Download Kitab Matan Safinatun Najah (PDF)

Kitab Matan Safinatun Najah merupakan salah satu kitab klasik kecil dan tipis yang banyak dikaji di beberapa pondok pesantren. Pastinya, baik para santri ataupun alumni pondok pesantren tentu mengenal kitab yang berisi dasar-dasar ilmu fiqih ini.


Biografi Singkat Syekh Salim bin Sumair Al-Hadlrami

Kitab Matan Safinatun Najah adalah kitab yang telah disusun oleh Syekh Salim bin Sumair Al-Hadlrami yang merupakan salah satu ulama' asal Desa Dziasbuh, Hadramaut, Yaman. Inilah mengapa nama "al-hadlrami" dinisbatkan pada asal daerah yaitu Hadramaut, Yaman. 

Beliau merupakan ulama' yang memiliki banyak keahlian di bidang agama, baik fiqih, usul fiqih, tafsir Al-Qur'an, tasawuf, dan lainnya. Tak hanya pandai dalam bidang ilmu keagamaan saja, Syekh Salim bin Sumair Al-Hadlrami pernah juga menjadi pengamat militer negera dan juga menjadi seorang politikus kerajaan Kasiriyyah di Yaman.

Dalam sejarahnya, Syekh Salim bin Sumair Al-Hadlrami meninggalkan kampung halaman yaitu Yaman karena kesenjangan kondisi politik dalam kerajaan Kasiriyyah tersebut. Beliau kemudian pindah ke negara India (tidak diketahui dalam referensi berapa lama beliau berada di India). Kemudian, Beliau berpindah ke Batavia (Jakarta) di Indonesia dan menjadi salah satu ulama' yang banyak pengikut dan santri di Jawa. Beliau wafat pada tahun 1271 H atau 1855 M di Batavia (Jakarta), Indonesia.


Review Singkat Kitab Matan Safinatun Najah

Kitab Matan Safinatun Najah merupakan salah satu dari sekian banyak kitab kuning klasik yang banyak dikaji di pondok-pondok pesantren sampai saat ini. Kitab ini berisikan dasar-dasar ilmu fiqih yang bermadzhabkan Imam Syafi'i. Ya, mengingat sang penyusun yaitu Syekh Salim bin Sumair yang merupakan salah satu ulama' fiqih yang bermadzhab Syafi'i, sehingga kajian ilmu fiqih yang dituangkan ke dalam kitab ini.

Seperti halnya yang telah disampaikan di atas, tentu saja Kitab Matan Safinatun Najah sangatlah cocok untuk dikajikan pada santri-santri tingkat dasar dan menengah. Sedangkan beberapa bab dalam keseluruhan kitab ini bisa diringkas sebagaimana berikut :

  1. Rukun islam dan rukun iman
  2. Thaharah, termasuk istinja', pembagian najis, pembagian air, bab wudlu, mandi besar, dan lain sebaginya.
  3. Bab sholat, termasuk rukun, syarat, hal-hal yang membatalkan, sunnah-sunnah sholat, bab sholat jum'at, sholat jamak, dan sholat mayit.
  4. Bab zakat
  5. Bab puasa, termasuk syarat, rukun, hal-hal yang membatalkan, dan lain sebagainya.

Nah, karena Kitab Matan Safinatun Najah ini adalah kitab kecil yang berisikan dasar-dasar ilmu fiqih, maka tentu saja disiplin keilmuan fiqih yang dituangkan di dalamnya hanya secara garis besarnya saja. Jadi, untuk memahami lebih mendetail mengenai kajian ilmu fiqih dalam kitab ini sangatlah disarankan untuk belajar yang kyai atau guru yang ahli.

Kitab Matan Safinatun Najah ini juga disyarahi (diperjelas lebih detail) oleh Kitab Kasyifatus Saja yang disusun oleh Imam Nawawi Al-Banteni. Tentu saja mengkaji kitab karya Imam Nawawi ini juga sangat direkomendasikan agar lebih dapat memahami isi dalam Kitab Matan Safinatun Najah.


Download Kitab Matan Safinatun Najah (PDF)

Penjelasan singkat di atas sekiranya cukup untuk lebih mengenal tentang Kitab Matan Safinatun Najah dan muallifnya, baik sebagai pelajar maupun pengajar. Kamu pun bisa mendapatkan file Kitab Matan Safinatun Najah yang sudah disediakan dengan format PDF secara gratis dalam link pada tabel di bawah ini :

File Keterangan
Nama kitab Matan Safinatun Najah
Tema kitab ilmu fiqih
Penyusun Syekh Salim bin Sumair Al-Hadlrami
Format file PDF
Ukuran file 238 Kb
Keterangan file tanpa makna
Download file Matan Safinatun Najah
Terjemah Indonesia online Matan Safinatun Najah

Demikian, semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat, ampunan, dan nikmat-Nya kepada penyusun file serta umat muslim yang mau mengambil kebaikan ukhrawi dari file tersebut. Semoga Allah SWT memberikan manfaat, kebaikan, serta berkah ilmu dari penyusun Kitab Matan Safinatun Najah, terima kasih.

Next Post Previous Post