Cara Mengatasi Lupa PIN Aplikasi BRImo

Aplikasi BRImo merupakan salah satu aplikasi berbasis mobile internet banking BRI yang diperuntukkan kepada para nasahab bank BRI agar mempermudah dalam melakukan transaksi online hanya melalui smartphone genggam tanpa perlu repot-repot menggunakan laptop atau mendatangi mesin ATM terdekat.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah mengupas singkat mengenai bagaimana cara untuk menggati password akun BRImo. Cara tersebut bisa dilakukan sebagai solusi apabila akun BRImo terblokir karena sebab-sebab tertentu : Cara Mengatasi Akun BRImo Yang Terblokir.


Fungsi PIN di Aplikasi BRImo

Sebagian nasahab BRI pengguna aplikasi BRImo mungkin pernah bertanya-tanya, "mengapa masih harus ada PIN di aplikasi BRImo padahal sudah ada username dan password ?". Sebenarnya, pihak BRI selalu menjaga kemanan dan kenyamanan para nasabah BRI, termasuk para pengguna aplikasi BRImo. Fungsi PIN yang ada di dalam aplikasi BRIMo bisa diuraikan sebagaimana berikut :

1. PIN di Aplikasi BRImo Untuk Melakukan Transaksi Online

Sebagaimana ketika kamu melakukan transaksi BRI di mesin ATM, kamu pun pasti akan memasukkan PIN kartu ATM BRI, begitupun dengan aplikasi BRImo. Username dan password hanya berfungsi untuk masuk ke dalam akun BRImo. Sedangkan untuk melakukan transaksi online, para pengguna aplikasi BRImo harus memasukkan 6 digit PIN yang telah dibuat. PIN di aplikasi BRImo tidak harus sama dengan PIN kartu ATM BRI.

2. Untuk Keamanan Pengguna Aplikasi BRImo

Kesimpulan utama fungsi PIN di aplikasi BRImo adalah menjaga keamanan dan kenyamanan para nasabah BRI pengguna aplikasi BRImo dalam setiap transaksi yang dilakukan. Inilah alasan mengapa apabila salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, maka secara otomatis akun BRImo akan terblokir.


Cara Reset PIN di Aplikasi BRImo

Salah satu masalah yang cukup sering terjadi adalah nasahah BRI pengguna aplikasi BRImo lupa PIN yang telah ia buat sebelumnya. Namun, cara mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan melakukan reset PIN di aplikasi BRImo :

1. Masuk ke akun BRImo

2. Lakukan transaksi apapun (misalnya transfer uang, kirim pulsa, mengisi uang digital, atau lainnya)

3. Klik "Lupa PIN" pada halaman kode PIN

4. Masukkan password akun BRImo

5. Masukkan kode OTP yang telah dikirim ke nomor HP yang sudah teregistrasi

6. Buat 6 digit PIN baru

7. Selesai

Jika sudah, maka PIN lama akan tereset dengan PIN baru yang baru saja kamu buat. Selanjutnya, kamu bisa langsung melakukan transaksi BRI via aplikasi BRImo jika kamu mau.


Tips Menjaga Keamanan Pada PIN Aplikasi BRimo

Dari ulasan singkat di atas, ini menunjukkan bahwa PIN di aplikasi BRImo berfungsi sebagai keamanan karena itu berkaitan dengan keuangan dalam rekening bank BRI. Untuk itu, ada beberapa tips yang perlu kamu cermati untuk menjaga kemanan akun BRImo terkait PIN tersebut :

  1. Buatlah PIN aplikasi BRImo yang mudah untuk diingat
  2. Hindari membuat PIN dengan kombinasi tanggal lahir karena itu mudah ditebak
  3. Hindari membuat PIN dengan kombinasi angka-angka secara berurutan, seperti 654321
  4. Hindari membuat PIN dengan kombinasi angka sesuai nomor HP, nomor NIK, nomor KK, dan semacamnya.
  5. Hindari membuat PIN dengan kombinasi simbol tertentu, misalnya 159357 yang merupakan simbol X.
  6. Jangan membocorkan username, password, dan PIN pada orang lain, kecuali pada orang yang benar-benar bisa dipercaya.
  7. Jangan mencatat dan menyimpan angka PIN di dalam kertas. Atau mencatat dan menyimpannya dalam aplikasi catatan di smartphone, atau laptop.

Demikian sekilas mengenai cara mengatasi lupa PIN atau reset PIN di aplikasi BRImo, semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url