7 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

Memiliki pekerjaan layak tidak digapai hanya dengan impian semata, tetapi butuh usaha dan persiapan cukup

7 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja

PelangiBlog.Com – Memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan yang memuaskan adalah impian semua orang, karena mau tak mau, bekerja merupakan tuntutan untuk memenuhi kebutuhan lahiriyah sehari-hari. Jadi, merencanakan apa dan di mana nantinya Anda akan bekerja merupakan hal penting yang perlu dipersiapkan saat ini untuk masa depan.

Pekerjaan yang layak tidaklah digapai hanya dengan impian dan rencana semata, tetapi Anda juga harus bertindak sebagai subjek utama di sini. Dan perlu diingat, bahwa sebagus apapun rencana Anda, semua hanya akan berjalan sia-sia tanpa adanya usaha.

Jika Anda saat ini masih bersekolah atau sedang menyelesaikan studi tahap akhir, itu adalah waktu yang tepat untuk mempersiapkan apa, di mana, dan bagaimana nantinya Anda akan bekerja. Tentu saja Anda ingin mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai keinginan. Untuk itulah, sebelum semua terlambat, Anda perlu menyiapkan beberapa langkah sebagai berikut :

1. Perluas Wawasan dan Keilmuan Anda
Saat Anda masih menjalani studi, manfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk menambah wawasan dan keilmuan Anda. Ada banyak fasilitas yang bisa Anda manfaatkan, mulai dari membaca buku-buku online maupun offline, pengetahuan berlimpah dari internet, dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Jadikan diri Anda sebagai pribadi yang haus akan pengetahuan, wawasan, dan pengalaman, jangan pernah membiarkan diri Anda hanyut oleh kesenangan masa remaja yang bersifat semu.

2. Fokuslah Pada Keterampilan dan Kreativitas Anda
Ketika Anda sekolah di SD, SMP, sampai SMA, Anda akan mendapatkan banyak sekali pelajaran dan keterampilan. Jangan pernah mencoba untuk menguasai semuanya, tetapi fokuslah pada pelajaran dan keterampilan yang Anda sukai.

Ketika Anda mulai kuliah, pastikan Anda menekuni apa yang Anda bisa sesuai keterampilan dan keahlian Anda. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, sedangkan Anda sendiri sudah sangat mahir dalam bidang pekerjaan tersebut.

3. Perluas Jaringan
Semasa bersekolah sampai kuliah, tentunya Anda memiliki banyak teman, guru, dosen, tetangga, bahkan kenalan yang berbeda gaya dan keterampilan. Bergaul baiklah dengan mereka semua, semakin Anda memiliki banyak teman, maka semakin luas jaringan yang Anda jalin. Ini nantinya akan membantu Anda untuk menemukan informasi terkait lapangan pekerjaan yang layak bagi Anda.

4. Susunlah Ide dan Perencanaan Matang
Selanjutnya, Anda perlu menyusun ide dan perencanaan matang terkait apa dan bagimana pekerjaan yang layak untuk Anda. Bisikkan dalam pikiran Anda tentang apa yang harus saya lakukan untuk sama depan nanti ?, apa saya bisa sukses ?, bagaimana proses bekerja yang akan saya kerjakan nanti ? dan lain sebagainya. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, akan muncul beberapa ide dan rencana yang matang, yang nantinya aka berguna untuk menentukan target dan tujuan, serta lebih responsif untuk menggapai masa depan yang cerah.

5. Bulatkan Keputusan Anda
Nah, jika Anda sudah menyusun ide dan perencanaan terkait masa depan Anda, berarti setidaknya Anda sudah memberikan gambaran jelas tentang target masa depan. Sekarang, saatnya bagi Anda untuk membulatkan keputusan untuk menggapai target yang sudah Anda buat dengan berusaha dan berusaha.

6. Manfaatkan Waktu dan Uang Sebaik Mungkin
Anda belum terlambat untuk melangkah menuju masa depan yang cerah, perjalanan yang Anda tempuh masih belum sepenuhnya berakhir. Jangan menghabiskan waktu hanya untuk kesenangan sia-sia, begitu juga menghambur-hamburkan uang untuk foya-foya. Kini, coba sadarkanlah diri Anda sendiri dengan lebih memanfaatkan waktu dan uang sebaik mungkin. Nantinya, Anda pasti membutuhkan keahlian dalam bekerja dan juga modal yang cukup, apalagi jika Anda ingin merintis bisnis sendiri.

7. Pertahankan Kesehatan Tubuh
Kesehatan adalah anugerah Tuhan yang sangat berharga, kesenangan tanpa kesehatan seperti halnya burung yang terjerat di ladang padi. Untuk itu, agar Anda nanti bisa menikmati pekerjaan dan hasilnya, mulai saat ini jagalah kesehatan tubuh Anda dengan makan makanan bergizi dan perbanyak olehraga. Jangan pernah melakukan hal sia-sia seperti kecanduan merokok, minuman keras, dan narkoba.
Name

Bisnis Online Blogging Doa-doa Fiqih Gaming Inspirasi Internet Keluarga Kisah teladan Life Pekerjaan Pendidikan Relationship Religi Tips Tutorial Blog
false
ltr
item
Pelangi Blog: 7 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja
7 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Memasuki Dunia Kerja
Memiliki pekerjaan layak tidak digapai hanya dengan impian semata, tetapi butuh usaha dan persiapan cukup
https://4.bp.blogspot.com/-RUHfEjuarVE/V7_cruo7MQI/AAAAAAAACa4/dizBnHUE41Mr0pz-xy5w-GJYptE_RZupACPcB/s640/5%2BTips%2BPenting%2Buntuk%2BMillenial%2BSebelum%2BMemasuki%2BDunia%2BKerja.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-RUHfEjuarVE/V7_cruo7MQI/AAAAAAAACa4/dizBnHUE41Mr0pz-xy5w-GJYptE_RZupACPcB/s72-c/5%2BTips%2BPenting%2Buntuk%2BMillenial%2BSebelum%2BMemasuki%2BDunia%2BKerja.jpg
Pelangi Blog
http://www.pelangiblog.com/2016/09/7-hal-yang-harus-disiapkan-sebelum.html
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/
http://www.pelangiblog.com/2016/09/7-hal-yang-harus-disiapkan-sebelum.html
true
6152984874501812302
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy