biasa dikaji di berbagai macam pondok pesantren sebagai pondasi bagi para santri agar mampu mempelajari dan memahami hukum-hukum dalam ilmu nahwu.


Review Singkat Kitab Nadhom Imrithi

Adapun beberapa hal yang perlu dimengerti sebelum mempelajari dan mengajarkan Kitab Nadhom Imrithi adalah sebagai berikut ini :


Penyusun Kitab Nadhom Imrithi

Kitab Nadhom Imrithi merupakan sebuah kitab nadhom kecil yang disusun oleh salah satu ulama' besar alumni Universitas Al-Azhar Mesir, yaitu Syekh Syarafuddin Yahya bin Badruddin Musa bin Ramadhan bin Umairoh atau lebih dikenal dengan sebutan Syekh Syarafuddin Yahya Al-Imrithi.

Nama "Al-Imrithi" yang disandarkan pada nama penyusun Kitab Nadhom Imrithi tersebut dinisbatkan pada nama sebuah desa kecil yang merupakan desa kelahiran Syekh Syarafuddin Yahya, yaitu Desa Amrith di Negara Mesir.

Sebagai seorang ulama', tentu saja Syekh Syarafuddin Yahya Al-Imrithi tidak hanya mahir di bidang bahasa Arab dan nahwu shorof, tetapi beliau juga mahir di bidang keilmuan agama Islam lainnya seperti ilmu fiqih dan ilmu ushul fiqih. Beberapa dari karya beliau dalam bidang fiqih dan ushul fiqih di antaranya adalah Kitab Tashilut Turuqot li Nadzmil Waroqot, Kitab Taisir fi Nadzmit Tahrir, dan Kitab Nihayatut Tadzrib fin Nadzmi Ghoyatut Taqrib.


Tema Dalam Kitab Nadhom Imrithi

Yang pertama perlu diketahui di sini, sesuai nama kitabnya yaitu "nadhom", maka tentu saja Kitab Nadhom Imrithi ini hanya berupa syair-syair yang terdiri dari sekitar 254 bait, di mana dari beberapa bait dikelompokkan ke dalam beberapa bab tertentu.

Yang kedua, seperti yang sudah tertulis pada pendahuluan posting di atas, maka tema utama dalam Kitab Nadhom Imrithi ini adalah pengajaran tentang dasar-dasar ilmu nahwu. Pastinya ini sangatlah penting karena ilmu nahwu adalah salah satu ilmu alat agar santri mampu membaca dan memaknai tulisan Arab tanpa harakat (tulisan gundul) di beberapa kitab kuning.


Kitab Nadhom Imrithi Terinspirasi Dari Kitab Matan Jurumiyyah

Bagi setiap santri, tentunya mendengar nama "jurumiyyah" pastilah tidak asing, karena selain Kitab Nadhom Imrithi ini, Kitab Matan Jurumiyyah bisa dikatakan pondasi awal dalam mempelajari ilmu nahwu. Kitab Matan Jurumiyyah sendiri adalah karya dari ulama' besar yaitu Abu Abdillah Muhammad bin Muhammad bin Dawud atau lebih dikenal sebagai Imam Shonhaji.

Dalam pendahuluan Kitab Nadhom Imrithi dijelaskan bahwa meskipun Kitab Matan Jurumiyyah adalah sebuah karya yang kecil dan sederhana, namun kebanyakan ulama'-ulama' besar berangkat dari kitab ini dalam mempelajari ilmu agama.

Sehingga, ini membuat hati Syekh Syarafuddin Yahya Al-Imrithi tergerak untuk membuat karya dari ilmu yang telah dituangkan di dalam Kitab Matan Jurumiyyah. Karya tersebut kemudian ditulis dalam bentuk syair nadhom yang diberi nama "Nadhom Imrithi".


Download Kitab Nadhom Imrithi (PDF) dan Terjemah Indonesia

Alhamdulillah atas rahmat dan nikmat Allah Yang Maha Memberi dan dengan harapan agar Dia senantiasa menuangkan rahmat dan ampunan-Nya, maka posting ini hadir untuk memberikan kemudahan bagi siapapun yang hendak mempelajari atau mengajari dasar dalam ilmu nahwu.

Namun, perlu dicatat juga di sini bahwa file dan terjemah Kitab Nadhom Imrithi (PDF) ini hanya sebatas tulisan arab dan terjemahnya. Apabila kamu berkeinginan untuk mempelajari dan memahami ilmu nahwu, pastikan menemukan guru yang mahir.

File Keterangan
Nama kitabNadhom Imrithi
Tema kitabIlmu Nahwu
PenyusunSyekh Syarafuddin Yahya Al-Imrithi
Format filePDF
Ukuran file293 Kb
Keterangan filetanpa makna
Download fileKitab Nadhom Imrithi
Terjemah Indonesia onlineKitab Nadhom Imrithi