Cara Memulihkan Channel Youtube Dihapus Permanen

Cara Memulihkan Channel Youtube Yang Dihapus

Cara Memulihkan Channel Youtube Dihapus Permanen – Youtube merupakan platform video yang saat ini dikembangkan oleh perusahaan Google. Pengguna Youtube memungkinkan untuk mengupload video-video kreasi pribadi dan menonton video-video pengguna lainnya.

Untuk tetap bertahan dan memperluas jaringan penggunanya, tim youtube bekerja sama dengan pihak pengiklan untuk menjalankan bisnis pengiklanan. Dengan demikian, tim Youtube mampu memfaslitasi penggunanya untuk dapat memperoleh penghasilan dari kreasi video mereka.

Tentu saja ini menarik daya minat para konten kreator video untuk turut berpartisipasi dalam pembuatan video. Fakta menjelaskan bahwa banyak konten kreator video youtube telah sukses dan meraup banyak penghasilan dari kreasi video mereka.

Namun, untuk menjadi konten kreator youtube yang sukses tidaklah semudah dalam angan-angan. Semua itu membutuhkan usaha, perjuangan, pengorbanan, ketelatenan, dan strategi jitu. Yang jelas, sukses sebagai konten kreator youtube adalah jalan panjang penuh rintangan yang harus ditempuh, terkhusus bagi kreaktor konten pemula.

Berbicara tentang konten kreator youtube, tim youtube memiliki aturan ketat tentang pelanggaran yang menyalahi pedoman komunitas youtube. Aturan pedoman komunitas itu dibuat untuk tujuan membatasi para konten kreator agar tidak membuat video seenaknya sendiri. Adapun pelanggaran pedoman komunitas seperti upload video berhak cipta, konten sensitif, konten spam, konten penipuan, dan lain sebagainya.


Macam-Macam Teguran Pedoman Komunitas Youtube

Bagi konten kreator yang melanggar kebijikan pedoman komunitas di Youtube, maka ia akan mendapatkan teguran dari tim Youtube. Adapun bentuk teguran yang melanggar kebijakan pedoman komunitas youtube di antaranya:

1. Peringatan: Tim Youtube akan memberikan teguran peringatan bagi setiap konten kreator yang melanggar kebijakan pedoman komunitas Youtube. Peringatan ini bertujuan untuk mewanti-wanti setiap konten kreator untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dan perlu dicatat juga bahwa tim Youtube bisa saja langsung memberhentikan (menghapus) channel tanpa peringatan apabila terjadi pelanggaran berat.

2. Teguran Pertama: Teguran ini diberikan oleh tim Youtube apabila konten kreator sudah 2 kali melakukan pelanggaran. Pada tahap ini, konten kreator tidak diperbolehkan untuk upload video, melakukan live steaming, upload story youtube (short video), dan lain-lainnya selama 1 minggu.

Apabila sudah lewat masa 1 minggu, maka pemilik channel bisa melakukan upload video, live steaming, video short, dan aktivitas lainnya secara otomatis. Namun, teguran ini akan masih ditampilkan di halaman “Youtube Studio” sebagai pengingat selama 90 hari.

Jika sudah lewat masa 90 hari dan pemilik channel youtube tidak melakukan pelanggaran apapun, maka secara otomatis teguran ini akan hilang. Apabila pemilik channel melakukan pelanggaran lagi setelah 90 hari, maka ia akan mendapatkan teguran pertama lagi.

3. Teguran Kedua: Teguran kedua diberikan oleh tim Youtube apabila pemilik channel melakukan pelanggaran lagi dalam masa kurang dari 90 hari setelah menerima teguran pertama. Pemilik channel youtube tidak diperbolehkan upload video, upload short video, melakukan live streaming, dan aktivitas lainnya selama 2 minggu.

Setelah masa 2 minggu berlalu, pemilik channel dapat melakukan aktivitas biasa seperti upload video dan lainnya. Seperti halnya teguran pertama, batas teguran kedua ini akan berakhir setelah 90 hari. Jika setelah 90 hari berakhir dan ia melakukan pelanggaran lagi, maka ia akan mendapatkan teguran pertama.

