Apa itu Komentar Spam? Bagaimana Mengatasinya?

Apa itu Komentar Spam? Bagaimana Mengatasinya?

Apa itu Komentar Spam? Bagaimana Mengatasinya? – Berkecimpung dalam dunia blogging dan internet, platform online dan situs web memainkan peran penting dalam menghubungkan komunikasi antara pemilik akun dan pengunjungnya. Untuk dapat melakukan sebuah interaksi dan komunikasi, ketersediaan kolom komentar menjadi titik temu antara keduanya.

Kolom komentar dalam sebuah situs web memungkinkan pengunjung untuk dapat melakukan umpan balik, bertanya, mengajukan pendapat, memberi kritik, menyampaikan masukan, dan sebagainya. Ya, preferensi sebuah kolom komentar menjadi perantara penting untuk meningkatkan interaksi.

Namun, di saat yang bersamaan, tidak semua komentar berisikan kata-kata yang relevan. Sering kali kita temukan komentar dengan kata dan isi yang tidak sesuai dan terkesan mengesalkan. Komentar-komentar seperti inilah yang disebut “Spam Comment” atau “Komentar Spam”.


Apa itu Komentar Spam?

Berbicara tentang apa itu komentar spam, dalam pengertian bahasa, spam adalah kependekan dari “sending and posting advertisement in mass” yaitu mengirim dan memposting iklan secara massal. 

Sedangkan spam comment atau komentar spam adalah komentar yang dideteksi oleh sistem moderasi atau sistem proteksi komentar pada sebuah situs web sebagai komentar yang tidak sesuai, tidak diinginkan, dan tidak relevan.

Adakalanya, komentar spam dibuat oleh sistem bot secara otomatis. Dan adakalanya pula, komentar spam memang sengaja dibuat oleh perorangan dengan tanpa alasan atau bahkan dengan niat yang buruk.


Jenis-Jenis Komentar Spam

Ada banyak jenis komentar spam yang bisa kita temukan dalam situs web, blog, dan forum online. Jenis-jenis komentar seperti yang akan dijelaskan dapat diindikasikan sebagai komentar spam:

1. Komentar Berisi Link Aktif

Komentar yang di dalamnya berisi sebuah link bisa diindikasikan sebagai komentar spam. Namun, tidak semua komentar berisi link disebut komentar spam. Komentar berisi link yang tidak sesuai dan tidak memberi manfaat apapun terhadap topik, inilah yang disebut komentar spam.

Dalam kasus yang lain, komentar spam juga dapat dengan mudah dibuat dengan menanamkan link dan kode-kode tertentu. Sekilas, komentar semacam ini terlihat berisikan sebuah link. Tetapi, setelah dicermati, ternyata ada sebuah link yang mengarah ke situs web lain ketika diklik. Komentar seperti ini juga disebut sebagai komentar spam.

2. Komentar Tidak Sesuai Dengan Topik

Di antara jenis komentar spam lainnya adalah komentar yang tidak sesuai dengan topik yang dibahas dalam tulisan artikel. Misalnya, sebuah komentar berisi penawaran produk, jasa, dan layanan tertentu pada tulisan artikel yang membahas tentang pendidikan.

3. Komentar Yang Tidak Memiliki Nilai Tambah

Sistem moderasi komentar pada sebuah situs web mengidentifikasi komentar-komentar yang tidak memberi nilai tambah dan tidak menghasilkan apapun sebagai komentar spam. Komentar seperti ini dapat berbentuk:

  • Komentar terlalu singkat.
  • Komentar dengan kumpulan huruf yang tidak dimengerti maknanya.
  • Komentar dengan kumpulan angka atau simbol-simbol tertentu.
  • Dan lainnya.

4. Komentar Sama dan Berulang-ulang

Komentar ini biasanya dilakukan oleh spammer dengan menggunakan sistem robot. Spammer itu telah mengatur satu setelan komentar dan dikirim ke banyak situs web. Komentar spam jenis ini juga bisa dilakukan secara manual, yaitu dengan melakukan copy paste komentar dan mengirimkannya ke banyak situs web.


Motif Pembuat Komentar Spam

Sebenarnya ada banyak kemungkinan motif dan tujuan pembuat komentar spam. Pada umumnya, komentar spam dibuat dengan motif tersembunyi demi keuntungan pribadi, seperti menanam backlink, meningkatkan trafik web miliknya, mempromosikan produk dan jasa, dan motif-motif lainnya.

Yang jelas motif-motif tersembunyi dari pembuat komentar spam dapat merugikan sebuah situs web. Kerugian-kerugian ini akan dijelaskan pada bahaya dan dampak buruk komentar spam terhadap situs web di bawah.


Dampak Buruk dan Bahaya Komentar Spam

Meskipun terlihat sebagai masalah sepele, nyatanya komentar spam dapat memicu beberapa dampak buruk dan bahaya yang cukup signifikan, di antaranya adalah:

1. Komentar Spam Dapat Menurunkan Kualitas SEO Web

Komentar spam yang dibiarkan dan tak kunjung dihapus dapat menurunkan kualitas web di Search Engine. Komentar berisi link aktif adalah backlink yang ditanamkan di dalam situs web tersebut. Situs web yang tertanam banyak backlink tidak relevan dapat memperoleh perhatian buruk dari Search Engine. Sebagai hasilnya, trafik situs web tersebut akan menurun dan juga mempengaruhi penurunan kunjungan.

