10 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Stres

Pelangiblog
By -
10 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Stress

10 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Stres - Stres merupakan salah satu bentuk kesenjangan hati dan pikiran karena banyaknya masalah yang dirasa menjadi beban. Stres hampir dialami oleh banyak orang, baik remaja, dewasa, pria, maupun wanita. Hal ini kerap terjadi ketika banyak masalah yang menjadi beban pikiran, sedangkan hati tidak bisa menerimanya.

Saat seseorang sedang mengalami stres, ia akan merasa putus asa, merasa sedih dan cemas, merasa frustrasi, dan merasa hampa dalam hidupnya. Namun, jika hal ini dibiarkan terjadi berlarut-larut, maka dapat menyebabkan kebimbangan yang berlarut-larut dalam pikirannya. Ia tidak lagi bisa mengendalikan emosional dan berpikir dengan bijaksana selama rasa stres itu tidak dihilangkan.


Hal-Hal Yang Menyebabkan Stres

Stres bisa saja dialami oleh siapapun karena memang ini adalah bagian dari kehidupan dunia. Penyebab utama seseorang mengalami stres adalah karena faktor kelemahan dalam diri sendiri. Ia tidak mampu dan tidak mau mencoba untuk menerima kenyataan yang berlawanan dengan keinginannya dengan lapang hati.

Keinginan dan ekspektasi tinggi yang tidak selaras dengan kenyataan memang sangat berat untuk diterima. Perasaan tidak dapat menerima kenyataan inilah yang menyebabkan stres dalam hati dan pikiran. Ada banyak contoh keinginan dan ekspektasi inggi yang tidak selaras dengan keinginan, seperti:

  • Kondisi ekonomi semakin menurun
  • Kemerosotan bisnis, usaha, dan hasil pekerjaan
  • Trauma masa lalu yang berkepanjangan
  • Penyakit yang menggerogoti tubuh
  • Ketidakharmonisan keluarga, pertengkaran rumah tangga, bahkan sampai broken home
  • Beban pekerjaan semakin menumpuk
  • Banyaknya tugas sekolah
  • Putus hubungan asmara
  • Dan lain-lain.


Dampak Buruk Stres Terhadap Kehidupan Seseorang

Beberapa hal yang telah disebutkan di atas adalah contoh-contoh penyebab rasa stres. Apabila pemicu-pemicu tersebut dibiarkan dan seseorang tidak berusaha untuk menghilangkan stres, maka akan berdampak buruk bagi kehidupannya sendiri. Di antara dampak buruk streem yang mempengaruhi kehidupan seseorang adalah:

  • Munculnya Gangguan Mental: Stres memang berdampak buruk terhadap mental seseorang, seperti sedih, cemas, depresi, frustasi, bahkan gila, dan lainnya. Untuk itu, seseorang harus pandai-pandai dalam mencegah dan menghilangkan stres.
  • Gangguan Pola Makan: Stres dapat menyebabkan nafsu makan seseorang hilang, sehingga ia mungkin terlihat lebih kurus bahkan sampai menyebabkan sakit-sakitan. Sebaliknya, stres juga dapat menyebabkan pola makan seseorang lebih meningkat, sehingga menyebabkan peningkatan berat badan.
  • Gangguan Proses Pencernaan: Seseorang yang memiliki stres dapat menybabkan gangguan dalam proses pencernaan, seperti maag. Inilah mengapa seseorang yang mengalami stres cenderung sakit perut. Untuk itulah, seseorang tidak boleh menyepelekan stres, ia perlu membuat langkah untuk mencegah dan menghilangkan stres.
  • Gangguan Pola Tidur: Dampak buruk stres bagi seseorang bisa mengakibatkan seseorang susah tidur atau sering kali bangun dalam tidurnya.
  • Menurunkan Gairah Seksual: Rasa stres yang dialami seseorang bisa berakibat penurunan gairah seksual terhadap pasangannya.
  • Gangguan Sirkulasi Menstruasi: Bagi wanita, stres ternyata dapat menyebabkan gangguan sirkulasi mesntruasi, seperti menstruasi tidak teratur, keputihan, dan lain sebagainya.
  • Memicu Tindakan Tidak Bermoral: Stres dapat memicu kondisi emosional seseorang menjadi tidak stabil. Kondisi ini akan menyebabkan seseorang melakukan hal-hal yang tidak bermoral, seperti kekerasan, meminum minuman keras, penyalahgunaan narkoba, dan lainnya.

Demikian adalah dampak buruk ketika seseorang mengalami stres pada umumnya, meskipun masih banyak lagi dampak buruk yang mempengaruhi aktivitas seseorang. Untuk itu, ia perlu melakukan langkah-langkah tepat untuk menghilangkan stres demi kebaikannya sendiri.


Tips Untuk Menghilangkan Stres

Ingat, faktor utama seseorang mengalami stres ada pada kelemahan dirinya sendiri. Sehingga, ia perlu melakukan tips bagaimana harus berdamai dengan dirinya sendiri. Melalui perdamaian ini, ia dapat mencegah dan menghilangkan stres yang ia alami.

Tanpa harus berkonsultasi pada dokter atau psikeater, seseorang dapat melakukan terapi pada dirinya sendiri. Terapi diri sendiri inilah yang dapat menghilangkan stres yang dirasakannya: 

1. Pandai-Pandailah Mencari Hiburan

Ini adalah poin penting bagi seseorang saat ia sedang jenuh dan mengalami stres. Menemukan hiburan diri dapat menjernihkan pikiran dari beberapa masalah yang menjadi beban. Secara ilmiah, otak akan sangat jenuh dan semakin terbebani jika ia terlalu memikirkan sesuatu.

Nah, dengan mendapatkan hiburan dapat merangsang otak terbebas dari belenggu pikiran secara perlahan meskipun tidak 100% dapat menghilangkan stres. Setiap orang memiliki hiburan diri yang berbeda-beda, diantaranya adalah bermain game, menonton film, rekreasi, mendengarkan musik, berkumpul bersama keluarga dan teman-teman, dan juga yang lainnya.

2. Tetap Positif Thinking dan Bebaskan Pikiran

Kunci utama untuk menghilangkan stres adalah dengan positif thingking terhadap semua kenyataan yang terjadi. Berdamai dengan diri sendiri, membebaskan pikiran, dan membuat semua menjadi lebih mudah.

Jangan pernah berpikir yang negatif saat sedang mengalami stres, karena itu dapat menyebabkan hal-hal yang negatif juga. Tetapi sebaliknya, berpikirlah secara positif dan yakinlah bahwa setiap masalah pasti ada solusi. Kamu hanya perlu waktu untuk membuat semua berjalan normal.

3. Mengajari Diri Untuk Tetap Menguatkan Mental

Memberi penguatan mental dalam diri dapat menjadi salah satu cara efektif untuk menghilangkan stres. Menguatkan diri untuk menghadapi kenyataan, menguatkan diri untuk menerima kenyataan, dan menguatkan diri bahwa pasti ada solusi dalam setiap permasalahan. Dengan menguatkan diri untuk tetap melangkah dalam menghadapi kenyataan akan membuat diri lebh terbuka dan bebas.

4. Jangan Biarkan Emosi Mengendalikan Diri

Stres memang menyebabkan kondisi emosional seseorang menjadi tidak setabil. Namun, ketika seseorang sedang mengalami stres, ia tidak seharusnya menuruti emosi tersebut. Semakin ia menuruti emosi tersebut, maka rasa stres yang ia alami semakin tidak kunjung hilang.

5. Curhat Dapat Mengurangi Sedikit Beban Masalah Karena Stres

Rasa stres diakibatkan karena banyaknya masalah yang didapai oleh seseorang. Untuk menghilangkan stres, ia perlu curhat dan menceritakan masalahnya pada seseorang, baik keluarga, teman, ustadz, kyai, dokter, psikeater, dan lainnya.