4. Teguran Ketiga: Teguran ketiga diberikan oleh tim Youtube apabila pemilik channel melakukan pelanggaran lagi dalam masa kurang dari 90 hari setelah menerima teguran kedua. Tim Youtube akan memberhentikan (menghapus) channel apabila pemiliknya menerima teguran ketiga. Pada tahap ini, pemilik channel hanya bisa mengajukan banding dan memohon agar channel diaktifkan kembali.

Perlu diketahui juga bahwa menghapus video yang melanggar tidak akan menghilangkan teguran. Namun, menghapus video yang melanggar bisa dilakukan agar setelah 90 hari tidak terdeteksi sebagai penaggaran lagi.


Cara Memulihkan Channel Youtube Yang Dihapus Permanen oleh Tim Youtube

Penghapusan channel oleh tim Youtube umum dilakukan sebagai konsekuensi atas pelanggaran kebijakan pedoman komunitas Youtube. Namun,dalam beberapa kasus, tim Youtube kadang melakukan kesalahan dengan langsung menghapus channel.

Tim Youtube akan mengirimkan pemberitahuan via email mengenai setiap bentuk pelanggaran sampai penghapusan channel. Entah apapun alasan penghapusannya, setiap konten kreator hanya bisa melakukan pengajuan banding dan memohon agar channel dapat dipulihkan kembali.

Berikut ini cara memulihkan channel Youtube yang dihapus oleh Tim Youtube:

1. Buka email yang berisi channel telah dihapus oleh tim youtube

2. Klik link pada “Appeal Here”

3. Isi dengan nama channel pada kolom “Your Full Name”

4. Isi alamat email yang kamu gunakan untuk login ke channel Youtube

5. Isi alamat email untuk mendapatkan pemberitahuan dari tim Youtube. (Boleh dengan mengguanakan email sama seperti email pada poin 4 di atas).

5. Isi alasan dan permohonan pemulihan kembali channel yang dihapus. Alasannya bisa seperti di bawah ini:

Kepada yang terhomat Tim Youtube.
Kami selaku pemilik “NAMA CHANNEL YOUTUBE”, kami ingin mengajukan banding atas channel youtube kami yang telah dihapus.
Kami merasa bahwa selama menggunakan channel atau membuat konten video, kami sudah berusaha untuk mengikuti kebijakan pedoman komunitas Youtube.
Apabila ada kesalahan fatal yang menyebabkan channel kami dihapus, maka itu akan karena ketidaksengajaan atau kecerobohan kami. Kami kurang mengetahui informasi detail mengenai kebijakan pedoman komunitas Youtube. Kami mohon maaf atas kesalahan dan kecerobohan yang telah kami lakukan.
Untuk itu, kami memohon agar tim Youtube dapat memulihkan kembali channel kami yang telah dihapus. Kami berjanji akan lebh berhati-hati dalam pembuatan konten agar memenuhi kebijakan pedoman komunitas Youtube.
Terima kasih,
Salam hangat.

6. Klik “Kirim”.

Silahkan tunggu beberapa jam untuk mendapatkan pemberitahuan dari tim Youtube. Pemberitahuan akan dikirim via email yang telah dimasukkan pada poin kelima di atas. Tim Youtube biasanya akan memulihkan kembali channel itu apabila pelanggaran tidak terlelau parah. Namun, untuk pelanggaran yang terlalu berat dan terlalu parah, tim Youtube mungkin saja tidak akan memulihkan channel tersebut.


Tutorial Video Memulihkan Channel Youtube Yang Dihapus Permanen oleh Tim Youtube

Berikut ini adalah video tutorial cara memulihkan channel youtube yang dihapus oleh tim Youtube. Isi videonya menjelaskan langkah-langkah mengajukan banding ke tim Youtube dan bukti channel dipulihkan kembali.

Singkat cerita, channel teman saya ini sudah pernah melanggar, namun sudah lewat 90 hari. Kemudian, channel tersebut melakukan pelangaran lagi dalam live streamingnya. Seharusnya, teguran yang didapat adalah teguran pertama. Namun, tim Youtube langsung menghapus  channel tersebut.

Setelah melakukan pengajuan banding seperti yang dijelaskan, tim Youtube mengirimkan email berisi pemberitahuan bahwa channel telah dipulihkan. Tim Youtube juga menginformasikan bahwa penghapusan channel adalah kesalahan dalam sistem Youtube.

Berikut ini cara mengajukan banding channel yang sudah dihapus oleh tim youtube sesuai deskripsi masalah yang saya jelaskan di atas: