Download Proposal Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Proposal Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Proposal Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW – Isra’ mi’raj adalah peristiwa sejarah besar yang memiliki nilai spiritual religi bagi segenap kaum muslimin. Dalam peristiwa besar itu, Nabi Muhammad SAW memperoleh perintah wajib untuk melaksanakan ibadah sholat yang harus disampaikan kepada umat beliau. Dalam Surat Al-Isra’, Allah SWT berfirman:

سُبْحَانَ الَّذِيْ أَسْرٰى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِيْ بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْبَصِيْرُ

"Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui" (Al-Isra’: 1).

Kata isra’ sendiri berasal dari kata asraa (أَسْرٰى) yang secara bahasa berarti melakukan perjalanan malam. Isra’ sendiri memiliki arti perjalanan semalam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW atas perintah Allah SWT, dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha. Sedangkan kata mi’raj berarti peristiwa diangkatnya Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aqsha ke Sidratul Muntaha yang berada di langit ketujuh, lalu beliau sowan kepada Allah SWT di Arsy.

Peristiwa isra’ mi’raj terjadi pada tahun ke-10 setelah kenabian, bertepatan pada malam 27 Rajab. Ini merupakan pendapat yang paling kuat yang digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Namun, ada juga pendapat-pendapat lain dari ulama’ lainnya.


Acara Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Isra’ mi’raj adalah peristiwa besar yang menunjukkan tanda kebesaran dan kekuasaan Allah SWT bagi hamba-hamba-Nya yang mau beriman dan berpikir. Yaitu, orang-orang yang meyakini kebenaran peristiwa isra’ mi’raj dengan mengedepankan keyakinan di dalam hati mereka.

Kita percaya bahwa perjalanan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW berlangsung semalam suntuk. Padahal, pada masa Nabi Muhammad SAW saat itu belum ada alat tranportasi secanggih dan secepat saat ini. Tentu saja logika manusia pasti menolak peristiwa di luar akal tersebut. Namun, Allah SWT berkehendak terhadap apa yang Dia kehendaki, tiada yang mustahil bagi-Nya.

Dalam peristiwa isra’ mi’raj, Allah SWT memberikan perintah wajib kepada Nabi Muhammad dan umat beliau untuk melaksanakan sholat fardlu 5 waktu. Kemudian, perintah sholat itu menjadi kewajiban sebagai salah satu rukun islam.

Dari sinilah, isra’ mi’raj menjadi peristiwa besar yang mengandung nilai-nilai spiritual religi dan peristiwa sejarah luar biasa. Tentu saja, sebagai muslim yang beriman, kita wajib mempercayai dan meyakini kebenaran peristiwa isra’ mi’raj, serta merenungkan betapa besar hikmah-hikmah di dalam peristiwa itu.

Untuk itulah, kaum muslimin di Indonesia secara antusias mengadakan acara peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, baik di masjid, musholla, sekolah, madrasah, pondok pesantren, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk pengenangan dan perenungan akan peristiwa luar biasa dalam isra’ mi’raj.


Manfaat dan Tujuan Acara Peringatan Isra’ Mi’riaj Nabi Muhammad SAW

Acara peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan acara yang dilakukan sekali dalam setahun. Tradisi acara peringatan ini biasa dikemas dengan acara pengajian dan sholawat, baik di pondok pesantren, sekolah, madrasah, masjid, musholla, dan lainnya. Bahkan, pemerintah Indonesia telah menetapkan peristiwa isra’ mi’raj sebagai bagian dari PHBI (Peringatan Hari Besar Islam).

Nah, adapun manfaat dan tujuan diselenggarakannya acara peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, antara lain:


1. Sebagai Wujud Syukur Atas Nikmat dan Karunia Allah SWT

Perintah sholat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW dalam peristiwa isra’ mi’raj merupakan nikmat dan karunia dari-Nya. Ini menunjukkan bahwa Allah SWT peduli, kasih sayang, dan perhatian kepada umat Nabi Muhammad SAW. Sudah sepantasnya, kita sebagai hamba-Nya yang tunduk untuk menerima dan melaksanakan perintah itu dengan hati yang lapang.