Harapannya adalah agar seseorang yang mendengar cerita tersebut dapat memberikan solusi. Meskipun ia sendiri tidak mampu memberikan solusi, setidaknya ia merasa sedikit lega seseorang mau mendengarkan masalahnya. Tips ini bisa memberi sedikit pencegahan dalam menghilangkan stres.

6. Dengarkan Nasehat Motivator dan Kurangi Mendengarkan Musik Bertema Sedih

Tips menghilangkan stres selanjutnya adalah mendengarkan nasehat dari para motivator. Nasehat-nasehat tersebut dapat menjadi motivasi dan terapi bagi diri untuk mendapatkan penguatan mental. Motivasi dan terapi diri seperti ini dapat diperoleh dari membaca buku, acara motivasi televisi, video-video motivasi di berbagai media sosial, dan lainnya.

Selain itu, hindari menonton video dan mendengarkan musik bertema sedih yang posisi yang dirasa seseorang saat itu. Ini dapat menambah perasaan sedih sehingga stres tidak kunjung hilang. Misalnya. Seseorang stres akibat putus cinta, ketika ia mendengarkan musik bertema sedih maka itu akan mengingatkan masa lalu dan menambah kesedihannya.

7. Perbanyak Melakukan Aktivitas Kecil

Salah satu tips yang perlu dilakukan untuk menghilangkan stres adalah memperbanyak aktivitas-aktivitas kecil. Dengan melakukan aktivitas-aktivitas kecil sama halnya mengabaikan beban pikiran. Tentu saja ini dapat mengurasi beban pikiran akibat stres. Sebaliknya, jangan pernah mendramatisir setiap masalah yang didapati karena itu akan menyebabkan beban pikiran semakin bertambah. 

8. Perbanyak Humor dan Senyum

Senyum dan tawa dapat merangsang dan mengendorkan saraf-saraf otak yang kaku dan kencang. Secara tidak langsung, ini dapat memberikan sedikit kelegaan dalam menghilangkan beban pikiran. Untuk itulah, salah satu cara untuk menghilangkan stres dapat dilakukan dengan bersosial, bercanda dengan teman-teman, atau melihat acara-acara humor.

9. Melihat Pemandangan Hijau Alam

Melihat pemandangan hijau alam dapat membantu seseorang untuk mengurasi kejenuhan pikiran, perasaan sedih yang dialami, dan menghilangkan stres. Ketika kamu mendapati beban pikiran yang berat yang dirasa membuat stres, kamu bisa dapat bukit, pegunungan, pantai, atau menikmati hijau pemandangan sawah.

10. Bermeditasi Dengan Berdzikir dan Mengingat Allah SWT

Cara yang terbilang sangat ampuh untuk menghilangkan stres adalah melakukan meditasi dengan berdizikir dan mengingat Allah SWT. Kita mungkin sering mendengar syair lagu "Tombo Ati (Obat Hati", ini adalah cara bermeditasi untuk menenangkan hati, menghilangkan stres, menghapus sedih, gundah, dan gelisah, serta menyerap aura-aura positif dalam kehidupan.

Dalam Kitab Hilyatul Auliya’, karya Imam Abu Nu’aim Al-Ishfahani dijelaskan:

دَوَاءُ الْقَلْبِ خَمْسَةُ أَشْيَاءَ : قِرَاءَةُ الْقُرْآنِ بِالتَّدَبُّرِ وَخَلَاءُ الْبَطْنِ وَقِيَامُ اللَّيْلِ والتَّضَرُّعُ عِنْدَ السَّحَرِ وَمُجَالَسَةُ الصَّالِحِيْنَ

"Obat hati ada lima perkara, yaitu membaca Al-Qur’an dengan mengangan-angan maknanya, mengosongkan perut, qiyamul lain (sholat malam), tadharru’ (dzikir khusyu’) di waktu sahur, dan bergaul dengan orang-orang sholih".

Tags: