5 Wasiat Allah SWT Kepada Manusia

5 Wasiat Allah SWT Kepada Manusia

Wasiat dalam konteks tertentu dapat diartikan sebagai sebuah pesan nasehat yang harus diamalkan. Sedangkan di kehidupan dunia ini, yang paling memberikan wasiat kepada manusia adalah Allah SWT agar manusia senantiasa tunduk dan taat atas semua perintah-Nya serta menjauhi semua larangan-Nya.

Nah, berkenaan dengan Allah SWT yang Maha Memberi Wasiat, maka di sini ada 5 wasiat Allah SWT kepada manusia yang perlu untuk dipegang teguh di dalam hati serta dijalankan.


Pesan Nasehat Allah SWT Untuk Manusia Dalam Hadits Qudsi

Dalam sebuah riwayat hadits qudsi, ada 5 wasiat Allah SWT kepada manusia sebagaimana yang akan dipaparkan dalam beberapa poin di bawah ini. Riwayat ini dari Sahabat Muadz bin Jabal bahwa :

1. Wasiat Agar Manusia Malu Kepada Allah SWT Ketika Bermaksiat

يَقُوْلُ اللّٰهُ : يَا ابْنَ أٓدَمَ اِسْتَحِى مِنِّيْ عِنْدَ مَعْصِيَتِكَ وَأَنَا أَسْتَحِى مِنْكَ يَوْمَ الْعَرْضِ الْأَكْبَرِ فَلَا أُعَدِّبُكَ

"Allah berfirman : Wahai anak Adam (manusia), malulah padaku ketika kemu melakukan maksiat dan Aku akan malu kepadamu pada hari Ardl (ditampakkannya amal perbuata) yang besar , lalu Aku tidak akan menyiksamu".

Allah SWT memberikan pesan nasehat kepada manusia agar mereka merasa malu kepada Allah SWT ketika hendak melakukan maksiat, sehingga Allah SWT pun tidak tega untuk menyiksa mereka pada hari kiamat, semua itu adalah berkat rasa malu mereka kepada Allah SWT. Demikian wasiat pertama dari 5 wasiat Allah SWT kepada manusia.

2. Wasiat Agar Manusia Bertaubat Kepada Allah SWT

يَا ابْنَ أٓدَمَ تُبْ اِلَيَّ أُكْرِمُكَ كَرَامَةَ الْأَنْبِيَاءِ

"Wahai anak Adam (manusia), bertaubatlah kepada-Ku, maka Aku akan memuliakanmu dengan kemuliaan para nabi".

Wasiat dan pesan nasehat kedua ini terkait bertaubat kepada Allah SWT. Ya, mau tidak mau bahwa kehidupan manusia pastilah diselimuti dengan banyaknya maksiat. Namun, seberapa banyak dan seberapa luas dosa dari maksiat tersebut, rahmat dan ampunan Allah SWT jauh lebih luas.

3. Wasiat Agar Manusia Tidak Memalingkan Hati dari Allah SWT

يَا ابْنَ أٓدَمَ لَا تُحَوِّلْ قَلْبَكَ عَنِّيْ فَإِنَّكَ إِنْ حَوَّلْتَ قَلْبَكَ عَنِّيْ أَخْدُلُكَ فَلَا أَنْصُرُكَ

"Wahai anak Adam (manusia), jangan memalingkan hatimu dari-Ku, karena sesungguhnya jika kamu memalingkan hatimu padaku, maka Aku akan menghinamu lalu Aku tidak akan menolongmu".

Wasiat ketiga dari 5 wasiat Allah SWT kepada manusia yaitu agar manusia tidak memalingkan hati dari-Nya. Pasalnya, sudah menjadi watak khas manusia bahwa mereka akan memalingkan hati dari Allah SWT dan terlena dengan keindahan dunia yang bersifat sementara, mereka melupakan-Nya dan melupakan hari kekekalan. Jika sudah demikian, maka Allah SWT akan menelantarkan, membiarkan, dan enggan menolong pada hari mereka butuh pertolongan Allah SWT, lalu hinalah mereka.

