Apa itu ChatGPT? Bagaimana Cara Mengunakan ChatGPT?

Apa itu ChatGPT? Bagaimana Cara Mengunakan ChatGPT?

Apa itu ChatGPT? Bagaimana Cara Mengunakan ChatGPT? – Memang tidak bisa disangkal bahwa akal sebagai sumber pemikiran dan pusat kecerdasan manusia telah membantu mereka untuk berkembang dalam dinamika kehidupan.

Jika kamu menengok kembali kehidupan primitif manusia di masa lalu, rasanya saat ini mereka telah berubah maju dan berkembang. Ini adalah bukti bahwa manusia akan terus melanjutkan pengembangan sumber daya mereka di masa depan.

Bertolak dari perkembangan teknologi, baru-baru ini, dunia blogging dan media online digemparkan tentang teknologi kecerdasan buatan (AI) melalui percakapan. Hanya dengan melakukan chat, pengguna bisa menggali banyak jawaban, informasi, dan pengetahuan. Teknologi kecerdasan buatan ini disebut ChatGPT atau biasa disebut dengan istilah AI Chatbot.

Hanya berbekal sebuah chat yang berisi pertanyaan atau pernyataan, ChatGPT akan memberi jawaban yang relevan dan cukup akurat pada pengguna. Lalu, apa itu ChatGPT? Bagaimana cara menggunakan ChatGPT?.  


Apa itu ChatGPT?

ChatGPT merupakan implementasi teknologi dari model GPT (Generative Pre-trained Transformer) yang telah dikembangkan oleh perusahaan OpenAI. Teknologi ini secara khusus dirancang untuk dapat melakukan interaksi dengan manusia melalui sebuah percakapan robot (chatbot) dalam bahasa alami.

Lebih praktisnya, ChatGPT adalah teknologi kecerdasan buatan (AI) yang didesain untuk memahami dan merespon sebuah permintaan, pertanyaan, serta pernyataan penggunanya melalui sebuah chat. ChatGPT ini juga akrab disebut dengan istilah AI Chatbot.


Bagaimana Cara Kerja ChatGPT?

Dalam praktiknya, ChatGPT telah dirancang untuk menganalisis, mencerna, dan menggunakan sejumlah data besar dari berbagai macam sumber online. Hasilnya adalah teknologi kecerdasan buatan (AI) ini memiliki pemahaman luas tentang berbagai topik yang digunakan untuk merespon pengguna.

Dengan menggunakan ChatGPT, pengguna hanya perlu melakukan chat yang berisi pertanyaan, pernyataan, atau permintaan. Kemudian, ChatGPT akan memberi jawaban yang cukup padat dan akurat dalam sistemnya. 

Singkatnya, ChatGPT dapat menghasilkan respons yang relevan dan terstruktur berdasarkan konteks percakapan (chat), dengan menganalisis dan menggunakan pola bahasa yang telah diserap dalam sistemnya.

Baca cara daftar ChatGPT di situs OpenAI : Cara Daftar Aplikasi ChatGPT (AI Chatbot) Gratis.

Misalnya kamu melakukan chat dan bertanya tentang daftar negara paling maju di dunia. ChatGPT akan membawakan jawaban yang cukup padat, akurat, dan relevan berdasarkan pertanyaanmu tersebut. Coba perhatikan contoh konteks percakapan ChatGPT pada gambar di bawah ini :

Apa itu ChatGPT (Ai Chatbot)


Apakah ChatGPT Mampu Merespon Semua Topik Dalam Chat?

Meskipun ChatGPT mampu menyerap banyak informasi dan memiliki pamahaman yang luas, namun perlu dicatat bahwa ia hanya sebuah AI Chatbot atau robot chat dengan kecerdasan buatan.

Artinya, respon ChatGPT adalah model bahasa yang dibuat oleh sistem robot, bukan manusia. Ia memang terlihat seperti menghasilkan respon secara manusiawi, namuan sebenarnya hanya sistem robot.

ChatGPT tidak mampu merespon topik-topik khusus dan topik-topik tertentu. Hasil respon yang ia berikan adalah respon umum sesuai dengan data dan informasi yang diserap di dalam sistemnya. Jadi, apabila kamu mengajukan pertanyaan khusus maka ChatGPT tetap merespon dengan jawaban umum.

Misalnya, kamu bertanya tentang siapa wanita yang tercantik di dunia. ChatGPT akan merespon pertanyaanmu dengan jawaban yang umum yang menunjukkan bahwa kecantikan itu bersifat subjektif tergantung masing-masing individu.

Saya di sini akan mencontohkan untuk bertanya tentang siapa Tuhan semesta alam sebagaimana gambar di bawah. Ini adalah pertanyaan khusus dan ChatGPT merespon dengan jawaban umum yang menunjukkan bahwa keyakinan tergantung pada masing-masing individu.

Cara Menggunakan ChatGPT (Ai Chatbot)

Demikian ulasan singkat mengenai ChatGPT, semoga dapat memberikan gambaran tentang Apa itu ChatGPT? Bagaimana Cara Mengunakan ChatGPT?.