Download Kitab Maulid Ad-Diba'i (PDF)

Download Kitab Maulid Ad-Diba'i (PDF)

Di Indonesia, pembacaan sholawat Nabi SAW merupakan bisa menjadi sebuah rutinitas yang diistiqomahi oleh jamaah, misalnya adalah pembacaan Maulid Diba' atau Maulid Ad-Diba'i. Pembacaan Maulid Diba' memang sudah biasa dilakukan oleh masyarakat pedesaan dan santri-santri pondok pesantren secara umumnya, baik di Malam Jum'at, Malam Minggu, dan malam-malam lainnya.

Tentu saja, rutinitas seperti demikian ini tidak hanya dilakukan hanya dengan membaca dan membaca saja, tetapi acara di dalamya dikemas dengan beberapa hal. Memang, pembacaan sejarah Nabi SAW di dalam Maulid Ad-Diba'i biasa dilantunkan dengan bacaan biasa seperti membaca Al-Qur'an pada umumnya, tetapi ketika sampai pada bacaan syair-syair sholawat, maka dilantunkan dengan berbagai macam lantunan lagu yang berbeda-beda. Bahkan terkadang, untuk lebih memeriahkan acara rutinitas tersebut, maka tidak jarang pula dibarengkan dengan irama musik banjari. Dan tentu saja, beberapa cemilan pasugatan juga ikut disuguhkan sebagai penyemangat sekaligus shodaqoh. Ya, kurang lebih seperti inilah rutinitas pembacaan Maulid Diba' yang biasa digelar di musholla dan masjid di pedesaan.

Setelah menjelaskan singkat tentang rutinitas pembacaan Maulid Ad-Diba'i di atas, tentu saja buku atau kitab yang digunakan untuk membaca dinamakan Kitab Maulid Ad-Diba'i. Dan jangan salah, bahwa Kitab Maulid Ad-Diba'i tidak hanya dibaca sebagai rutinitas saja, tetapi juga dikaji isi dan makna di dalamnya di pondok-pondok pesantren pada umumnya. Nah, untuk mengenal lebih detail tentang Kitab Maulid Ad-Diba'i, maka penjelasan pada topik-topik di bawah akan menjawab pernyataan tersebut.

Review Singkat Kitab Maulid Ad-Diba'i

Kitab Maulid Ad-Diba'i merupakan kitab yang telah disusun oleh Imam Abdur Rahman bin Ali bin Muhammad Ad-Diba'i yang merupakan salah satu ulama' ahli hadits, sastra, dan bahasa, yang dilahirkan pada 4 Muharram 866 H dan wafat pada Hari Jum’at 12 Rajab 944 H (8 Oktober 1461 M - 15 Desember 1537 M).

Sesuai namanya yaitu "Maulid", Kitab Maulid Ad-Dibai yang disusun oleh Imam Abdur Rahman Ad-Diba'i merupakan salah satu kitab sastra dan syair yang didedikasikan kepada lahirnya manusia pilihan, yaitu Nabi Muhammad SAW. Sehingga wajar saja kitab ini digunakan sebagai rutinitas pembacaan sejarah kelahiran Nabi SAW sebagai bentuk pengharapan rahmat kepada Allah SWT dam agar memperoleh syafaat Nabi SAW kelak di hari kiamat.

Jika dilihat dari isinya, Kitab Maulid Ad-Diba'i menjelaskan beberapa tema menarik tentang kemuliaan Rasulullah SAW yang dapat dirincikan, kurang lebih seperti poin-poin berikut ini :

  1. Terdiri dari 4 syair-syair sholawat dan pujian kepada Rasulullah SAW
  2. Penjelasan singkat tentang Nur Muhammad
  3. Sejarah lahirnya Rasulullah SAW sampai menginjak masa kecil Beliau
  4. Penjelasan sifat, kemuliaan, keutamaan, dan mukjizat Rasulullah SAW
  5. Penutup doa

Perlu dicatat juga bahwa Kitab Maulid Ad-Diba'i tidak hanya disusun berdasarkan rasa kecintaan penyusunnya kepada Rasulullah SAW saja, tetapi penjelasan-penjelasan di dalamnya, baik terkait penjelasan Nur Muhammad, sejarah, sifat, keutamaan, dan mukjizat Nabi SAW diambil dari hadits-hadits yang sudah dikenal oleh banyak ulama' ahli hadits.

Namun, karena Kitab Maulid Ad-Diba'i ini adalah kitab sastra dan syair, maka penjelasan mengenai kelima poin di atas tidak dijelaskan secara mendetail dan merinci. Jadi, jika kamu ingin mengkaji kitab ini, maka sangat disarankan untuk mengkaji dari kyai atau guru yang benar-benar paham.


Download Kitab Maulid Ad-Diba'i (PDF) dan Terjemah Indonesia

Nah, dengan mengharapkan rahmat dan ampunan Allah SWT, serta memperoleh berkah dari Rasulullah SAW serta penyusun kitab, maka Kitab Maulid Ad-Diba'i ini bisa diunduh secara gratis dalam format file berupa PDF, sebagaimana tabel di bawah ini :

File Keterangan
Nama kitab Maulid Ad-Diba'i
Tema kitab Sejarah Nabi SAW
Penyusun Imam Abdur Rahman Ad-Diba'i
Format file PDF
Ukuran file 284 Kb
Keterangan file tanpa makna
Download file Kitab Maulid Ad-Diba'i
Terjemah Indonesia online Kitab Maulid Ad-Diba'i

Semoga Allah SWT memberikan kemanfaatan dari file ini, juga terjemah Bahasa Indonesianya pada link yang sudah dicantumkan, terima kasih.