Cara Membuat Rating Bintang di Mesin Pencari Google

Cara Membuat Rating Bintang di Mesin Pencari Google

Cara Membuat Rating Bintang di Mesin Pencari Google - Jika kamu pernah mencari informasi tentang suatu produk atau layanan di Google Search Engine (mesin pencari Google), kamu mungkin pernah menemukan website yang hasil pencariannya menampilkan rating bintang di halaman mesin pencari tersebut (contoh seperti gambar di atas).

Rating bintang tersebut merupakan suatu ulasan yang mendeskripsikan singkat tentang produk dan layanan website tersebut. Biasanya, rating bintang di halaman mesin pencarian dimiliki oleh website-website besar dengan optimasi SEO di mesin pencari. Rating bintang ini disebut sebagai "Review Snippet" atau potongan ulasan.

Website dengan optimasi SEO menggunakan "Review Snippet" akan dinilai Mesin Pencari Google sebagai website yang "rich result" atau kaya hasil. Alhasil, rating bintang akan muncul di mesin pencari Google dan dilihat oleh setiap pengunjung yang berhasil menemukannya.

Potongan kaya adalah tampilan hasil pencarian yang ditingkatkan dan menampilkan informasi tambahan di bawah judul dan URL halaman web. Informasi tambahan ini dapat berupa gambar, harga, waktu, rating, dan banyak lagi.

Dalam artikel ini, saya akan membahas lebih lanjut tentang "review snippet" dan bagaimana saya dapat menampilkan rating bintang setiap halaman blog di mesin pencari Google. Tentu saja ini membantu meningkatkan optimasi mesin pencari (SEO) dan meningkatkan ketertarikan pengguna pada halaman web.


Apa itu Review Snippet?

Review snippet merupakan potongan informasi singkat yang muncul di hasil pencarian Google. Biasanya, review snippet menampilkan ulasan dan rating bintang mengenai suatu produk atau layanan.

Review snippet ini muncul di mesin pencari Google sebagai hasil yang menyatakan bahwa URL halaman website kaya hasil. Dengan tampilnya rating bintang dan ulasan, seolah website tersebut memberikan ulasan informasi singkat tentang isi halaman yang akan diakses.

Dalam praktiknya, ternyata menampilkan rating bintang pada halaman blog di mesin pencari melalui optimasi review snippet di template blog dapat membantu meningkatkan SEO halaman website serta meningkatkan klik-through rate (CTR).

Pengunjung website tentu lebih cenderung tertarik untuk mengklik halaman web setelah melihat adanya rating bintang dan ulasan positif yang tampil di mesin pencari Google.

Dengan demikian, website yang mampu melibatkan ketertarikan pengunjung akan memperoleh banyak klik dan kunjungan. Sehingga ini juga akan membantu meningkatkan peringkat website di mesin pencari Google.

Perlu diketahui juga bahwa sampai saat ini mbah Google masih memperhitungkan faktor klik-through rate (CTR) dan keterlibatan pengunjung untuk menentukan peringkat halaman web di mesin pencari.


Cara Mengetahui Status Rating Bintang

Sebelum membahas mengenai tutorial tentang cara membuat rating bintang di mesin pencari Google, sebenarnya status website yang menggunakan review snippet dapat dilihat di Google Search Console:

1. Buka akun Google Search Console

2. Klik menu "Enhancements"

3. Lihat status review snippet yang valid dan tidak valid

Di sana kamu akan melihat status reviews snippets valid atau tidak pada semua halaman URL. Ini menunjukkan bahwa meskipun rating bintang yang kamu tampilkan adalah fake atau palsu, tetapi mbah Google masih memperhitungkan penyempurnaan semua halaman konten blogmu.

Begitu juga, apabila ada review snippet yang tidak valid, maka akan ada pemberitahuan di akun Google Search Console yang dikirim via email. Ini artinya ada kode review snippet yang salah dan tidak bisa terbaca oleh mesin pencari. Jadi, silahkan diperbaiki.


Cara Membuat Rating Bintang Halaman Blog di Mesin Pencari Google

Apabila kamu menggunakan platform blogger, ada cara membuat rating bintang di mesin pencari Google secara otomatis. Cara ini bisa dibilang untuk mengakali mbah Google dan pengunjung dengan menampilkan "fake rating" atau rating palsu.

Pertanyaannya adalah apakah cara membuat rating bintang palsu seperti ini aman di mesin pencari ?. Tentu saja aman, asalkan isi konten dalam halaman artikel benar-benar memberikan informasi berguna bagi setiap pengunjung dan tidak ada upaya trik hitam di blog.

Adapun cara membuat rating bintang di halaman blog di mesin pencari Google adalah sebagai berikut ini :

1. Buka dashboard blogger

2. Klik "Thema" - Klik "Edit HTML"

3. Copy kode di bawah ini dan paste sebelum kode </head>:

<script type='application/ld+json'>
  {
    "@context": "https://schema.org",
    "@type": "CreativeWorkSeries",
    "url": "<data:blog.url/>",
    "name": "<data:blog.pageTitle/>",
    "alternateName": "<data:blog.pageTitle/>",
    "description": "<data:blog.metaDescription/>",
    "inLanguage": "id",
    "aggregateRating": {
    "@type": "AggregateRating",
    "ratingValue": "5",
    "bestRating": "5",
    "worstRating": "0",
    "ratingCount": "2100",
    "reviewCount": "2100"
  },
    "author": {"@type": "Person", "name": "Pelangiblog"},
    "publisher": {"@type": "Organization", "name": "<data:blog.title/>"}
    }
  }
</script>

Keterangan :
inLanguage = kode negara
ratingValue = atur untuk menampilkan nilai rating bintang
bestRating = atur untuk menampilkan nilai rating terbaik, biasanya 5 -10
worstRating = atur untuk menampilkan nilai rating terendah
ratingCount = atur untuk menampilkan jumlah rating
reviewCount = atur untuk menampilkan jumlah review
name = ganti dengan namamu

4. Klik save untuk menyimpan template.

Setelah semua langkah di atas telah dilakukan dengan benar, kamu hanya perlu menunggu mbah Google untuk merayapi semua halaman URL blogmu.

Biasanya, sekitar 1 sampai 2 minggu setelah perayapan, mbah Google akan menampilkan rating bintang untuk blogmu di mesin pencari.

Berikut video tutorialnya :

Demikian cara membuat rating bintang di mesin pencari Google, semoga dapat sedikit membantu melegakan hari-hari menulismu yang kadang melelahkan, seperti lelahnya hatiku pada si dia.