2. Komentar Spam Menurunkan Reputasi Web di Mata Pengunjung

Bahaya dan dampak buruk komentar spam tidak hanya berpengaruh pada SEO web, tetapi juga berpengaruh pada kesen buruk di mata pengunjung. Pengunjung yang melihat banyak komentar spam di situs web tersebut mungkin akan menganggapnya kurang profesional. Ini dapat menurunkan kesan baik dan memberi cintra buruk di mata pengunjung. Hal ini dapat menyebabkan kehilangan kepercayaan pengunjung dan penurunan kunjungan ke situs web tersebut.

3. Bahaya Komentar Spam Terhadap Keamanan Data

Komentar spam bisa jadi berisi link berbahaya yang dapat membahayakan keamanan data pengunjung. Jika pengunjung mengklik link tersebut, mereka dapat diarahkan ke situs web yang mengandung malware, virus, atau phishing. Ini dapat berpotensi mengakibatkan kerusakan sistem windows, kehilangan data penting, dan pencurian data pribadi.


Cara Mengatasi Komentar Spam

Pengguna situs web sudah selayaknya menghapus komentar-komentar yang terindikasi sebagai spam. Dan untuk mengantisipasi adanya komentar spam muncul di situs web, pengguna dapat melakukan opsi-opsi berikut:

1. Mengaktifkan Moderasi Komentar

Moderasi komentar berarti proses meninjau setiap komentar yang masuk dalam situs web. Dengan mengaktifkan moderasi komentar, setiap komentar yang masuk akan melalui proses peninjauan. Pengguna dapat memfilter kelayakan komentar yang disetujui untuk dipublish.

Di platform Blogger, cara untuk mengaktifkan moderasi komentar adalah sebagai berikut:

  • Masuk Dashboard Blogger.
  • Klik menu “Settings”.
  • Klik “Comment Moderation”.
  • Pilih “Always”.
  • Klik “Save”.

2. Tidak Mengizinkan Komentar Anonim 

Untuk mengantisipasi adanya komentar spam, pengguna situs web perlu membatasi setiap pengunjung yang ingin berkomentar dengan mewajibkan pengguna terdaftar saja. Dengan demikian, pengunjung anonim tidak dapat berkomentar.

Di platform Blogger, cara untuk menyetel pengguna terdaftar adalah sebagai berikut:

  • Masuk Dashboard Blogger.
  • Klik menu “Settings”.
  • Klik “Who can comment?”.
  • Pilih “Users with Google Accounts”.
  • Klik “Save”.

3. Menampilkan Pesan Formulir Komentar

Pesan formulir komentar berfungsi untuk memberi pengingatan, himbauan, dan anjuran pada setiap pengunjung untuk memberikan komentar yang relevan. Pesan ini akan tampil di setiap kolom komentar di halaman situs web dan dapat dibaca oleh setiap pengunjung.

Di platform Blogger, cara untuk menyetel pesan formulir komentar adalah sebagai berikut:

  1. Masuk Dashboard Blogger.
  2. Klik menu “Settings”.
  3. Klik “Comment form message”.
  4. Tulis pesan formulir komentar.
  5. Klik “Save”.

4. Mematikan Link Aktif Dalam Komentar

Dapat dibilang, opsi ini cukup ideal untuk mengatasi setiap komentar spam yang masuk ke dalam situs web. Dengan mematikannya, link aktif yang ada di dalam komentar tidak dapat diakses dan diklik. Dengan demikian, link aktif dalam komentar tersebut tidak menjadi backlink ilegal yang tertanam di dalam situs web.

Di platform Blogger, cara untuk mematikan link aktif bisa disimak: Cara Mematikan Link Aktif di Komentar Blog.

5. Nonaktifkan Kolom Komentar

Menonaktifkan kolom komentar merupakan langkah paling jitu untuk mengatasi komentar spam. Opsi ini memungkinkan semua pengunjung tidak dapat memberi komentar di setiap halaman URL web. Kekurangan opsi ini adalah interaksi pengunjung terhadap situs web mungkin akan menurun.

Di platform Blogger, cara menonaktifkan kolom komentar adalah sebagai berikut:

  • Masuk Dashboard Blogger.
  • Klik menu “Settings”.
  • Klik “Comment location”.
  • Pilih “Hide”.
  • Klik “Save”.


Kesimpulan

Komentar spam merupakan komentar sampah yang tidak relevan dan tidak diinginkan. Komentar-komentar spam yang membanjiri dapat memberikan pengaruh buruk pada peningkatan kualitas situs web. Untuk itulah, komentar-komentar spam tidak seharusnya dibiarkan dan harus dihapus. Sebagai bentuk pencegahan, pengguna situs web perlu melakukan langkah-langkah antisipasi sebagai cara mengatasi komentar spam yang muncul.