Download Kitab Ayyuhal Walad (PDF)

Kitab Ayyuhal Walad merupakan salah satu kitab kuning klasik nan kecil yang menjadi salah satu kitab yang cukup populer dikaji di banyak pondok pesantren. Tentu saja kitab ini juga cukup populer di kalangan para muallim dan para santri.


Review Singkat Kitab Ayyuhal Walad

Kitab Ayyuhal Walad merupakan salah satu dari sekian banyak kitab kuning yang berisikan tentang penjelasan-penjelasan mengenai akhlaq dan tasawuf. Kitab kuning klasik ini dinisbatkan pada Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali (atau lebih akrab dikenal Imam Ghazali) dan salah satu santri beliau, sebagai muallif atau penyusunnya.

1. Latar Belakang Disusunnya Kitab Ayyuhal Walad

Sebagaimana yang telah dijelaskan dalam muqaddimah Kitab Ayyuhal Walad, bahwa ada salah satu dari santri senior Imam Ghazali yang sudah banyak mengkaji keilmuan beliau, mengkaji berbagai macam kitab karya beliau, dan senantiasa berkhidmat kepada beliau sebagai seorang santri, sehingga santri tersebut pun memperoleh ilmu-ilmu lembut dan rumit yang bersifat hakekat dari beliau.

Pada suatu ketika, santri tersebut berpikir dan merenung, "Aku telah mempelajari banyak ilmu dan mennghabiskan masa-masa produktifku untuk mempelajari dan mengumpulkan ilmu-ilmu itu. Dan sekarang, aku seharusnya mengetahui ilmu manakah yang bermanfaat bagiku besok serta bisa menemaniku di dalam kuburku, dan manakah ilmu yang tidak memberi manfaat bagiku sehingga aku meninggalkannya. Sebagaimana Rasulullah SAW berdoa :

اللّٰهُمَّ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ

"Ya Allah, aku memohon perlindungan padamu dari ilmu yang tidak bermanfaat".

Pemikiran menganjal tersebut terlanjut terus, sehingga santri tersebut menulis sebuah surat kepada Hujjatul Islam, yaitu Imam Ghazali yang berisikan pertanyaan-pertanyaan atas masalah-masalah tasawuf, meminta nasehat dan fatwa, dan memohon doa kepada beliau.

Santri tersebut juga menyatakan bahwa meskipun sudah banyak karya-karya Kitab Imam Ghazali yang bisa memberikan jawaban atas pertayaan dan masalahnya seperti Kitab Ihya' Ulumiddin dan sebagainya, tetapi ia berkeinginan agar Imam Ghazali secara pribadi menuliskan jawabannya di dalam kertas sebagai kenangan dan kesan khusus tersendiri, sehingga kertas jawaban itu akan selalu ada bersamanya dan ia bisa mengamalkan apa yang telah beliau nasehatkan padanya hingga akhir hayat.

Setelah surat permintaan nasehat dan fatwa tersebut telah sampai, Imam Ghazali pun membalas surat santri tersebut atas pertanyaan dan masalah-masalah yang ia tanyakan dengan jawaban yang cukup lebar. Lalu, jawaban surat tersebutlah yang disusun menjadi sebuah kitab kuning kecil yang hingga sampai saat ini masih dikaji di banyak pondok pesantren dan madrasah diniyah.

2. Ikhtisar dan Isi Kitab Ayyuhal Walad

Kitab ini diberi nama "Ayyuhal Walad" yang artinya adalah wahai anakku, karena Imam Ghazali menyebut serta menyapa santri tersebut dengan kalimat "Ayyuhal Walad" dalam banyak kesempatan dan penjelasan di dalam balasan surat tersebut.

Dan sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, bahwa Kitab Ayyuhal Walad ini berisikan tentang nilai-nilai akhlaq dan tasawuf yang secara global dirincikan kurang lebih sebagaimana poin-poin berikut :

  • Fadhilah penting mengamalkan ilmu yang telah dipelajari
  • Ancaman bagi orang alim yang tidak mengamalkan ilmunya
  • Empat jalan yang harus ditempuh seorang salik (orang yang menempuh jalan tasawuf untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT)
  • Kisah yang menceritakan 8 faidah pertemanan antara Syekh Hatim Al-Asham dan Syekh Haqiq Balkhi
  • Tips mencari seorang guru dan mursyid (pembimbing jalan menuju Allah SWT)
  • Adab santri kepada mursyidnya
  • Kreteria seorang sufi
  • Nasehat bahwa seorang sufi bukan hanya sekedar teori saja, tetapi harus benar-benar merasakan manisnya pengalaman pada jalan yang ia tempuh
  • Delapan nasehat dan wasiat Imam Ghazali
  • Doa penutup dari Imam Ghazali

Demikian kurang lebih ringkasan isi yang dijelaskan oleh Imam Ghazali dalam Kitab Ayyuhal Walad tersebut demi menjawab pertanyaan dan permintaan oleh santri tersebut.


Download Kitab Ayyuhal Walad (PDF) dan Terjemah Bahasa Indonesia

Kitab Ayyuhal Walad ini juga sudah disusun ke dalam file mentah dengan format PDF yang bisa didownload untuk umum secara gratis sebagaimana dalam kolom pada tabel di bawah ini :

File Keterangan
Nama kitab Ayyuhal Walad
Tema kitab Akhlaq dan tasawuf
Penyusun Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad Al-Ghazali
Format file PDF
Ukuran file 589 Kb
Keterangan file tanpa makna
Download file Ayyuhal Walad
Terjemah Indonesia online Ayyuhal Walad

Demikian, review singkat dan informasi download Kitab Ayyuhal Walad, semoga bermanfaat bagi umum, khusunya bagi penyusun file, terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url