4. Wasiat Agar Meyakini Janji dan Ancaman Allah SWT

يَا ابْنَ أٓدَمَ لَوْ لَقَيْتَنِيْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَمَعَكَ حَسَنَاتٌ مِثْلَ أَهْلِ الْأَرْضِ لَمْ أَقْبَلْ مِنْكَ حَتَّى تُصَدِّقَنِيْ بِوَعْدِيْ وَوَعِيْدِيْ

"Wahai anak Adam (manusia), jika kamu menemui dengan-Ku pada hari kiamat sedangkan kamu memiliki kebaikan-kebaikan seperti penghuni bumi, maka Aku tidak akan menerimamu sehingga kamu membenarkan janji dan ancamanku".

Wasiat keempat ini adalah tentang menyakini serta mempercayai janji dan ancaman Allah SWT. Adapun janji Allah SWT meliputi banyak hal di antaranya adalah surga, rahmat, ampunan, rizki, dan lain sebagainya, sedangkan ancaman Allah SWT meliputi neraka, siksa, murka, dan lain sebagainya.

Berkenaan dengan wasiat ini maka hendaklah meyakini bahwa Allah SWT Maha Pembalas, meyakini bahwa semua yang ada di dunia adalah milik-Nya, serta senantiasa menyandarkan diri serta bergantung kepada-Nya.

5. Wasiat Agar Manusia Tidak Mengabaikan Taat Kepada Allah SWT Karena Rizki

يَا ابْنَ أٓدَمَ إِنِّيْ أَنَا الرَّزَّاقُ وَأَنْتَ الْمَرْزُوْقُ وَتَعْلَمُ أَنِّيْ أُوْفِيْكَ رِزْقَكَ فَلَا تَتْرُكْ طَاعَتِيْ بِسَبَبِ الرِّزْقِ فَإِنَّكَ إِنْ تَرَكْتَ طَاعَتِيْ بِسَبَبِ رِزْقِكَ أَوْجَبْتُ عَلَيْكَ عُقُوْبَتِيْ

"Wahai anak Adam (manusia), sesungguhnya Aku adalah Tuhan Yang Maha Memberi Rizki dan kamu adalah makhluk yang diberi rizki. Kamu tahu bahwa Aku telah memenuhi rizkimu, maka janganlah kamu meninggalkan taat kepadaku sebab rizki. Karena sesungguhnya jika kamu meninggalkan taat kepada-Ku sebab rizkimu, maka Aku mewajibkan siksa-Ku kepadamu".

Allah SWT memberikan wasiat dan pesan nasehat kepada manusia mengenai rizki agar mereka tidak melalaikan taat kepada-Nya, baik seberapa luas rizki yang ia dapatkan atau seberapa susahnya mereka mengais rizki. Karena sesungguhnya Allah SWT adalah Maha Menepati Janji, Dia telah menjatah rizki kepada manusia. Demikian adalah wasiat terakhir dari 5 wasiat Allah SWT kepada manusia.

Sebagai pengingat Allah SWT menutup lima wasiat tersebut dengan kalimat di bawah ini :

يَا ابْنَ أٓدَمَ احْفَظْ لِيْ هٰذِهِ الْخِصَالِ الْخَمْسِ وَلَكَ الْجَنَّةُ

"Wahai anak Adam (manusia) jagalah untuk-Ku 5 perkara ini, maka surga bagimu".

Demikian 5 wasiat Allah SWT kepada manusia, semoga dapat memberikan pengingat bagi diri serta mampu melunakkan kerasnya hati kita.

Wallahu a'lam bis showab,

Sumber : Kitab Al-Mawaidzul Ushfuriyah, Hadits ke-9

Karya : Syekh Muhammad bin Abu Bakar Al-Ushfuri

Next Post Previous Post
Advertisement here