Download Proposal Peringatan Tahun Baru Hijriyah (Doc)

Tahun baru dalam versi agama Islam dimulai pada Bulan Muharram, yang artinya bahwa tanggal 1 Muharram merupakan tahun baru hijriyah. Sedangkan tahun baru masehi atau tahun baru umum adalah tanggal 1 Januari.

Menurut catatan sejarah, tahun baru hijriyah atau tahun baru islam baru ditetapkan dan dipublikasikan pada masa kepemerintahan Kholifah Umar bin Khattab ra, setelah beliau mempertimbangkan banyak usulan dari para sahabat. Penetapan tanggal 1 Muharram sendiri merupakan usul dari Sahabat Ali bin Abi Thalib ra yang didasarkan pada peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Kota Mekkah menuju ke Kota Madinah.

Nah, karena pada tanggal 1 Muharram yang merupakan tahun baru islam, maka tentu saja hari tersebut memiliki momen yang bersejarah bagi segenap umat muslim di seluruh dunia. Alhasil, sudah sewajarnya momen tersebut dikenang melalui sebuah peringatan hari besar islam sebagai bentuk pengingat, penambah motivasi akan pengetahuan dan wawasan keislaman, serta penambah semangat diri dalam menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.


Kegiatan Peringatan Tahun Baru Hijriyah di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama islam, sudah tentu tidak lupa untuk memperingati hari penuh sejarah tersebut. Masyarakat Indonesia sendiri memiliki banyak cara dan budaya dalam memperingati tanggal 1 Muharram sebagai tahun baru islam, salah satunya adalah dengan mengadakan kegiatan peringatan tahun baru islam dalam bentuk pengajian.


Unsur-Unsur Proposal Kegiatan Peringatan Tahun Baru Hijriyah

Sudah jelas bahwa untuk mengadakan kegiatan peringatan tahun baru islam pasti membutuhkan dana yang cukup lumayan. Sehingga, wajar saja dalam sebuah organisasi atau lembaga akan mengajukan proposal pengajuan dana untuk mendukung kegiatan tersebut ke organisasi atau lembaga yang lebih tinggi.

Proposal pengajuan dana sendiri bisa diartikan sebagai rencana kegiatan yang dituangkan ke dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan dengan harapan dapat memperoleh bantuan dana untuk mendukung rancangan kerja tersebut.

Poin utama dalam penyusunan proposal pengajuan dana (dalam hal ini untuk mendukung kegiatan peringatan tahun baru islam) adalah memetakan secara jelas dan mendetail tentang progam atau kegiatan peringatan tahun baru islam kepada pihak penerima proposal agar mereka mengetahui dan mau memberikan kontribusi dana melalui rancangan kerja tersebut.

Adapun unsur-unsur proposal kegiatan peringatan tahun baru islam pada umumnya adalah sebagaimana berikut ini :

  1. Latar belakang kegiatan
  2. Nama kegiatan
  3. Tujuan kegiatan
  4. Dasar kegiatan
  5. Waktu dan pelaksanaan kegiatan
  6. Penyelenggara kegiatan
  7. Peserta kegiatan
  8. Susunan Acara
  9. Susunan Kepanitiaan
  10. Rencana Anggaran Biaya
  11. Penutup


Download Proposal Kegiatan Peringatan Tahun Baru Hijriyah

Selanjutnya, Pelangi Blog di sini sudah menyiapkan contoh file mentah tentang proposal kegiatan peringatan tahun baru islam dan contoh laporan pertanggungjawabannya, yang dikemas ke dalam format .doc (microsoft word). Namun, perlu dicatat bahwa :

  1. File proposal tersebut hanya sebagai contoh, bukan bentuk proposal asli dari organisasi atau lembaga tertentu. Tujuannya adalah untuk membantu para pembaca yang membutuhkan contoh pembuatan proposal pengajuan dana.
  2. Contoh file proposal tersebut dapat dibuat sebagai referensi untuk mengajukan dana ke organisasi dan lembaga-lembaga kecil (seperti sekolah atau desa), bukan ke perusahaan atau badan kepemerintahan dalam instansi negara.
  3. Contoh file proposal tersebut dibuat dalam ranah Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Namun, bisa juga digunakan dalam ranah organisasi karang taruna dalam sebuah desa, kamu hanya perlu mengedit kalimat yang diperlukan.

Adapun link download contoh proposal kegiatan peringatan tahun baru hijriyah, maka bisa dilihat pada tabel berikut ini :

Format File Doc (Microsoft Word)
Ukuran Kertas F4
Ukuran File 192 Kb
Link Download Proposal Tahun Baru Hijriyah
Format File Doc (Microsoft Word)
Ukuran Kertas F4
Ukuran File 183 Kb
Link Download Laporan Pertanggungjawaban (LPJ)

Demikian contoh proposal peringatan tahun baru islam, semoga bisa membantu dan dapat dimanfaatkan dengan semestinya, terima kasih.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url