Download Kitab Daqoiqul Akhbar (PDF)

Download Kitab Daqoiqul Akhbar dan Terjemah Indonesia

Kitab Daqoiqul Akhbar merupakan salah satu dari banyaknya kitab kuning yang sudah biasa dikaji di beberapa pondok pesantren. Pastinya santri-santri pondok pesantren pun tidak asing mendengar nama kitab ini.


Review Singkat Kitab Daqoiqul Akhbar

Kitab ini disusun oleh Imam Abdur Rochim bin Ahmad Al-Qadli, meskipun ada juga yang menisbatkan kitab ini dari Imam Ghazaly dan Imam As-Suyuthi. Kitab ini membahas tentang khobar-khobar dari berbagai macam riwayat dan pendapat para ulama, yang bisa dikategorikan ke dalam 2 pembahasan utama :

  1. Hal-hal yang berkaitan di masa lalu, yang di antaranya meliputi penciptaan Nur Muhammad, penciptaan para makhluk, penciptaan Nabi Adam, penciptaan para malaikat, dan lain-lainnya.
  2. Hal-hal yang berkaitan dengan masa depan, yang di antaranya adalah hal-hal yang berkaitan dengan kematian, alam kubur, neraka, dan surga.

Dan perlu diketahui juga bahwa banyak riwayat hadits (khususnya hadits yang panjang) di dalam Kitab Daqoiqul Akhbar sengaja disusun oleh Imam Abdur Rochim dengan bahasa sendiri. Namun makna yang terkandung selaras dengan makna hadits aslinya. Jadi, saya kira ini cukup penting untuk diulas sebagai pengingat dan penegas jika kamu hendak mempelajari atau mengajarkan kitab ini.


Bantahan Bahwa Kitab Daqoiqul Akhbar Sesat

Jika kamu mencoba browsing online, banyak artikel blog yang mengklaim bahwa salah satu kitab kuning sesat yang seharusnya dilarang untuk dikaji adalah Kitab Daqoiqul Akhbar. Adapun alasan atas tuduhan itu dikarenakan banyaknya hadits-hadits dhoif (lemah) dan maudlu' (palsu) yang diriwayatkan kitab ini.

Pengertian Hadits Shahih, Hadits Hasan, dan Hadits Dhaif

Pengertian dan Contoh Hadits Maudhu' (Hadits Palsu)

Memang, di dalam Kitab Daqoiqul Akhbar banyak diriwayatkan hadits-hadits hanya dengan lafadz "ruwiya, waqila, wafil khobar", dan lainnya tanpa dijelaskan siapa rawi dan runtutan sanadnya. Selain itu juga, tak bisa dipungkiri bahwa banyak juga hadits-hadits yang dikategorikan dhoif bahkan kedhoifannya parah di dalamnya. Namun, perlu diketahui bahwa riwayat-riwayat khobar dalam kitab ini masih melingkar di dalam konteks "fadhoilul a'mal" (keutamaan amal-amal), sedangkan banyak ulama dan madzhab yang membolehkan mengamalkan hadits dhoif jika hadits-hadits itu masih di dalam konteks "fadhoilul a'mal" dan tidak bertentangan dengan hadits yang tsiqqah (kuat).

Bolehkah Hadits Dhaif Dijadikan Dasar dan Pedoman ?.

Adapun mengenai hadits maudlu' (palsu), perlu diketahui juga bahwa itu hanya masalah perbedaan pendapat di antara ahli hadits. Misalnya, ada khobar dalam bab 45 tentang keutamaan Bulan Ramadhan, di antara ahli hadits menyebutkan hadits itu maudlu' (palsu), namun ahli hadits lainnya menyebutkan dhoif parah (munkar, dan matruk). Artinya tidak semua ahli hadits bersepakat bahwa khobar itu maudlu' (palsu), hanya perbedaan pendapat. Demikian itu pula berlaku untuk khobar-khobar lain dalam kitab ini yang dianggap maudlu' oleh sebagian ahli hadits.

Sebagai pertimbangan, perlu dicatat juga bahwa :

  • Banyak kitab-kitab kuning lain yang menukil dari Kitab Daqoiqul Akhbar yang dianggap dhoif dan maudlu'
  • Banyak kitab-kitab kuning lain yang meriwayatkan khobar sama yang dianggap dhoif dan maudlu'
  • Banyak para kyai dan para ustadz di pondok pesantren telah mengkaji Kitab Daqoiqul Akhbar dari berlalunya tahun
  • Ribuan santri pondok pesantren yang telah mengaji Kitab Daqoiqul Akhbar
  • Banyaknya penerjemah Kitab Daqoiqul Akhbar untuk memudahkan pemahaman, dan sebagian di antaranya disusun ke dalam buku yang diperjualbelikan.

Jika memang Kitab Daqoiqul Akhbar sesat, berarti ribuan bahkan jutaan orang yang terlibat kitab ini dari dulu sampai sekarang berdosa, mereka sesat dan menyesatkan ?. Astaghfirullah, padahal para muallif kitab kuning yang menukil dan meriwayatkan haidts sama (yang dianggap maudlu'), para kyai, dan para ustadz senior, mereka semua jauh lebih alim dan mengetahui hakekat agama dan kehidupan, daripada segelintir orang yang notabennya berfaham Wahabi yang menggemborkan sesatnya kitab ini.


Kitab Daqoiqul Akhbar Layak Dikaji

Nah, kita sebagai santri yang awam hendaknya mampu berpikir secara rasional bahwa para kyai alim tidak akan salah mengajarkan santri, beliau-beliau lebih mengetahui dan tidak akan mengajarkan kesesatan pada santri-santri. Mana mungkin kitab kuning sudah puluhan bahkan ratusan tahun dikaji di banyak pondok pesantren dianggap sesat hanya karena ocehan anak kemarin sore yang tak pernah menelan pendidikan pesantren.

Jadi, Kitab Daqoiqul Akhbar sangat layak untuk dikaji. Dan terlepas dari itu semua, untuk mempelajari dan mengajarkan kitab ini maka :

  1. Kitab Daqoiqul Akhbar menjelaskan banyaknya riwayat. Adapun jika ada perbedaan riwayat dalam kitab lain, maka hal itu sudah wajar
  2. Karena Kitab Daqoiqul Akhbar menjelaskan sesuatu di masa lalu dan masa depan, maka hendaklah kitab ini dipelajari dan dikaji sebagai wacana dan pengetahuan dengan meyakini bahwa yang mengetahui kepastian dan hakekat kebenaran dalam masa lalu dan masa depan hanyalah Allah SWT semata.
  3. Begitu pula halnya, dalam mempelajari dan mengajarkan Kitab Daqoiqul Akhbar hendaknya lebih menekankan makna yang terkandung di dalam setiap riwayat, sehingga mampu menumbuhkan keimanan dan menggerakkan semangat melakukan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari


Download Kitab Daqoiqul Akhbar (PDF) dan Terjemah Indonesia

Dengan harapan semoga dapat memberikan manfaat dan maslahah secara umum serta memperoleh rahmat dan ampunan Allah SWT, maka link download dan terjemah kitab ini bisa diakses secara gratis dengan format file PDF pada tabel di bawah ini :

File Keterangan
Nama kitab Daqoiqul Akhbar
Tema kitab Hadits dan kbobar
Penyusun Imam Abdur Rochim bin Ahmad Al-Qadli
Format file PDF
Ukuran file 28 Mb
Keterangan file tanpa makna
Download file Kitab Daqoiqul Akhbar
Terjemah Indonesia online Kitab Daqoiqul Akhbar