Dengan demikian, acara memperingati isra’ mi’raj Nabi Muhammad diselenggarakan sebagai wujud syukur atas semua nikmat dan karunia Allah SWT yang diberikan kepada kita semua. Inilah mengapa acara isra’ mi’raj dikemas dengan model pengajian, nasehat baik, dan motivasi keagamaan.


2. Sebagai Bentuk Perenungan Atas Kebesaran Allah SWT

Isra’ mi’raj adalah peristiwa yang berada di luar akal manusia, tidak sanggup dijelaskan dengan sains secara mendetail. Selanjutnya, kita tahu bahwa acara memperingati isra’ mi’raj dipenuhi dengan kisah dan sejarah isra’ mi’raj itu sendiri. Tentu saja, ini dimaksudkan agar pendengar dapat merenungkan begitu besarnya dan begitu kuasanya Allah SWT dalam menghendaki sesuatu.


3. Menambah Pengetahuan dan Wawasan Religi

Acara peringatan isra’ mi’raj biasa dikemas dalam bentuk pengajian. Tak luput, pengajian di dalamnya berisi sejarah isra’ mi’raj dan kisah-kisah inspiratif. Tak hanya sebagai pengetahuan dan wawasan, sejarah isra’ mi’raj dapat tertancap ke dalam hati sebagai keyakinan yang tidak terpatahkan kebenarannya.


4. Meneladani Akhlaq Mulia Nabi Muhammad SAW

Pelaku isra’ mi’raj adalah Nabi Muhammad SAW dan ditemani oleh Malaikat Jibril. Sehingga, acara isra’ mi’raj biasa juga diisi dengan motivasi-motivasi untuk meneladani akhlaq mulia Nabi Muhammad SAW. Pasalnya, beliau adalah suri teladan dan pedoman bagi umat.


5. Menumbuhkan Keimanan dan Ketaqwaan di dalam Hati

Hal yang tak kalah pentingnya dalam peringatan isra’ mi’raj adalah untuk menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan mencintai Nabi Muhammad SAW dari lubuk hati terdalam. Hasilnya adalah kita menjadi hamba yang senantiasa mengharap rahmat dan ridlo-Nya, serta diridloi oleh-Nya.


Download Proposal Acara Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW

Berbicara tentang penyelenggaraan acara peringatan isra’ mi’raj, pastinya tidak luput dari proposal acaranya. Proposal ini dimaksudkan untuk meminta izin dan dukungan dalam menyelenggarakan acara peringatan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, baik tempat, dana, waktu, sarana prasarana, dan lain sebagainya.

Hal terpenting dalam pembuatan proposal isra’ miraj adalah menjelaskan secara rinci mengenai acara isra’ mi’raj yang akan diadakan, baik latar belakang, tujuan, dasar acara, waktu dan tempat pelaksanaan, penyelenggara acara, rencana anggaran biaya, dan sebagainya. Harapannya adalah organisasi, instansi, atau lembaga dapat mengetahui detail acara isra’ mi’raj yang akan diadakan sehingga dapat mudah untuk disetujui.

Di sini, saya sudah menyediakan contoh proposal acara isra’ mi’raj sederhana. Saya kira proposal isra’ mi’raj ini cocok digunakan untuk instansi atau organisasi kecil, seperti pengurus OSIS, pengurus karang taruna desa, pengurus pondok pesantren, dan lain sebagainya.

Proposal acara isra’ mi’raj ini sengaja saya bagikan dalam bentuk doc (dokumen word), sehingga dapat diedit dengan mudah. Selain itu, saya sendiri sudah menyediakan contoh proposal laporan pertanggungjawaban atas acara isra’ mi’raj tersebut:

Format File Doc (Microsoft Word)
Ukuran Kertas F4
Ukuran File 188 Kb
Link Download Proposal Isra' Mi'raj Nabi SAW
Format File Doc (Microsoft Word)
Ukuran Kertas F4
Ukuran File 173 Kb
Link Download LPJ Isra' Mi'raj Nabi SAW


Demikan, proposal isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, semoga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan baik, terima kasih.